RESENSI MUSIK INDONESIA



Kahitna, 'LEBIH DARI SEKEDAR CANTIK', Bukan Sekedar Album Pop Romantis

Senin, 03 Mei 2010 08:59

"All you need is love, all you need is love. All you need is love, love, love is all you need. Love, love, love, love, love, love, love, love, love."
Penggalan bait reff lagu All You Need Is Love milik The Beatles di atas boleh jadi sebuah kalimat yang bisa merangkum gambaran intisari kehidupan ini. Bukan semata-mata ingin bersikap naif dengan mengagung-agungkan bahwa cinta adalah segalanya di dalam hidup ini, namun cinta memang sesuatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang yang ingin kehidupannya di dunia ini terasa lebih berwarna. Filosofi sederhana tersebut nampaknya telah berhasil dibawakan secara apik oleh grup musik asal Bandung, Kahitna selama kurang lebih 20 tahun mereka berkarir.


Armada Band: 'Hal Terbesar' Lebih Dari Mimpi

Sabtu, 01 Mei 2010 01:09

Bukan sekedar bicara, band asal Palembang ini berkibar di ranah industri musik tanah air. Mereka adalah Armada Band. Sekali menggebrak dengan HAL TERBESAR, band yang digawangi Rizal, Andit, Mai, Radha, dan Endra ini langsung mencapai apa yang pernah mereka mimpikan sebelumnya. Pop unik yang diberi nama freshpop ini diterima oleh kebanyakan pecinta musik.



Tika And The Dissidents, Alunan Dongeng Para Pembangkang

Minggu, 28 Maret 2010 18:06

Di saat topik cinta, patah hati serta perselingkuhan menjadi suguhan utama kebanyakan penyanyi solo, duo, trio maupun band di tanah air, Tika and The Dissident hadir menawarkan cita rasa yang berbeda. Tema cinta memang masih menjadi komoditas panas para musisi Indonesia. Karena tema ini sangat universal dan bisa dinikmati hampir oleh semua kalangan penikmat musik tanah air. Namun, Album THE HEADLESS SONGSTRESS (2009) ini menyuguhkan sebuah pilihan tema yang unik...


OneRepublic: 'WAKING UP,' "Kami Tak Terlena Kesuksesan!"

Jumat, 19 Februari 2010 17:03

Kesuksesan album kedua. Kalimat ringkas dan jelas yang bisa jadi sebuah monster besar bagi para musisi yang langsung mendapatkan kesuksesannya saat meluncurkan album debut mereka. Tentu saja, saat mereka mengeluarkan album pertama dan tiba-tiba menjadi bintang dari bukan siapa-siapa, mereka pun harus berusaha ekstra keras untuk membuktikan kualitas dan kemampuan musikalitas mereka. Menunjukkan bahwa, "Nah, album pertama bukan hanya keberuntungan kami, tapi karena talenta kami, yang akan kami tunjukkan untuk seterusnya dalam keeksisan kami."


d Masiv: 'PERJALANAN,' Kesan Yang Bikin Ketagihan

Selasa, 26 Januari 2010 23:19

Memang benar rupanya mitos yang menyebutkan jika band jebolan festival lebih bisa menjaga kualitas performance mereka daripada band debutan. Itu juga nampaknya yang ingin dibuktikan d Masiv. Band jebolan A Mild Wanted ini tak mau dianggap sebagai pencetak one album wonder saja dengan meluncurkan album kedua mereka, PERJALANAN.


Kotak Band, Still Rocking With 'Pelan–Pelan Saja'

Sabtu, 12 Desember 2009 15:21

Kotak is Rock. Kata itu sepertinya tak berlebihan bila menilik raupan prestasi band yang diawaki Tantri (vokal), Cella (gitar), Posan (drum), dan Chua (bass) di tahun 2009 ini. Lewat album KOTAK KEDUA mereka berhasil menyabet trofi Grup Rock Terbaik dan Album Rock Terbaik AMI 2009. Selain itu mereka juga diganjar sebagai Grup Pendatang Baru terbaik versi Anugerah Planet Musik 2009 dan dinobatkan sebagai Most Favourite Breakhtrought Artist 2009 dari MTV Indonesia Awards.


Pop Latte: 'DENGARKANLAH,' Seringan Coffee Latte

Sabtu, 05 September 2009 16:06

Sesuai dengan nama band mereka, Pop Latte pun benar-benar menyuguhkan musik yang amat populer (baca: ngepop), ringan, manis, dan amat mudah dicerna, seringan coffee latte. Memang itulah tujuan Novan, Nyo Nyo, Dennis, dan Ventus saat bergabung menjadi satu, Pop Latte, dan merilis album debut mereka ini, DENGARKANLAH.


