Volume Band Tawarkan Kesegaran Dengan Pop Urban

Noviana Indah TW  |  Senin, 06 September 2010 08:10
Volume Band Tawarkan Kesegaran Dengan Pop Urban
Volume Band

Kapanlagi.com - Kelompok musik pendatang baru yang menamakan dirinya Volume Band bertekad meramaikan bursa musik nasional dengan warna pop urban, lewat karya-karya yang mereka klaim dapat menyegarkan telinga penikmat musik di tanah air.

"Kami memang berusaha memberikan kesegaran," kata vokalis Wafda Saifan saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, belum lama ini. Selain Wafda, Volume Band digawangi oleh Fawdy Irianto pada gitar, Nico Suryadarma (bas) dan Ryan Hazairin (drum).

Kami berempat memang suka Jason dan John Mayer, tetapi itu tidak berarti karya-karya kami menduplikasi musikalitas mereka
Volume Band
 

Menurut Wafda, ia dan teman-temannya memegang prinsip 'Bermusik harus pakai hati dan berusahalah memberikan kesegaran bagi pendengar.' Ia mengakui musik pop urban ala kelompoknya cukup banyak dipengaruhi sound-sound musisi favorit semacam Jason Mraz dan John Mayer tetapi mereka bukanlah cover band kedua musisi dunia tersebut.

"Kami berempat memang suka Jason dan John Mayer, tetapi itu tidak berarti karya-karya kami menduplikasi musikalitas mereka," katanya.

Volume Band mengandalkan karya mereka yang berjudul Hey Cantik, sebuah nomor bertempo medium up beat yang dibesut Fawdy dengan raungan sound crunchy gitarnya pada bagian intro. Dengan tipe vokal Wafda yang tipis, nomor ini diyakini bakal membuat segar perasaan para pendengarnya.

Menurut sang vokalis, Hey Cantik secara garis besar mengisahkan tentang kegagalan secara total upaya seorang pria petualang cinta (playboy) saat ingin menaklukkan hati seorang gadis yang sangat didambakannya.

"Tongkrongan (penampilan) si playboy tidak mampu membuat wanita cantik itu meninggalkan kekasihnya," katanya. Menurut drummer Ryan Hazairin, lagu tersebut diciptakan bukan berdasarkan pengalaman pribadi salah seorang personil Volume Band, tetapi hanya salah satu dari sekian banyak stereotype kisah cinta dalam kehidupan kawula muda jaman sekarang.

"Ha..ha..ha.. ini bukan pengalaman pribadi. Kisah cinta semacam itu sebenarnya sangat mungkin dialami oleh siapa saja," katanya.

"Kami sengaja hanya melepas single Hey Cantik untuk melihat reaksi pasar terhadap musik dan lirik yang kami buat. Albumnya sih sudah siap," kata Wafda. Menurut Fawdy, single andalan bandnya itu sudah mulai mendulang banyak request di sejumlah radio siaran swasta nasional.

"Video klipnya juga udah tayang di beberapa televisi," katanya. Berbicara sedikit tentang Volume Band, sang gitaris menyatakan kelompoknya mulai meretas jalur industri musik sejak 2008. Mereka beranjak ke dapur rekaman setelah karya-karyanya membuat tertarik produser Lolita dan Ichwan Ramlan. Dalam berkarya, Wafda, Fawdy, Nico dan Ryan sempat bekerja sama dengan pencipta lagu/penyanyi pop Anang Hermansyah dan personil band Drive, Budi.   (ant/npy)

Lihat Arsip Musik

- - -