Konser Pandai Besi: Malang Sub Pop Kembalikan Kejayaan Bioskop Kelud

Rabu, 16 Oktober 2013 15:01  | 

Pandai Besi



Ilustrasi




1. Bioskop Fenomenal di Malang, Kelud!


KapanLagi.com - Tak ada yang bisa saya ingat dari bangunan ini. Sejak masih memiliki fungsi aslinya sebagai bioskop, hingga kini hanya tinggal kenangan, belum pernah saya masuk ke dalamnya. Ya, ke dalam Bioskop Kelud.

Menurut berbagai sumber yang saya baca, termasuk dari merdeka.com berdirinya Bioskop Kelud ini berawal dari dua anggota BRIMOB, Noersalam dan Marsam. Mereka membuka usaha pemutaran bioskop keliling di seputaran kota dingin, Malang.

Pada sekitaran Juli 1970, setelah uang terkumpul, keduanya pun membeli lahan yang dulunya merupakan gedung bulu tangkis. Bangunan tersebut dihancurkan, dan kemudian dibangun lagi menjadi Bioskop Kelud ini.

Letaknya, di Jalan Kelud 9, memang di daerah perkampungan penduduk. Namun bioskop yang dibangun di pinggir jalan besar ini masih dekat dengan Jalan Ijen, yang merupakan jantung dari kota Malang.

Bioskop Kelud @ Foto: KapanLagi.comŽ/NanaBioskop Kelud @ Foto: KapanLagi.comŽ/Nana


Tidak seperti bioskop yang biasa kita kunjungi di masa sekarang ini, Kelud merupakan bangunan yang unik. Tak ada atap di sana, pengunjung pun bisa menatap langit sambil menonton film. Jika hujan, mereka pun bubar.

Bangunan ini merupakan salah satu yang paling populer di kota Malang pada masanya. Menawarkan suguhan film yang sedang naik daun, di dalamnya pun ada orang berjualan makanan, seperti gorengan dan sate bekicot.

Yang paling fenomenal, bioskop yang lebih mirip pasar malam ini pernah dipadati sekitar 7000 penonton. Kala itu, Bioskop Kelud memutar film INEM PELAYAN SEKSI, yang dibintangi oleh Titiek Puspa dan Doris Callebaute.

 

 

 

(kpl/dew)







Lihat Arsip Musik

- - -