7 Fakta Menarik di Balik Lagu Wonderwall

Penulis: Natanael Sepaya

Diperbarui: Diterbitkan:

7 Fakta Menarik di Balik Lagu Wonderwall
Oasis ©Facebook.com/oasisofficial
Kapanlagi.com - Band yang terbentuk pada tahun 1991 ini memang menjadi pengaruh besar bagi perkembangan musik di Inggris. Padahal, kalau memperhatikan dari segi lirik, rasanya akan terasa sedikit nggak nyambung.


Ya, dengan musikalitas yang baik, Lirik yang terkesan asal-asalan itu justru bisa menjadi musik yang cukup nyaman untuk didengar setelah diolah oleh Noel dan yang lainnya. Selain lagu seperti Stand By Me atau Champagne Supernova, Wonderwall menjadi salah satu track sejuta umat ciptaan Oasis.


Sayang, cuma sampai di tahun 2009 Oasis memberikan nafas terakhirnya. Setelah sering terjadi konflik internal, perpisahan, menjadi pilihan yang tidak bisa dihindari. Nah, sepanjang karir musik Oasis, berikut ada tujuh fakta menarik di belakang lagu Oasis. Yuk, cari tahu di sini.

1. Lirik Lagu Ini Banyak Bercerita Tentang Imajinasi Noel

Kalau kamu menganggap lagu ini adalah lagu galau, berarti asumsi kamu benar. Tapi, apa kamu benar-benar tahu lagu ini menceritakan tentang apa?.

Banyak yang mengira kalau lagu ini adalah ungkapan Noel pada istrinya, Meg Matthews. Maaf, sayangnya anggapan itu salah. Noel mengungkapkan kalau lagu ini sebenarnya tentang imajinasinya sendiri.

Menurutnya, lagu ini menceritakan tentang seorang teman yang datang untuk menyelamatkanmu dari dirimu sendiri. Sedikit membingungkan ya? Yang pasti, jangan sampai ketika kamu down, kamu malah merusak diri kamu sendiri.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Pertama Mendengarnya, Liam Tidak Terlalu Suka

Ketika sebuah band membuat lagu baru, wajar jika ada personil yang merasa kurang cocok dengan sound atau lirik pada lagu itu. Tidak terkecuali Liam.

Ketika mendengarnya pertama kali, Liam langsung menyatakan kalau lagu ini tidak membuatnya terkesan. Pada saat latihan di studio pun Liam langsung memprotes lagu tersebut.

Bukan tanpa alasan, tapi sound bass Noel saat itu terdengar seperti musik funk. Langsung saja Liam mengatakan pada Noel kalau Oasis bukanlah band funk.

3. Penjelasan Liam Tentang Wonderwall Lebih Keren

Meski lagu ini awalnya dibuat oleh Noel, tapi Liam lah yang menjadi vokalis sekaligus kunci utama lagu ini. Namun, Liam punya pendapat lain tentang lagu Wonderwall.

Menurutnya, Wonderwall adalah sebuah kata yang indah dan bisa menjadi apa saja. Liam membawanya dalam analogi seperti saat kita membeli tiket kereta.

Ketika kita mencoba untuk mencari sebuah tiket kereta dan berhasil mendapatkannya, berarti kita sudah berhasil melewati tembok besar kita sendiri. Mungkin maksud Liam adalah, semua hal bisa berubah menjadi tembok besar ketika kita tidak mau berusaha.

4. Baru di Inggris, Lagu Ini Sudah terjual Jutaan Kopi

Pada saat memulai debutnya, single Wonderwall berhasil merebut perhatian jutaan orang di Inggris. Dengan menduduki posisi kedua di UK Singles Chart, lagu ini berhasil terjual sampai satu juta lebih kopi.

Tidak hanya sampai di situ, lagu ini pun sudah merambah sampai ke telinga para penikmat musik di Amerika. Menjadi single pertama mereka di negeri paman Sam, Wonderwall langsung mencapai posisi kedelapan di Billboard top 100.

Dengan pencapaian besar dalam waktu singkat seperti itu, wajar saja kalau single yang satu ini menjadi lagu sejuta umat. Bahkan, bisa jadi orang tua kamu pun tahu dengan lagu legendaris yang satu ini.

5. Noel Pernah Berikan Lagu Ini Pada Seorang Penulis

Ketika lagu ini sampai ke telinga orang-orang Amerika, Noel sempat kagum dengan pencapaian lagu ini. Namun, ada satu hal lagi yang membuatnya kagum.

Seorang penulis di Amerika, Ryan Adams, pernah membawakan lagu ini secara akustik. Menurut Noel, dia melakukannya lebih baik dibandingkan dengan Oasis.

Melihat penampilannya secara live, Noel langsung berkata pada Ryan kalau lagu ini boleh dimilikinya. Noel bahkan berkata padanya kalau Oasis tidak akan bisa membuat aransemen lagu Wonderwall sebaik Ryan.

6. Noel Pernah Emosi Dengan Jay Z

Pada tahun 2008, Oasis tampil sebagai lineup di Glastonbury. Dengan Jay Z sebagai artis pembuka acara tersebut, penyanyi hip-hop ini sudah menyiapkan beberapa track cover dari lagu Oasis.

Ketika tahu hal tersebut, Noel langsung mengatakan kalau dia tidak ingin ada lagu hip-hop di Glastonbury. Noel menganggap kalau musik seperti itu membuatnya tidak bisa bermain gitar.

Tidak hanya itu saja, Noel pun sempat sesumbar dengan mengatakan harus ada satu orang yang memberi tahu Jay Z kalau dia seorang rockstar. Meski terkesan jujur, akhirnya Noel mengakui kalau dia sudah keterlaluan mengomentari Jay Z.

7. Setelah Jay Z, Berikutnya One Direction

Lagu Wonderwall memang diaransemen apik oleh Oasis. Hal itu menjadi wajar ketika banyak orang dari berbagai generasi mencoba untuk membawakannya.

Setelah kejadian di Glastonbury, 2008 silam, Noel kembali menunjukkan gaya sesumbarnya. Kali ini, One Direction yang menjadi korbannya. Alih-alih ingin meng-cover lagu tersebut, mereka malah mendapat komentar keras dari Noel Gallagher.

Noel menyatakan kalau One Direction membuat lagu Wonderwall terdengar bodoh. Bahkan, Noel juga menambahkan kalau One Direction tidak cocok untuk menyanyikan lagu pop, melainkan lebih pas bekerja sebagai buruh kasar.

Meski terkesan sombong dan sesumbar, harus kita akui kalau lagu ini memang track khas Oasis. Siapapun penyanyinya, versi asli milik Oasis terdengar lebih baik dari versi cover manapun.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya

Rekomendasi
Trending