5 Film Biopik Musisi Yang Dianggap Gagal

Penulis: Renata Angelica

Diterbitkan:

5 Film Biopik Musisi Yang Dianggap Gagal
5 Film Biopik Musisi Yang Dianggap Gagal
Kapanlagi.com - Pada umumnya, seorang musisi dibuatkan biografinya lantaran prestasi maupun karya-karyanya. Sayang sekali, tidak semua film biopik itu bagus jadinya.


Barangkali pemilihan aktor atau aktris yang kurang tepat, bisa juga karena jalan cerita yang tidak tepat. Bahkan ada film yang diprotes oleh keluarga sang bintang yang dijadikan biopik, lantaran dianggap merusak pencitraan.


Kalau musisi yang diangkat jadi biopik masih hidup, tentu tidak rumit jadinya. Namun bagaimana jika tokoh cerita sudah meninggal? Lima film biopik yang dianggap gagal, bagaimana menurutmu?

1. The Karen Carpenter Story

Film ini dibuat tahun 1987. Kalau kamu gagal ingat, Karen Carpenter adalah penyanyi The Carpenters, yang mendunia dengan lagu Close To You. Publik menyebut film ini 'mengerikan'.

Sang sutradara disebut menggunakan lagu-lagu The Carpenters tanpa izin, dan menyisipkan arsip footage serta wawancara palsu tentang Karen yang meninggal akibat anorexia. Film ini dicekal tahun 1990, setelah keluarga Karen menuntut Todd Haynes, si sutradara.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Last Days

Sutradara Gus Van Sant mengklaim LAST DAYS (2005) terinspirasi oleh Kurt Cobain. Sebanyak yang mengatakan film ini 'cantik', sebanyak itu pula yang menyebut LAST DAYS tak lebih dari sekadar potret seorang pengguna obat bius, yang kebetulan anak band.

Parahnya, yang mengkritik adalah orang-orang berpengalaman di dunia film. Rumor kemudian menyebutkan Courtney Love tak terima dan menuntut adanya film lain tentang Kurt.

3. Lennon Naked

Pada 2010, BBC membuat film tentang kehidupan John Lennon antara tahun 1967-1971. Saat itu, Lennon berusia 20 tahun. Yang memerankannya, Christopher Ecclestone yang berumur 40 tahun.

LENNON NAKED mendapat review sangat minim, nyaris tak dianggap. Salah satunya menyebutkan, "Film ini meninggalkan kesan, tanpa demonstrasi sosial dan lainnya, John Lennon adalah seorang bocah kaya-raya yang manja."

Ouch.

4. Meat Loaf

Meat Loaf adalah penyanyi yang pernah tenar di era 70-an. Menghormatinya, sebuah film berjudul MEAT LOAF: TO HELL AND BACK dibuat pada tahun 2000.

Entah bagaimana, aktor W.Earl Brown bermain sangat buruk menjadi Meat Loaf. Cerita filmnya sendiri dianggap sangat cheesy, dana yang begitu sedikit memperburuk kualitas dan bahkan, berpengaruh terhadap musik Meat Loaf dalam film. Sayang sekali.

5. The Doors

Film ini sangat sukses, namun juga banjir kritik. Kemungkinan, suksesnya lantaran nama besar Jim Morrison serta Val Kilmer. Disutradarai oleh Oliver Stone, THE DOORS (1991) memang menjadi proyek besar.

Val Kilmer dianggap tidak cocok memerankan Jim Morrison, terutama ketika dia mengucapkan larik-larik puisi. Hal tersebut diperburuk oleh Meg Ryan (berperan jadi pacar Jim, Pamela Courson) yang tampil sebagai pemabuk dan memakai wig agar rambutnya terlihat berantakan setiap waktu.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/rea)

Rekomendasi
Trending