Bass Project, Gebrakan Baru Empat Bassist Senior

Rabu, 16 Januari 2013 20:54
Bass Project, Gebrakan Baru Empat Bassist Senior
Bass Project





Kapanlagi.com - Sebuah gebrakan baru, Bass Project hadir dengan formasi yang tidak umum pada grup band. Dengan empat personil pemain bass (Hazee, Danny, Ipung dan Budi Funkbass), Sarah (vokal) dan Handy Boen (drum) mencoba hadir dengan genre musik pop jazz.

Mereka terbentuk pada Agustus 2012 yang dipelopori oleh Hazee, yang mencetuskan ide tersebut tahun lalu dengan mengumpulkan banyak pemain bass se-kota Bandung (Jawa Barat) dari berbagai genre musik. Keempat pemain bas ini sudah berpengalaman dalam mendampingi musisi-musisi ternama tanah air. Berlokasi di Dago Highland Hotel, Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu, mereka meluncurkan lagu andalan pertamanya sekaligus syuting video klip yang berjudul Hanya Dia.

"Ini adalah sinergi dari pemain bass dengan genre musik yang berbeda, tidak mudah mengumpulkan mereka. Tidak mudah pula ketika kami sudah dalam studio dan membuat lagu dengan watak yang berbeda dan karakter secara pribadi juga. Kami komposisikan musik-musik yang dibuat sederhana namun enak didengar," kata Hazee kepada wartawan di Bandung.

Bass Project mempunyai keunikan dan berani berkarya lewat alat musik yang cenderung dianggap sebagai kaum minoritas di kalangan musisi.

"Kami ingin pemain bass tidak dipandang sebelah mata, atau selama ini kami dianggap sebagai pemain pelarian karena tidak berhasil menjadi pemain instrumen yang lain. Bass Project ingin membuktikan bahwa tanpa alat musik selain bass, kami tetap bisa menciptakan harmonisasi musik yang jika didengar sama dengan pada umumnya," kata Hazee kepada wartawan di Bandung, Jawa Barat.

Bass ProjectBass Project

Berbekal dengan pengalaman bermusik keempat personel bass dan drummer, mereka akhirnya mampu membuat warna baru dalam industri musik tanah air.

"Kami ingin menciptakan grup band yang berbeda, dengan warna dan karakter baru dalam industri musik tanah air. Kami memiliki pengalaman bermusik yang tidak sedikit, namun kami mampu menyeimbangkan dengan era baru musik yang sedang berkembang, kata Hazee.

Berangkat dari keinginan dan impian yang sama, akhirnya mereka berhasil menciptakan harmonisasi yang apik dalam lagu Hanya Dia dengan karakter instrumen bass yang dibuat berbeda.

"Masing-masing dari kami berempat memiliki karakter berbeda tapi justru kami tetap menjaga ego. Bahkan kami punya warna dalam grup ini, ada yang berperan sebagai bass, gitar dan keyboard. Sedangkan drum sebagai pengiring harmonisasi," kata Hazee.

Mereka berkomitmen dalam menjalankan band ini dengan harapan masyarakat bisa mengapresiasikannya dengan baik. Genre musik yang mereka usung cukup asing di telinga masyarakat.

"Kami harap kehadiran kami bisa diterima oleh masyarakat, meski kami akui genre musik yang kami usung cukup terbatas. Tapi dengan adanya karakter vokal Sarah, kami yakin tidak ada lagi batasan dalam cara pandang tersebut. Apresiasi masyarakat yang kami harapkan bisa mengangkat derajat musisi tanah air,"kata Hazee.

Pemilihan Sarah (22) sebagai vokalis, melalui proses audisi yang cukup lama, Hazee merasa warna vokal Sarah cocok dengan warna musik yang diusung Bass Project.

"Prosesnya memang cukup lama dan ketika saya mendengar suara Sarah di studio, saya merasa dia adalah jodoh kami. Sarah tidak hanya bisa menyanyi tapi juga membuat lagu, karakter suaranya cepat easy listening," kata Hazee.

Sedangkan bagi Sarah, berada dalam Bass Project justru menjadi tantangan tersendiri bagaimana ia harus menyanyi yang didominasi oleh alat musik bass.

"Awalnya aku tidak dikasih tau seperti apa konsep bandnya, aku hanya disuruh nyanyi dalam studio setelah itu aku langsung diajak gabung. Sempat kaget, ketika tau hanya empat bas dan drum. Tapi justru itu keunikannya dan profesionalisme mereka sangat tinggi," kata gadis yang bernama lengkap Sarah Herliani Saputri.

Sebelum bergabung, Sarah sempat membentuk duo (vokal dan gitar) yang bernama Sarah and Soul dengan genre musik blues. Rencananya Bass Project band akan meluncurkan album penuh pada tahun depan yang berisikan delapan lagu. Saat ini Bass Project sudah mempersiapkan empat lagu yang sudah matang. (kpl/adb)



Lihat Arsip Musik

- - -