6 Penampilan Terburuk Penyanyi Bawakan Lagu Kebangsaan

Penulis: Nizar Zulmi

Diterbitkan:

6 Penampilan Terburuk Penyanyi Bawakan Lagu Kebangsaan
Josh Groban- Christina Aguilera
Kapanlagi.com - Setiap negara memiliki lagu kebangsaan sebagai identitas. Lagu sakral tersebut sering dikumandangkan dalam berbagai acara, untuk memberi penghormatan kepada bangsa dan negara.


Dalam event olahraga besar, prosesi wisuda, dan beragam acara penting lainnya, menyanyikan lagu nasional jadi sebuah kewajiban. Sebagai warga negara yang baik harusnya bisa menghayati semangat yang tertuang dalam lagu tersebut.


Namun apa jadinya jika momen yang seharusnya khidmat itu justru menjadi malapetaka? Ya, memilih orang yang tepat untuk memimpin ratusan bahkan ribuan orang bersama-sama nyanyikan lagu kebangsaan sangat lah penting. Jika tidak, maka yang ada justru hal yang memalukan.


Meski mereka musisi atau penyanyi, belum tentu tugas yang mereka emban bisa terlaksana dengan baik. Seperti daftar berikut ini, para penyanyi yang gagal menyanyikan lagu kebangsaan di depan banyak orang. Mari kita simak berita selengkapnya.

1. Steven Tyler

Vokalis Aerosmith ini menjadi tamu kehormatan dalam sebuah event olahraga di wilayah Indianapolis, Amerika Serikat. Steven Tyler ditunjuk untuk memimpin ribuan penonton yang hadir menyanyikan lagu kebangsaan.

Cukup mengejutkan, mengingat gaya Tyler yang nyeleneh, apakah cocok untuk membawakan lagu nasional seperti itu. Namun penonton tetap antusias dengan aksinya.

Memulai intro dengan sentuhan harmonika yang manis khas musik country, para penonton sambut meriah penampilan Tyler. Namun yang terjadi selanjutnya membuat mereka tak kuasa menahan teriakan.

Beraksi layaknya memimpin sebuah band, gaya aneh Steven Tyler tetap dipertahankan. Dan suaranya, cara menyanyinya dinilai terlalu berlebihan. Waduh, mungkin dia menganggap sedang tampil dengan Aerosmith ya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Josh Groban dan Flea RHCP

Memiliki suara khas opera, Josh Groban sebenarnya orang yang sangat tepat untuk membawakan lagu nasional ini. Namun yang aneh adalah musik yang mengiringinya.

Dalam membuka sebuah pertandingan futbol, Josh Groban dan bassist Red Hot Chilli Peppers, Flea berkolaborasi menyanyikan The Star Spangled Banner, lagu kebangsaan Amerika Serikat.

Flea yang notabene merupakan bassist beraliran rock dan punk sangat tidak cocok untuk menjadi pengiring. Perpaduan suara Josh dan permainan Flea tak sinkron.

Saat band pengiring mulai masuk, para pemain yang tadinya serius menyanyikan lagu kebangsaan jadi tertawa mendengar musik aneh tersebut. Seriosa bertemu punk ternyata gagal dalam acara tersebut.

3. Christina Aguilera

Kehebatan Christina Aguilera dalam menyanyi sudah tak diragukan lagi. Pemenang Grammy lima kali ini tentunya tak akan kesulitan menyanyikan lagu ini dalam Superbowl 2011 lalu.

Beberapa kali ia melakukan tugas seperti ini dengan sempurna. Nada-nada tinggi bisa dicapainya tanpa kesulitan. Mengundang decak kagum penonton.

Namun kesalahan lirik membuatnya harus menanggung malu. Lupa lirik di bagian-bagian akhir, Christina harus rela menerima kritikan.

Pasalnya, salah lirik dalam momen sepenting itu bisa dibilang hal fatal. Bagaimana menurut kamu?

4. Dr. John, Aretha Franklin, dan Aaron Neville

Bedanya lagu kebangsaan Amerika Serikat dan Indonesia adalah, di Amerika lagunya boleh digubah dengan aransemen tertentu, sementara di Indonesia tidak. Karena itu, lagu kebangsaan mereka lebih bervariasi, tapi juga lebih rentan gagal.

Salah satunya kolaborasi Dr. John, Aretha Franklin, dan Aaron Neville ini. mereka bertiga merupakan ikon musik blues dan jazz ternama. Namun kombinasi mereka justru terdengar aneh.

Coba deh kamu lihat reaksi para penonton Superbowl XL 2006 lalu ini. Mereka tampak kebingungan dengan musik yang dibawakan. 

Kalau di Indonesia dibuat seperti ini apakah akan lebih baik? 

5. Roseanne Barr

Kali ini bukan penyanyi ataupun musisi yang fail membawakan lagu kebangsaan. Dia adalah seorang aktris, komedian, dan penulis senior Roseann Barr.

Penampilannya waktu itu bagi hampir semua orang dianggap sebagai bencana. Seperti tak melakukan kesalahan apapun, Roseanne menyanyi dengan percaya diri.

Sontak penonton pun dibuat kecewa oleh penampilannya. Mereka berteriak tanda tak suka, merasa ia tak layak berdiri di sana.

Beberapa waktu berselang setelah mendapat banyak kritikan karena suara paraunya, ia dibela oleh Madonna. Penasaran? Ini dia videonya.

6. Michael Bolton

Entah karena gugup atau memang tak hafal, penyanyi kawakan Michael Bolton melakukan kesalahan fatal dengan berhenti di tengah nyanyiannya. Ya, Michael lupa lirik! 

Nyanyian penonton berubah menjadi nada teriakan saat ia tertegun lantaran lupa lirik. Untungnya dia punya contekan di tangannya.

Contekan? Berarti memang sejak awal Michael Bolton merasa tak yakin ia akan bisa melafalkan lirik lagu kebangsaan negerinya sendiri dengan lancar.

Mungkin sugesti positif juga penting untuk seorang performer. Jadi kamu harus pede kalau ingin tampil lepas dan jangan lupa latihan terus.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/niz)

Editor:

Nizar Zulmi

Rekomendasi
Trending