RESENSI MUSIK INDONESIA



'THE CHANGCUTERS & MISTERI KALAJENGKING HITAM', Eksplorasi Atau Repetisi?

Jumat, 08 Mei 2009 07:07

The Changcuters boleh jadi adalah salah satu band yang membuat musik Indonesia menjadi raja di negeri sendiri, lagu-lagu yang dibawakan Tria, Qibil, Alda, Dipa, serta Erick sukses jadi anthem yang dinyanyikan anak-anak kecil se-Indonesia dan RBT mereka juga laris manis. Sayangnya, hanya dua hal itulah yang menjadi barometer dari definisi 'raja di negeri sendiri'.


Deadsquad: 'HORROR VISION', Manifestasi Idealisme Sambilan

Jumat, 01 Mei 2009 08:11

Mendengarkan secara mendalam track demi track dalam HORROR VISION menimbulkan pertanyaan klise, di manakah letak idealisme di era apresiasi musik Indonesia yang kian dangkal? Ataukah Deadsquad hanya manifestasi dari sebuah budaya latah yang tak relevan lagi, sebagaimana film-film Indonesia kekinian, yang hanya dipenuhi paha, dada, dan pocong.



Julian: 'RISE UP', Debut Andalan Berbumbu Cinta

Sabtu, 11 April 2009 07:45

Satu lagi jebolan INDONESIAN IDOL yang mencoba berkiprah di dunia musik tanah air. Dialah Julian, finalis musim ke-4. Di album debutnya yang diusung Rajawali Records ini, Julian memilih piano sebagai instrumen utama. Beberapa arranger pun digaetnya, termasuk Andy Bayou Irawan, Ari Bias, Dodiek Lavilla, serta Uray K.


Sisi: 'ROMANTIS', Pencarian Karakter Jebolan 'IDOL'

Selasa, 31 Maret 2009 08:41

Album perdana biasa dijadikan sebagai sebuah latihan untuk mengenali pasar. Mungkin itu juga yang dicoba oleh jebolan INDONESIAN IDOL season 3, Cecilia Dwi Hapsari alias Sisi Idol. Dalam album pertamanya yang bertajuk ROMANTIS, Sisi menunjukkan sebuah perjalanan mencari karakter tersendiri dalam kesepuluh lagu yang disajikannya.


Titi Kamal: 'LEBIH BAIK SENDIRI,' Pembuktian Jiwa Pop Tikam

Senin, 23 Maret 2009 09:01

Walaupun sebelumnya sukses mengisi soundtrack MENDADAK DANGDUT dengan 'berubah' menjadi seorang penyanyi dangdut, namun Tikam alias Titi Kamal nampaknya ogah membiarkan image dangdut menempel pada dirinya. Sebagai pembuktian, istri Christian Sugiono ini akhirnya menelurkan album solo pop perdananya yang bertajuk LEBIH BAIK SENDIRI.


Ello: 'REALISTIS/IDEALIS', Penantian Selama 3 Tahun

Jumat, 27 Februari 2009 08:20

Tiga tahun break, Ello is back. Kembali lagi dengan album ketiganya, Ello memberikan sentuhan spesial dalam album yang diberi tajuk REALISTIS/IDEALIS miliknya. 70% album ini digodok di kamarnya, dan ini untuk pertama kalinya ia mengerjakannya sendiri.


LETHOLOGICA, Kurang Logis Untuk Pasar Musik Indonesia

Rabu, 25 Februari 2009 20:14

Noe, Patub, Arian, dan Dedy rupanya terus melakukan eksperimen berani, meski kini Letto sudah memasuki album ke-3 mereka, sebuah angka 'keramat', karena dari sinilah biasanya musisi mengalami 'hukum alam', semakin jaya atau sebaliknya, tenggelam.


Angeliq: 'PERTAMA', Album Pertama Yang Kedodoran

Sabtu, 08 November 2008 10:00

Nama Angeliq mungkin terdengar asing di telinga, namun bila melihat siapa Angeliq sebenarnya, Anda pasti akan tahu bahwa ia bukanlah pendatang baru. Ia mungkin lebih dikenal dengan nama Angel Lelga. Lalu apa yang sebenarnya ditawarkan Angeliq lewat album berjudul singkat, PERTAMA ini?


Various Artists: 'OST. LASKAR PELANGI', Begitu Banyak Warna

Rabu, 22 Oktober 2008 07:55

Gado-gado, mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan album yang berisi sembilan lagu yang menjadi sound track film LASKAR PELANGI ini. Bagaimana tidak, Anda bisa menemukan banyak musisi dengan banyak genre musik yang mencoba 'menerjemahkan' alur cerita film ini menjadi deretan nada dan kata dalam lagu mereka.


Hanoman: 'YANG PALING BERARTI', Ringan dan Gampang Dicerna

Rabu, 27 Agustus 2008 09:00

Sebenarnya tak ada hubungan antara nama band ini dengan konsep musik mereka. Nama Hanoman dipilih karena dianggap mewakili kesan 'Indonesia'. Dari situ grup ini memegang filosofi bahwa semua tak bisa dilihat dari kulitnya saja.


Ika Putri: 'IKA PUTRI', Yang 'Catchy' dan 'Colourful'

Senin, 30 Juni 2008 23:35

Banyak yang bilang kalau vokalis satu ini memiliki karakter vokal mirip Krisdayanti atau malah Mulan Jameela. Yang jelas Ika Putri memerlukan waktu sekitar 2 tahun untuk mempersiapkan materi dari album ketiganya ini.


Aura Kasih: 'MALAIKAT PENGGODA', Menggoda Dalam Kepolosan

Senin, 19 Mei 2008 22:00

Saat membaca satu komentar di sebuah media bahwa pendatang baru ini begitu Beautiful, Flirty dan So Sexy, saya jadi 'tergoda' untuk mendengar album pertama Aura Kasih yang bertitel MALAIKAT PENGGODA ini. Ada 10 lagu yang dikemas dalam tempo yang cukup variatif namun dengan tema lirik yang masih tak beranjak dari itu-itu juga.


Signy: 'LANGKAH AWAL', Catchy Dalam 'Keterbatasan'

Senin, 12 Mei 2008 17:34

SIGNY, dalam bahasa Skandinavia diartikan 'kemenangan baru'. Dan kemenangan ini coba diawali oleh Anggi (vocal), Hendry (gitar), Ari (bass) dan Uching (drum) dengan melempar album debut mereka yang berjudul LANGKAH AWAL. Berisikan 11 lagu termasuk satu bonus track studio version pada lagu Ku Tunggu Disini, SIGNY mencoba menawarkan musik yang mudah dicerna dan catchy di kuping.


'PORTS OF LIMA', Penyatuan Idealisme Sore Band

Kamis, 17 April 2008 12:00

Sukses dengan album debut CENTRALISMO, SORE mengukuhkan eksistensi diri di ranah industri musik tanah air sebagai band indie, dengan menggulirkan album gres bertajuk PORTS OF LIMA. Dipadati 13 lagu, album PORTS OF LIMA menggambarkan pintu gerbang yang menyatukan idealisme SORE dengan dunia luar.


Joe Satriani: 'PROFESSOR SATCHAFUNKILUS AND THE MUSTERION OF ROCK', Profesor Gitar yang Funky

Senin, 14 April 2008 23:44

Bila dibandingkan dengan album-album sebelumnya, yang satu ini punya judul yang cukup aneh. PROFESSOR SATCHAFUNKILUS AND THE MUSTERION OF ROCK adalah solo album Joe Satriani yang ke-18. Ternyata Joe Satriani yang sudah malang melintang sekitar 30 tahun di dunia musik rock masih layak disebut Guitar Master. Album yang dirilis April 2008 ini masih kental dengan gaya bermusik Joe Satriani seperti pada album-album sebelumnya.