RESENSI MUSIK INTERNASIONAL



Jay Z: 'KINGDOM COME' Kembalinya Sang Mogul Musik

Senin, 27 November 2006 15:36

Setelah mengumumkan pensiun ditahun 2003 lalu, tak dapat dibayangkan kalau Jay Z akhirnya akan kembali dengan mengusung album baru. Dan kini di bawah label Def Jam, Jay Z meluncurkan album barunya KINGDOM COME. Dengan sederet master di bidang musik seperti Dr. Dre, John Legend, tunangannya sendiri Beyonce dan pentolan Coldplay, Chris Martin tak dapat dipungkiri album baru mogul musik ini dirancang untuk jadi album terkeren tahun ini.


Diddy: 'PRESS PLAY' Masih Menggigit

Jumat, 03 November 2006 17:13

Lima tahun berselang setelah Sean Combs alias Diddy rehat dari panggung tarik suara, kini ia muncul kembali untuk membuktikan dirinya masih 'menggigit.' Bermodal kenangan dari mantan kekasihnya Jennifer Lopez dan pasangannya kini sebagai inspirasinya, Diddy meluncurkan album baru bertajuk PRESS PLAY, yang terbukti mengigit dengan bertengger di posisi puncak tangga lagu AS.



Janet Jackson: '20 Y.O.' Menandai 20 Tahun Karir Janet

Minggu, 15 Oktober 2006 12:54

Sejak insiden Super Bowl beberapa tahun lalu, yang membuat albumnya DAMITO JO jeblok, Janet Jackson seperti tenggelam dari panggung musik. Kini ia kembali dari keterpurukannya dan meluncurkan album ke sembilan, 20 Y.O. - 20 Years Old, yang melambangkan usia keberadaanya di dunia musik sejak meluncurkan album hitnya- CONTROL di tahun 1986.


OutKast: 'IDLEWILD' Satu Tapi Terpisah

Sabtu, 02 September 2006 15:49

Duo grup pop paling tenar di dunia, OutKast kini membuat album secara terpisah, tapi tetap satu. Mereka dikenal luas oleh penggemar di seluruh dunia lewat duo, jadi mereka tak punya pilihan lain selain melupakan solo karir dan tetap bersama. Jadi beginilah, mereka akhirnya mengeluarkan rekaman baru dimana mereka membuat satu CD dengan dua isi, dan masing-masing membuat lagu-lagu secara terpisah, bertajuk IDLEWILD.


Christina Aguilera: 'BACK TO BASIC' Paduan Jazz Untuk Lantai Dansa

Sabtu, 12 Agustus 2006 15:52

Sebagai seorang istri Christina Aguilera mengatakan akan mengubah citra dirinya, dari si 'norak' jadi wanita seksi yang bergaya bak Marylin Monroe. Apapun sebutanya, tak dapat dipungkiri kalau penyanyi pop berusia 25 tahun ini memang berbakat. Di album ketiganya ini, Christina ingin membuktikan kepiawaiannya dalam meramu musik lawas jadi lebih sesuai untuk bergoyang. Album bertajuk BACK TO BASIC ini memadukan musik jazz, soul dan blues dan menjadikannya kekuatan di lantai dansa.


Muse: 'BLACK HOLES AND REVELATIONS' Invansi Alien Yang Meriah

Selasa, 25 Juli 2006 15:28

Sejak dibentuk pada tahun 1997, grup band asal Inggris, Muse menolak dilabeli sebagai Radiohead berikutnya, hingga memilih pasar musik di Amerika. Dan kini grup band yang digawangi Matthew Bellamy, Chris Wolstenholme dan Dominic Howard ini kembali dengan album keempat mereka, BLACK HOLES AND REVELATIONS yang mencoba menuangkan tentang invansi alien dengan mengusung irama electro-funk yang cocok untuk clubbing.


Ice Cube: 'LAUGH NOW, CRY LATER' Kembali Dengan Manis

Sabtu, 08 Juli 2006 15:06

Jika O Shea Jackson berakting di film Hollywood di bawah nama yang diberikan untuknya, akan sangat mudah untuk memisahkan kekejian dari ego nama tenar Ice Cube dari film ARE WE THERE YET? Namun beda dengan LAUGH NOW, CRY LATER - album solo ketujuh Cube dan yang pertama sejak tahun 2000. Album ini merupakan cara kembali yang manis untuk menampilkan gangsta rap, sementara ia juga seperti tergelincir hingga menuju ke peran yang telah lama dikenalnya.


Nelly Furtado: 'LOOSE' Cerdik Dengan Nuansa R & B

Kamis, 29 Juni 2006 16:56

Bicara tentang album barunya yang mengusung irama hip-hop, peyanyi berdarah campuran Kanada-Portugis, Nelly Furtado dengan penuh antusias mengungkapkan kalau 'ini merupakan fase dalam kehidupannya yang bicara tentang perasaan.' Terlepas dari itu, fase dalam kehidupannya kali ini juga untuk menghindari kegagalan album FOLKLORE di tahun 2003 lalu. Tapi, apapun motivasi Nelly dalam peluncuran album barunya kali ini, LOOSE merupakan sebuah keluaran yang lembut, cerdik serta mengejutkan bagi seorang Nelly Furtado.


