RESENSI MUSIK INDONESIA



NuFa: 'HIPNOTIS' Coba Buai Pecinta Musik

Selasa, 06 November 2007 15:44

Hipnotis? Yup, kata hipnotis selalu lekat dalam diri Sigit Wardhana, cowok kelahiran Bogor, 26 Juli 1978 ini. Duetnya dengan Adon dalam kelompok Base Jam sepanjang tahun 1994 s/d 2005 itu, terbukti mampu menghipnotis alias membuai penggemarnya di seluruh Indonesia. Sayang sekali, Sigit harus meninggalkan band yang pernah dibesarkannya itu dan gabung dengan Choki Simanjuntak (bassist), Wally (drummer) dan Inos (guitarist) untuk membentuk kelompok baru dengan nama NuFa.


10 Male Sinetron Artist: 'ALL BRAND NEW SINGELS' Tak Sekedar Jual Tampang

Jumat, 21 September 2007 12:41

Sebuah album tantangan dilempar sepuluh bintang artis sinetron yang tergabung dalam 10 Male Sinetron Artist yang terdiri dari Nicky Tirta, Roger Danuartha, Dimas Seto, Dwi Andhika, Kiki Rizky, Vicky Nitinegoro, Rifky Abdullah, Gugun Gondrong, Ian Arya dan Athoy Herlambang. Disebut sebuah album tantangan bukanlah tanpa sebab. Di album ini tak satu pun lagu dijadikan sebagai single unggulan.



Setiawan Djodi: 'OPERA RAKSASA BIRU' Prihatin Pemanasan Global

Selasa, 29 Mei 2007 09:44

Sebuah keprihatinan terhadap Global Warming yang menyangkut inti kehidupan bumi dan isinya disuguhkan secara pekat oleh Setiawan Djodi, musisi, budayawan sekaligus pengusaha dalam album OPERA RAKSASA BIRU. Album yang sarat dengan tema-tema universal yang memang menjadi konsentrasi Djodi selama ini.


Titi DJ: 'THE BEST OF TITI DJ' Suguhan Terbaik

Rabu, 02 Mei 2007 16:06

Selah merilis 10 album dan beberapa single, Diva pop Indonesia Titi DJ meluncurkan album THE BEST OF. Album yang berisi 10 lagu lawas dan 2 lagu baru yaitu Galau dan Engkau Laksana Bulan, seperti menjadi semacam napak tilas kiprah Titi di industri musik tanah air.


Shurga: 'CINTA MAYA' Usung Heaven Pop

Rabu, 11 April 2007 16:40

Dengan besutan single hits pertama Sampai Mati di album debut CINTA MAYA, Adist (vokal), Ghany (gitar), Gavet (keyboard), Prima (bass) dan Dedy (drums) yang tergabung dalam Shurga mencoba menghadirkan cita rasa musik yang mereka sebut Heaven Pop.


Erwin Gutawa: 'ROCKESTRA' Perpaduan Indah Yang Bertolak Belakang

Kamis, 14 Desember 2006 16:41

Mendengar album Erwin Gutawa, ROCKESTRA seperti membaca sebuah dokumen perjalanan musik rock Indonesia. Dengan perpaduan dua genre musik yang saling bertolak belakang, antara rock yang kental dengan kesangaran power bertemu dengan komposisi orkestrasi yang elegant dan megah. Dan Erwin memadukan kedua unsur tersebut dengan sama kuat. Walhasil sebuah masterpiece telah terlahir.


Yusuf Islam: 'AN OTHER CUP' Tawarkan Irama Manis Setelah 28 Tahun

Sabtu, 11 November 2006 15:00

Di era 70-an, Cat Stevens dikenal dengan lagu-lagu lembutnya, lalu ia memeluk Islam, dan mengubah namanya jadi Yusuf Islam serta berhenti membuat rekaman. Kini setelah 28 tahun berlalu, ia meluncurkan album pertamnya yang bertajuk AN OTHER CUP. Walau sekian lama berlalu, dengan melody mellow yang diusungnya, penggemar masih akan mengenali ciri khas Stevens alias Islam.


