Rich Band Eksplorasi Lagu Dolanan Jawa di 'SANG PENCERAH'

Yunita Rachmawati  |  Rabu, 15 September 2010 17:31
Rich Band Eksplorasi Lagu Dolanan Jawa di 'SANG PENCERAH'
Rich Band di FX Plaza Foto: Wawan

Kapanlagi.com - Film SANG PENCERAH yang berkisah tentang sosok Kiai Haji Ahmad Dahlan – pendiri Persyarikatan Muhammadiyah, sudah dirilis 8 September lalu. Dalam film besutan sutradara Hanung Bramantyo tersebut ada salah satu theme song berjudul Lir-Ilir dibawakan Rich Band – grup musik pendatang baru dari utara Jakarta, Kelapa Gading. Siapa sih mereka?

"Lagu Lir-Ilir yang diaransemen akustik oleh Rich sangat cocok digunakan dalam film bersama Tuhan Maha Cinta yang dibawakan Nidji dan Mars Muhammadiyah, Sang Surya, yang dibawakan Rossa," kata Hanung di FX Plaza Jakarta, belum lama ini.

Insya Allah, ini menjadi awal yang berkah bagi Rich untuk lebih dikenal lebih luas oleh penggemar musik Indonesia
Rich Band
 

Rich sendiri terdiri dari Gibran Aribaswara (keyboard), Vikrie Keozz (drum), Ferdi Ferdiansyah (gitar), Yogi Ferdiansyah (bass), Untung Ferbiansyah (gitar), dan Reza Alatas (vokal). Mereka terbiasa membawakan lagu-lagu bergenre power pop/britpop. Praktis kesulitan besar pun langsung menghadang saat disodori lagu dolanan Jawa ciptaan Sunan Kalijaga tersebut.

"Pertama kali kami dipercaya oleh Mas Akmal (Akmal Nasery penulis novel SANG PENCERAH) membawakan lagu tersebut saat diskusi rilis novel SANG PENCERAH yang dipandu oleh Najwa Shihab," tutur Gibran.

Adalah Retno Kusumo Harsiki, manager Rich, yang akrab disapa Bunda Kikie yang memberikan saran bagaimana lagu dolanan anak-anak Jawa itu dapat dibawakan dengan hasil mengesankan karena selama ini dirinya aktif bermain dalam sebuah kelompok gamelan.

"Insya Allah, ini menjadi awal yang berkah bagi Rich untuk lebih dikenal lebih luas oleh penggemar musik Indonesia, walau pada awalnya Rich mengejar target meluncurkan album perdana dengan lagu-lagu ciptaan sendiri," ungkap Bunda Kikie. (kpl/wwn/boo)

Lihat Arsip Musik

- - -