RESENSI MUSIK INTERNASIONAL



VELVET REVOLVER : 'CONTRABAND' Lebih Ketat, Lebih Panas dan Gencar

Selasa, 08 Juni 2004 10:22

Sebelum anda mulai memberikan penilaian tentang kebiasaan dari band-band multiplatinum atau bintang-bintang rock dengan masalah obat terlarang dan rekor penahanan, kita perlu mempertimbangkan beberapa dari mereka yang telah malang melintang di pentas musik hard rock ini, mereka ini adalah Scott Weiland mantan vocalis Stone Temple Pilots, dan tiga orang mantan Gun N Roses gitaris Slash, bassist Duff McKagan dan drummer Matt Sorum serta gitaris kedua Dave Kushner yang tergabung dalam Velvet Revolver .


AVRIL LAVIGNE : 'UNDER MY SKIN' Lebih Memuaskan dan Formulatif

Senin, 31 Mei 2004 08:10

Averil Lavigne meniti kariernya di dunia pop dengan menolak untuk tampil tidak senonoh. Dia tidak mengenakan pakain ketat, tidak juga dengan tarian yang sensasional, tidak dengan petualangan yang menggemparkan, tidak berkolaburasi dengan hip-hop, tidak dengan lirik yang provokatif. Dia memang penuh pertentangan tetapi sekaligus juga memberi contoh pada teman-teman sebayanya. Dia menebarkan pesan 'Just Say No' yang memberikan intrik pada jutaan anak-anak untuk menenangkan hati orang tua mereka.



USHER 'CONFESSIONS' : Bukti Kedewasaan

Sabtu, 15 Mei 2004 07:52

Penyanyi R&B impian remaja, Usher kini makin dewasa. Dalam CONFESSIONS, rilis pertamanya sejak 8701 pada 2001, penyanyi berwajah baby-face ini masih belum cukup tenang sebagai 'cowok yang menggairahkan'. Mantan penyanyi gereja yang gaya ini menunjukkan bahwa ia makin bertumbuh dewasa dan tentunya mulai sedikit 'ngeres' dalam syair-syair lagunya.


GUY SEBASTIAN: 'JUST AS I AM' Memadukan R&B, Pop dan Talenta

Sabtu, 08 Mei 2004 09:19

Album perdana Guy Sebastian, pemenang Australian Idol 2003 yang diproduksi BMG ini memang istimewa, karena persembahan istimewa dari Sebastian sendiri,"Untuk menyentuh orang, yang Anda butuhkan adalah memberikan diri Anda sendiri melalui musik." Album ini merupakan perpaduan dari R&B dan pop sekaligus.


PATTI SMITH : ' TRAMPIN' ' Menjadikan Rumah Sebagai Sorga

Selasa, 04 Mei 2004 11:05

Patti Smith adalah salah satu artis yang berperan dalam kelahiran aliran musik punk rock, dia mengilhami bagaimana seorang wanita yang memainkan gitar sambil bernyanyi di depan microfon. Kini kembali dari balik ketenarnanya untuk kedua kalinya dengan keagungan dan kebijaksanaan yang semakin meningkat melebihi dari rekamannya pada 1975 Horses yang merupakan salah satu albumnya yang terbagus.


HANSON : 'UNDERNEATH' Hasil Belajar Jadi Dewasa

Selasa, 27 April 2004 11:27

Grup musik pop bersaudara Hanson kini sudah jadi dewasa. Sebuah perubahan terjadi bermula dari aksi panggung mereka yang kaku, suara yang tersendat-sendat dan nasehat-nasehat yang menyakitkan untuk kredibilatas blues_rock akhirnya membuat mereka belajar bahwa dunia ini tidak hanya semangkuk MMMBop. Sekarang mereka kembali dengan merilis Underneath.


LOU REED : 'ANIMAL SERENADE' Tawarkan Sebuah Sisi Lain Lou Reed

Selasa, 20 April 2004 10:08

Animal Serenade album lain dari Lou Reed seperti halnya paduan suara yang sudah tidak asing bagi kita dalam Sweet Jane, kali ini dia membuka ke sembilan album live-nya dengan pengetahuannya yang matang akan musik. Pada usia 64 tahun, Reed bisa melakukan apapun yang menyenangkannya untuk melengkapi dari 2 disc dalam albumnya ini. Dari aliran musik yang tidak jelas ke musik rock yang cepat.


