6 Lagu Terbaik 'si Jenius' Ahmad Dhani dan Dewa 19

Penulis: Natanael Sepaya

Diperbarui: Diterbitkan:

6 Lagu Terbaik 'si Jenius' Ahmad Dhani dan Dewa 19
Ahmad Dhani - Dewa 19 ©KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Boleh dibilang kalau Ahmad Dhani termasuk salah satu sosok kontroversial di dunia musik Tanah Air. Bukan cuma soal kehidupan pribadi saja, tapi juga sikap Dhani yang terkadang terlihat arogan membuat tak sedikit orang memberi perhatian ekstra padanya.


Tapi terlepas dari itu semua, harus diakui kalau Ahmad Dhani adalah seorang jenius musik. Bukan cuma mampu menciptakan aransemen, tapi juga ia mampu membuat sebuah lirik lagu legendaris yang sulit untuk dilupakan banyak pecinta musik Indonesia.


Nah, kali ini ada sederet lagu terbaik milik Ahmad Dhani bersama Dewa 19 pilihan kanal musik KapanLagi.com® yang nggak mungkin lekang oleh waktu. Penasaran? Yuk kita simak di sini sama-sama.


1. Risalah Hati

Aku bisa membuatmu
Jatuh cinta kepadaku
Meski kau tak cinta kepadaku beri sedikit waktu
Biar cinta datang karena telah terbiasa

Percaya atau tidak, lirik lagu Risalah Hati benar-benar salah satu masterpiece Ahmad Dhani bersama Dewa 19. Masuk dalam album Dewa 19 yang berjudul BINTANG LIMA, Dhani tetap mampu menggambarkan sisi lemah seorang pria secara macho.

Yap, jika sosok wanita yang kita cintai tidak memiliki rasa yang sama, pastinya sulit untuk kita bertahan dengan cinta yang bertepuk hanya sebelah tangan saja. Tapi pada lagu ini, Dhani menunjukkan sisi seorang pria yang mampu membuat sang wanita luluh lewat usaha hingga akhirnya waktu yang berbicara.

Meski galau, hits single Dewa 19 ini benar-benar jenius. Setuju?

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Dua Sejoli

Harusnya dirimu menjadi
Perhiasan sangkar maduku
Walaupun kadang diriku
Bertekuk lutut di hadapanmu...

Ketika kamu menjalin sebuah hubungan dengan seorang wanita, tak jarang rasa ragu akan sosok masing-masing terus membayangi. Yap, hal seperti ini lah yang membuat munculnya rasa tidak percaya terhadap para pasangan.

Tapi, lagi-lagi pemimpin Republik Cinta Management punya sebuah jawaban untuk masalah tersebut. Bertajuk Dua Sejoli, lirik lagu yang satu ini mengingatkan kalau sebuah hubungan bisa terjalin lewat seizin Yang Maha Kuasa.

Ketika salah satu dari kamu mulai ragu, ingat saja pesan lagu Dhani kalau Adam dan Hawa ada di dunia ini untuk hidup bersama dan saling melengkapi.

3. Dewi

Dewi, kaulah hidupku
Aku cinta padamu sampai mati
Dewi, belahlah dadaku
Agar kau tahu, agar kau mengerti

Apa kamu pernah berbuat sesuatu yang mengecewakan seperti dikira main hati oleh pasangan sendiri? Pasti pernah dong. Kalau sudah diam, tak jarang para pria sulit untuk membuktikan kalau mereka tidak pernah bermaksud mengecewakan perasaan kekasihnya.

Walau secara kalimat terkesan lebay, tapi percaya atau tidak, lirik Dewi ini adalah salah satu lirik jenius dan cukup romantis dari Ahmad Dhani. Dengan tempo medium dan suara khas Once, cukup katakan pada sang kekasih untuk membelah dan melihat wajah siapa yang ada di dalam hati kita.

biar gombal, setidaknya kamu masih terlihat romantis kan?

4. Cinta Kan Membawamu

Saat dusta mengalir, jujurkanlah hati
Genangkan batin jiwamu, genangkan cinta
Seperti dulu, saat bersama, tak ada keraguan

Tak perlu banyak kata untuk membawa sang kekasih kembali dalam pelukan. Yap, kurang lebih inilah ide yang coba dibawa Dhani dan Dewa 19 dalam lagu yang berjudul Cinta Kan Membawamu.

Cuma butuh waktu hingga seseorang sadar akan perasaan yang pernah muncul di dirinya dan membuatnya kembali ke pelukan sang kekasih. Yap, semua itu tersaji di antara rangkaian lirik puitis nan romantis ini.

Simpel, padat, dan jelas, suara Ari Lasso yang begitu kuat dan penuh emosi benar-benar membawa pesan lagu ini secara sempurna. Bahkan, nada-nada indah dari instrumen piano Ahmad Dhani pada lagu ini sudah cukup menegaskan pesan kuat dalam lagu ini.

5. Pupus

Aku tak mengerti, apa yang kurasa
Rindu yang tak pernah begitu hebatnya
Aku mencintaimu lebih dari yang kau tau
Meski kau takkan pernah tau

Apa kamu pernah berada di posisi seorang pria yang sulit mengutarakan perasaan kamu pada wanita yang didambakan? Wah, rasanya pasti pedih banget. Ide ini yang Dhani dan Dewa coba munculkan lewat lirik lagu Pupus.

Meski dekat tapi tetap saja kita tidak bisa mengungkapkan perasaan kepadanya. Sayangnya, perasaan tulus itu harus tetap tersimpan baik-baik sampai benar-benar hancur karena sang wanita tetap tidak memberi respon seperti yang diharapkan.

Kali ini Ahmad Dhani tahu betul bagaimana mengemas sebuah lagu putus asa yang dibalut dengan musik yang pas untuk menyampaikan pesan dari lagu ini.

6. Elang

Ini tanganku untuk kau genggam
Ini tubuhku untuk kau peluk
Ini bibirku untuk kau cium
Tapi tak bisa kau miliki... aku

Pernah nggak merasa kalau perasaan tulus kamu tengah dipermainkan oleh sang wanita? Emosi sudah pasti. Bahkan nggak jarang kita ingin pergi menjauh seperti Elang tangguh yang mampu melintasi awan, siang dan malam.

Semua itu tertulis dalam lirik lagu Elang milik Dhani saat bersama Ari Lasso sebagai frontman Dewa 19. Hebatnya, bukan sisi lemah seorang pria yang ditonjolkan pada lagu ini.

Yap, pria pada lagu ini digambarkan sebagai sosok Elang yang bisa terlihat dan disentuh, tapi tidak bisa dimiliki seutuhnya karena ia adalah makhluk bebas yang akan terus mencari dahan yang tepat untuknya berdiam diri. Well, Ahmad Dhani dan Dewa 19 memang satu paket jenius yang gokil banget!

Kamu punya pendapat dan penilaian sendiri tentang lagu-lagu lainnya? Coba deh share di kolom komentar.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending