RESENSI MUSIK INTERNASIONAL



Prince: '3121' Kuno Sekaligus Menggairahkan

Rabu, 29 Maret 2006 17:24

Setelah meluncurkan MUSICOLOGY tahun lalu Prince kembali di tahun ini dengan 3121 . Sepertinya Prince kini lebih senang mengikutsertakan kepercayaan aliran Yahudi yang dianutnya, dan terfokus pada tujuan dalam albumnya. Seperti pendahulunya, 3121 ini dibuat dengan ketat dan ringkas, menawarkan 12 lagu dalam 53 menit, dan disusun secara klasik, menekankan pada perasaan dan tekstur antara lagu.


Santana: 'SANTANA III: LEGACY EDITION' Barang Lama Berirama Baru

Sabtu, 11 Maret 2006 14:25

Album SANTANA III: LEGACY EDITION milik trio band Santana bukan lagi sebuah album baru. Album ini sebelumnya pernah diluncurkan di tahun 1971, namun meski bukan barang baru, SANTANA III mengalami perbaikan dengan perpaduan instrumen jams, soulful pop, perkusi Latin dan digabung dengan raungan gitar Carlos Santana.



Babyshambles: 'DOWN IN ALBION' Momen Pembuktian Diri

Kamis, 16 Februari 2006 17:53

Mungkin nama Babyshambles memang tak terlalu bergaung di belantika musik dunia. Dari grup asal Inggris ini, yang paling sering jadi headlines adalah vocalis-nya Pete Doherty. Mulai dari kasus dengan supermodel Inggris Kate Moss hingga keterlibatannya dalam serangkaian pengadilan terkait kasus narkoba. Namun terlepas dari itu semua, Pete dan Babyshambles-nya merupakan musisi yang berbakat. Dan untuk membuktikannya, kini grup ini merilis album baru mereka DOWN IN ALBION.


Train: 'FOR ME, IT'S YOU' Penuh Muatan Cinta

Kamis, 09 Februari 2006 19:22

Train merupakan salah satu kasus yang paling aneh di panggung musik pop.
Meski mereka sudah malang melintang dipanggung musik sejak debut album di tahun 2001, DROPS OF JUPITER dan telah berhasil menjual jutaan album, tapi mereka masih belum diperhitungkan oleh para pecinta musik. Namun tak juga patah semangat, mereka tetap saja berkarya, dan tahun ini meluncurkan album ketiga bertajuk, FOR ME, IT'S YOU.


Yellowcard: 'ON LIGHTS AND SOUNDS' Menyentuh Dan Terpoles

Kamis, 02 Februari 2006 18:37

Album terbaru Yellowcard, ON LIGHTS AND SOUNDS terdengar jauh berbeda dari album mereka sebelumnya. Namun dijamin, grup ini masih mengusung lagu-lagu dengan lirik menyentuh. LIGHT AND SOUNDS lebih mulus lagi dan terpoles dari debut album mereka, OCEAN AENUE. Dan Yellowcard akhirnya terdengar lebih meyakinkan, selain didukung dengan dana besar untuk membantu kesuksesan mereka.


Ryan Adams: '29' Mengalun Dalam Sembilan Menit

Rabu, 25 Januari 2006 17:42

Dengan hampir tanpa informasi tentang album barunya, Ryan Adams meluncurkan 29, yang merupakan album ketiganya. Mengusung sembilan lagu yang kabarnya masing-masing mengalun selama sembilan menit Adams siap bersaing untuk meraih gelaran album of the years.


Jamie Foxx: 'UNPREDICTABLE' Ungkapan Sisi Lembut Sang Superstar

Jumat, 20 Januari 2006 17:59

Jauh sebelum ia memenangkan piala Oscar, Jamie Foxx pernah jadi guru piano klasik, ia juga pernah tampil menghibur di nightclub. Dan UNPREDICTABLE merupakan album solo kedua Foxx, sebelumnya ia pernah meluncurkan album bertajuk PEEP THIS di tahun 1994.


Lindsay Lohan: 'A LITTLE MORE PERSONAL (RAW)' Ungkapan Kegundahan Hati

Rabu, 11 Januari 2006 19:11

Lindsay Lohan menyatakan dengan jelas ambisinya di album keduanya, A LITTLE MORE PERSONAL (RAW) - dia akan menebarkan kesukesan album pertamanya STEAK dengan menggali ke dalam hatinya, membiarkan perasaannya mengalir ke luar. Dalam album ini Lindsay tak semata-mata berkarya tapi juga menjadikannya sebagi tempat 'curhat.'


Mary J. Blige:'THE BREAKTHROUGH' Antara Cinta dan Kesengsaraan

Kamis, 22 Desember 2005 18:10

Mary J. Blige memproklamirkan kalau ia seorang yang bahagia dengan meluncurkan album baru THE BREAKTHROUGH. Sejak debutnya di tahun 1991, Mary J. Blige merupakan salah satu penyanyi soul di dunia hip-hop yang diperhitungkan. Dan dengan suara tajam berbasic penyanyi gereja, menggoda dengan soul dan digerakan dengan jazz, Mary J. Blige tak ada duanya. Dalam album THE BREAKTHROUGH ia mencoba membawa contoh dan mencipta kembali kemewahan irama soul di era 60-an dan 70-an.


Enya: 'AMARANTINE' Tembang Merdu Pengobat Rindu

Rabu, 14 Desember 2005 18:01

Setelah U2 dikenal sebagai band asal Irlandia yang paling tenar sepanjang masa, Enya rekan senegara mereka, juga telah membangun kekaisaran lewat suara indahnya sejak meluncurkan debut di tahun 1987. Kekaisarannya kian bertambah tinggi hingga mencapai puncak pada 2000 dan 2001 dengan ballada tenar Only Time. Dan kini dengan AMARANTINE, Enya kembali menyapa penggemarnya setelah lima tahun berlalu.


The Darkness: 'ONE WAY TICKET TO...HELL AND BACK' Meriah dan Mahal

Rabu, 07 Desember 2005 18:21

Sukses dengan album pertama mereka PERMISSION TO LAND, kini band cadas Inggris The Darkness meluncurkan album kedua mereka ONE WAY TICKET TO...HELL AND BACK. Berbeda dengan album sebelumnya yang kedua ini terdengar lebih meriah dan terdengar mahal, diselingi bebunyian sitar, derap drum dan keyboard.


Alicia Keys: 'UNPLUGGED' Lagu 'Campur-Campur' yang Heboh

Selasa, 22 November 2005 17:46

Mungkin terdengar konyol jika menamai rekaman live ini dengan label UNPLUGGED. Tapi ini sama sekaliberbeda dengan serial MTV yang terfokus pada seorang penyanyi melantunkan lagu dengan hanya ditemani gitar akustik. Tapi kali ini versi UNPLUGGED milik Alicia Keys merupakan kumpulan lagu 'campur-campur' yang lebih besar, heboh, dan bukan sekedarnya.


Carlos Santana: 'ALL THAT I AM' Parade Bintang Tamu

Kamis, 17 November 2005 19:23

Album ketiga Carlos Santana sepertinya bukanlah murni menampilkan daya tariknya,lantaran ia mengusung sejumlah penyanyi lain di album baru bertajuk ALL THAT I AM ini. Hampir dengan album pertamanya SUPRANATURAL 1999 dan yang kedua SHAMAN 2002, Santana hanya berfungsi sebagai musisi penyangga untuk pawai bintang tamu yang menyanyikan lagu di albumnya sendiri.


t.A.T.u: 'DENGERROUS AND MOVING' Transformasi Jadi Dewasa

Sabtu, 12 November 2005 16:45

Banyak yang telah berubah sejak t.A.T.u keluar sebagai duo lesbian dan menelorkan single hitnya All the Things She Said tahun 2003. Julia Volkova dan Lena Katina yang selalu mengenakan seragam siswi kini kembali dengan cara berbeda. Setelah tiga tahun berlalu dan mereka berpisah dari manager lama mereka, terkuak pengakuan keduanya berpura-pura jadi lesbian demi popularitas. Kini duo cewek Rusia ini muncul kembali dengan album bertajuk DENGERROUS AND MOVING.


Madonna: 'CONFESSIONS ON A DANCE FLOOR' Siap Menggoyang Lantai Dansa

Minggu, 06 November 2005 16:17

Pada 1985 Madonna jadi penguasa panggung musik dunia. Tembang-tembang yang dilantunkanya seperti Like a Virgin dan Crazy for You menduduki puncak tangga lagu dunia. Setelah dua puluh tahun berlalu penganut Kabbalah paling tenar ini menemukan cara lain untuk kembali ke panggung gemerlap dengan meluncurkan 12 tembang di album baru bertajuk CONFESSIONS ON A DANCE FLOOR.