Cindy Bernadette: 'RISE AND SHINE', Fresh Dari Hati

Jumat, 28 Agustus 2009 16:35

Lebih memilih label rekaman baru, Cindy kembali lagi ke jalur musik. Kali ini ia tidak hanya menampilkan musik yang lebih fresh, tapi juga hadir dengan mengusung nama lengkapnya, Cindy Bernadette - yang sebenarnya sudah dipertegas sejak beberapa tahun lalu. Alasannya, biar beda dengan Cindy-Cindy yang lainnya. Hasilnya? Cindy yang ini memang TOP.


Numata: '3 = 1,' Musik Unik Dari Perbedaan Selera

Sabtu, 11 Juli 2009 14:13

Numata, grup musik bersaudara yang digawangi oleh Inu, Mhala, dan Tantra, kembali dengan album ketiganya yang bertajuk 3 = 1. Musik unik yang berasal dari selera berbeda ketiga personel yang merupakan anak-anak Tetty Kadi, penyanyi kenamaan era 70-an, kembali dijadikan keunggulan album Numata.


The Dance Company: 'THE DANCE COMPANY', Empat Otak Satu Jiwa

Kamis, 09 Juli 2009 15:01

Apa jadinya jika empat musisi Indonesia yang tak lagi dipertanyakan gaya musik mereka bersatu membuat band? Ya, ini dia The Dance Company. Dengan karakter unik masing-masing personel seperti Nugie, Baim, Pongky Barata, dan Aryo Wahab, mereka membentuk satu band yang isi albumnya begitu menceriakan. As their name, let's dance.


Gigi: 'GIGI', Makin Dewasa di Usia 15

Jumat, 19 Juni 2009 10:14

Gigi memang selalu kepingin tampil beda. Band asal Bandung yang digawangi Armand Maulana dkk ini kembali menelurkan album andalan. Uniknya, justru di album studio ke-11 ini, mereka menggunakan self title sebagai tajuknya - berbeda dengan kebanyakan band yang merilis album self title di album perdana. Isinya? Jangan ditanya, benar-benar spesial pakai telor.


The Rain: 'PERJALANAN TAK TERGANTIKAN,' Sisi Tangguh Perjalanan Empat Bocah Jogja

Jumat, 05 Juni 2009 09:01

The Rain memang terkenal dengan lagu mellow-nya yang cocok didengarkan sebagai soundtrack saat pendengarnya meneteskan air mata. Namun, di album keempatnya ini, nampaknya mereka telah beranjak dari tahap cengeng menjadi sosok yang lebih tangguh yang menerima kesedihan dengan ketangguhan lagu-lagu mereka.


Gita Gutawa: 'HARMONI CINTA,' Kemegahan Orkestra Cinta Remaja

Jumat, 29 Mei 2009 22:46

Gita Gutawa kembali lagi dengan tetap membawa kesan pertama yang diberikannya dalam album perdananya dua tahun silam: megah, tak kacangan, berkualitas, namun tetap populer dan mudah dinikmati. Dengan suara khas sopran dan gaya menyanyi high pitch yang dimilikinya, Gita menjadi salah satu musisi muda belia yang amat berciri khas. Inilah HARMONI CINTA yang nampaknya mampu mengekor kesuksesan album self titled-nya dulu.


Matta: 'PERMATTA,' Persiapan Lama Untuk Teruskan Eksistensi

Jumat, 22 Mei 2009 07:02

Setelah beberapa lama bertapa untuk mempersiapkan album keduanya, Matta Band akhirnya mengeluarkan permata mereka, album anyar mereka yang memang diberi judul PERMATTA. Dan sepertinya Matta memang mempersiapkan album keduanya ini dengan cukup matang dan hati-hati sehingga memakan waktu yang cukup lama. Nampaknya mereka tidak ingin dianggap sebagai one hit wonder yang cuma sukses dengan satu album dan jeblok di album berikutnya.


Agnes Monica: 'SACREDLY AGNEZIOUS', Album Narsis

Senin, 11 Mei 2009 15:15

Inilah pembuktian Agnes Monica yang sebenarnya. Dari album yang diberi tajuk SACREDLY AGNEZIOUS ini dara kelahiran 1 Juli 1986 tersebut ingin menunjukkan kepada dunia musik Indonesia, dan juga dunia, siapa dirinya yang asli. Bukan hanya satu warna, namun Agnes menawarkan macam-macam genre yang diramu khas Agnes.