Dixie Chicks: 'TAKING THE LONG WAY' Paduan Yang Lebih Dewasa

Sabtu, 17 Juni 2006 10:11

Tak ada yang berubah dari grup beranggotakan tiga cewek ini, lama berselang mereka kembali dengan membawa warna musik senada. Sejak perlilisan album terakhir mereka HOME 2002, Dixie Chicks selamanya akan digambarkan sebagai bayi dan perang. Jika album sebelumnya mencitrakan trio cewek ini dengan kemudaan, kali ini lewat TAKING THE LONG WAY mereka menampakan kemuraman dipadu dengan kedewasaan, serta pemikiran yang lebih matang.


Hoobastank: 'EVERY MAN FOR HIMSELF' Persembahan Buat Penggemar Setia

Senin, 29 Mei 2006 16:41

Sejak sukses dengan album THE REASON di tahun 2003, grup band Hoobastank ini menghilang begitu saja. Namun, tahun ini mereka tampil kembali dengan album baru EVERY MAN FOR HIMSELF. Tiga personil grup ini yang tersisa sejak ditinggal basisnya, Markku Lappalaninen bertekad bulat menelorkan sebuah album setara bagusnya dengan THE REASON. Douglas Robb (vokalis), Dan Estrin (gitaris), dan drummer Chris Hesse, kembali menggandeng produser Howard Benson untuk melambungkan album baru mereka yang penuh warna.


Red Hot Chili Peppers: 'STADIUM ARCADIUM' 28 Lagu Mengejutkan

Kamis, 18 Mei 2006 16:09

Lama sudah Red Hot Chili Peppers tak menelurkan album sejak BY THE WAY tahun 2002, dan kini tak tanggung-tanggung, mereka merilis album dengan dua CD bertajuk STADIUM ARCADIUM. Pada awalnya grup ini berencana merilis album trilogi dengan memasang 38 lagu, namun akhirnya memutuskan merilisnya dalam sebuah album dengan 28 lagu. Dimana untuk CD pertama diberi judul Jupiter dan CD kedua dinamai Mars.


Jewel: 'GOODBYE ALICE IN WONDERLAND' Alunan Riwayat Diri

Kamis, 04 Mei 2006 17:40

Terakhir kali Jewel meluncurkan album di tahun 2003, 0304 penyanyi ini membuat gebarakan. Dan mengulang kembali kesuksesannya, kini ia meluncurkan album baru bertajuk GOODBYE ALICE IN WONDERLAND. Seperti 0304, album ini diluncukan dengan penjelasan darinya: "GOODBYE ALICE IN WONDERLAND merupakan kisah dari kehidupanku dan sebagian besar berisi autobiografi."


Moluccas: 'US2U' Paduan Kualitas Vocal Harmonis

Rabu, 26 April 2006 10:29

Akhirnya The Soul Princess Indonesia Timur, Moluccas bangun dari tidurnya. Pasca album SE (2001), praktis mereka terlelap selama 5 tahun. Cabutnya Audrey juga menjadi kendala krusial yang turut membenamkan mereka. Namun hadirnya US2U, seperti menjadi pencerahan bagi trio ini. Dengan mengusung 10 lagu yang rata-rata bernuasa ceria, memberi warna sangat berbeda dari album sebelumnya, SE yang lebih berirama slow. Itulah alasan utama kenapa US2U menjadi title album kedua, This is the real them!


LL Cool J: 'TODD SMITH' Diwarnai Beragam Bintang Tamu

Sabtu, 15 April 2006 16:18

Setelah hampir dua dekade, kini rapper LL Cool J kembali ke panggung musik dengan meluncurkan album ke 21. Mengambil nama James Todd Smith, veteran rapper yang telah memberinya rasa percaya diri, Cool menamai album barunya TODD SMITH. Kali ini ia tampil dengan mengusung berbagai jenis bintang tamu, mulai dari Mary J. Blige, Jamie Foxx hingga penyanyi pendatang baru Freeway dan Teairra Mari. TODD SMITH sepertinya akan jadi sebuah rekaman sukses, selain memasang kemahirannya, ia juga memberi kesempatan pada para pendatang baru tampil dan mendapat jalan ekstra untuk di kenal.


Pink: 'I'M NOT DEAD' Perpaduan Penuh Warna

Sabtu, 08 April 2006 14:24

Saat berhadapan dengan penjualan yang mengecewakan, biasanya beberapa seniman akan mencoba kembali pada apa yang pernah membuat mereka meraih sukses. Namun, hal ini tak berlaku bagi Pink, meski ia kembali memasukan tarian di album barunya ini, I'M NOT DEAD, namun ia tak sepenuhnya mengulang kembali album suksesnya di tahun tahun 2001 M!SSUNDAZTOOD. Dalam album I'M NOT DEAD ini, Pink merancang perpaduan yang lebih lebih kompleks untuk mendapat hasil yang lebih besar.