Andre Manika: 'KIDUNG KENCANA' Paduan Idealisme dan Artistik

Sabtu, 07 Oktober 2006 16:22

Sebuah perpaduan idealisme dan artistik seorang musisi sarat talenta, Andre Manika hadir dalam wadah album KIDUNG KENCANA. Selama ini Andre terkenal sebagai musisi tanpa katalog. Dan ini untuk pertamakalinya dia menggoreskan sejarah. Menulis dan menyanyikannya sendiri.


Ungu: 'SURGAMU' Ibadah Dan Pengabdian Pada Tuhan

Sabtu, 30 September 2006 13:44

Bagi Ungu, musik religi adalah sebuah pengabdian yang total sebagai hamba Tuhan. Walau menghadapi tantangannya dalam penulisan, demi membuat lirik yang menyentuh rasa Ketuhanan banyak orang, akhirnya grup ini berhasil menelurkan sebuah album mini. Sejatinya musik religi Ungu ini merupakan bagian dari ibadah dan pengabdiannya pada Tuhan. Lirik-liriknya ditulis lebih jujur dan lebih natural. Dengan mengubah lirik cinta universal antar manusia menjadi syair cinta pada kebesaran Tuhan, Ungu mempersembahkan SURGAMU.


KATA Band: 'TERBANG' Debut Yang Manis

Sabtu, 23 September 2006 09:05

Kesan pertama begitu menggoda, itu saat pertama mendengarkan album debut KATA Band. Dari 9 lagu dalam Album TERBANG, KATA memberikan nuansa lain daripada yang lain. Dengan kurun waktu tiga bulan rekaman dan mebutuhkan kurang lebih lima tahun lebih mengumpulkan materi lagu menjadi sembilan lagu merupakan proses yang sangat panjang.


Element: 'NEO RESONANSI' Sebuah Penyempurnaan

Sabtu, 09 September 2006 14:15

Album Neo Resonansi diklaim sebagai penyempurnaan album ke V grup musik tanah air Element, yang bertajuk Neo Resonansi yang melambungkan hits Cinta Tak Bersyarat (Demi Nama Cinta).Di Neo Resonansi terdapat empat tambahan empat lagu baru yaitu : Pencemburu, Tertatih, Jalan Ke SurgaMu dan Seumur Hidupmu.


Java Jive: 'JAVA JIVE 1993–2006' Langkah Kembali Yang Manis

Selasa, 29 Agustus 2006 16:18

Java Jive Is Back! Ini sebuah kejutan, setelah sekitar tiga tahun vakum, kelompok musik yang digawangi Capung (gitar), Noey (bas), Tony (Kibor), Edwin (dram) serta dua vokalis beda karakter, Fatur dan Danny kembali lewat album bertajuk JAVA JIVE 1993–2006.


Warna: 'WITH FRIENDS' Fresh, Friendly & Hip

Sabtu, 19 Agustus 2006 13:22

Dengan mengusung formasi baru Ira (sopran), Ria (mezzosopran), Ary (alto), Sarwana (tenor) dan Stephen (baritone), grup musik Warna menguji kebersamaan, harmonisasi serta image baru fresh, friendly & hip. Dan dengan kehadiran beberapa bintang tamu ternama makin menambah semarak album ini.


Sania: 'CINTAI AKU LAGI' Lebih Membumi

Jumat, 04 Agustus 2006 16:52

Lebih membumi, lebih ketimuran merupakan unsur baru yang diusung Sania untuk album ketiganya, CINTAI AKU LAGI. Walau masih ada aura black music yang cukup bertebaran diberbagai sisi dengan karakter pop yang memberi kesan fresh.


'SATU NAFAS CINTA' Nafas Baru WHIZZKID

Minggu, 16 Juli 2006 17:00

Lima tahun mengalami stagnasi kreatifitas, kini mereka telah kembali. Berbekal nafas baru Achonk (bas), Ayat (gitar), dan Agil (drum) mencoba menegakkan kembali panji-panji WHIZZKID di ranah musik Indonesia lewat lenguhan Salim. Setelah runtuh sejak berakhirnya era Hengky Supit, kedatangan Benny yang sempat menelorkan dua album, 'Langgam Cinta' dan 'WHIZZKID 2000' juga tak banyak menolong.