Prince : 'MUSICOLOGY' Membara dengan Mengendalikan Erotika

Selasa, 13 April 2004 10:51

Album baru Prince kali ini terkesan terbuka, santai dan terjangkau, bentuk album yang akan disukai semua lapisan masyarakat. MUSICOLOGY memunculkan sebuah sensasi kesegaran dari kehebatan Prince dalam menulis lagu. Lebih dari sekedar goresan belaka, lagu-lagu dalam albumnya berbeda, saling berhubungan dan sangat teratur.


JANET JACKSON:'DAMITA JO' Tampilkan Sisi Lain Janet Jackson

Senin, 05 April 2004 09:16

Janet Jackson kembali ke musik untuk balas dendam, dan dia membawa beberapa para teman ( Damita Jo,Strawberry) dengannya! Seperti halnya penampilan di Super Bowl, DAMITA JO (nama tengah Janet Jackson) juga harus bekerja keras. Di album itu rupanya Janet ingin menjadi segala sesuatu buat fansnya. Ada gaya yang mirip dengan Beyonce, sedikit meniru Jay-Z dan meniru gaya Eighties Janet, saat remaja Janet, kesan seorang Nelly, old-scholl funk, rock&roll dan juga sedikit gaya country. Juga ada kata-kata sela dimana ia berbicara intim kepada pendengar-seolah-olah ia menjawab wawancara-- sedikit aneh kelihatannya.


ERICK CLAPTON : 'ME & MR. JOHNSON' Bentuk Penghargaan untuk Robert Johnson

Selasa, 30 Maret 2004 10:48

Berikut ini merupakan bluesman paling hebat yang juga merupakan penulis lagu pop Robert Johnson, Willie Dixon dan Mississippi Fred McDowell, ketiga nama tersebut memiliki kisah yang hebat dan juga menghasilkan karya –karya puitis yang tradisional dan pecinta berat dari kegembiraan. Dan Johnson telah menjadi bagian perenungan Erick Clapton sejak tahun 1966.


VAN HUNT : 'VAN HUNT' Syair-Syair Penderitaan Cinta

Selasa, 23 Maret 2004 10:47

Seperti kebanyakan aliran kontemporer R&B nya, penyanyi, penulis lagu dan sekaligus produser berusia 26 tahun ini memiliki kualitas vokal yang dapat diseterakan dengan Prince, Curtis Mayfield dan Marvin Gaye.


BEN KWELLER : 'ON MY WAY' Karya dari Pemberontakan Jiwa Muda

Rabu, 17 Maret 2004 09:03

Pada tahun 1995 Ben Kweller hanyalah seorang jebolan Nirvana lalu membentuk sebuah band remaja Radish. Pada tahun 2002 lalu dia memulai debut solonya dalam album Sha-Sha dengan rock alternatif dimana ketujuh belas lagunya menjelajahi radio-radio. Dengan ON MY WAY ini, pria berusia 22 tahun ini semakin menunjukan kekuatan dan kemampuannya dengan kariernya dalam bidang musik.


NELLIE McKAY : 'GET AWAY FROM ME' Cabaret yang Penuh Keceriaan

Selasa, 09 Maret 2004 15:10

Dalam cabaretnya Nellie McKay ini, akan dipertunjukan campuran antara rok, pop,disco, reggae, blaxploitation groove dan semua yang berbau emosional yang dapat ditumpahkannya dari imajinasinya. Tak dapat lagi dielakan dari Norah Jones karena meraka berasal dari sekolah musik yang sama, tapi wanita kelahiran Inggris yang merupakan penulis lagu yang matang di harlem ini menunjukan pada semua orang perbedaan mereka.


FIVE FOR FIGHTING : 'THE BATTLE FOR EVERYTHING' Karya Intropeksi dan Personal

Rabu, 03 Maret 2004 07:40

Aware/Columbia Records kembali merilis album milik Five For Fighting, THE BATTLE FOR EVERYTHING. Ini merupakan kelanjutan dari album multi platinum, America Town yang terjual lebih dari 1 juta keping di seluruh dunia dan mendapat nominator penghargaan Grammy untuk single klasiknya, Superman.


JC Chansez: 'SCHIZOPHRENIC' Bergaya 'Pastiche' dan Petualangan

Selasa, 24 Februari 2004 09:01

Melihat kesuksesan Justine Timberlake dengan album solonya yang keren, tidak mengherankan jika anggota lain dari kelompok 'N Sync mengikuti jejaknya untuk menunjukan kehebatan yang sama.JC Chansez, 27, memulai debut solonya. Bekerja sama dengan Neptunes Chansez telah menunjukan kegeniusannya.