[Interview] Bruno Mars, Belajar Dari Meniru

Selasa, 10 Juli 2012 17:13  | 

Bruno Mars



KapanLagi.com




2. Nada Atau Lirik Duluan?


KapanLagi.com -

  • Mari kita berbicara tentang lagu-lagumu. Mana yang kamu ciptakan terlebih dahulu, nada atau lirik?

Bruno Mars : Well, sangat tidak ada tolak ukur yang baku dalam menciptakan lagu. Terkadang saya merasa mendengar seseorang berbicara pada saya, seperti salah satu lagu di album saya yang berjudul Somewhere in Brooklyn. Saya menciptakan lagu itu karena saya baru saja berbicara kepada seseorang yang memang berasal dari Brooklyn. Namun, untuk lagu Just The Way You Are cukup berbeda, karena saya menciptakan nadanya terlebih dahulu. Jadi proses penciptaan lagu memang selalu berbeda.

  • Setiap lagu dari albummu memiliki warna musik yang berbeda. Ada lagu reggae, RnB, pop. Apakah dalam proses pembuatannya, kamu sudah bermaksud untuk membuat lagu dengan genre tertentu?

Bruno Mars : Tidak, saya hanya memainkan gitar dan mulai humming. Saya tidak terlalu memikirkan apakah lagu ini akan menjadi reggae, lagu cinta, atau lagu yang seperti apa. Tidak adan rencana yang besar saat saya menulis lagu. Semuanya selalu dimulai dari beberapa chord dan melodi.

  • Apakah kamu pernah membuat lagu yang menurutmu sendiri tidak bagus?

Bruno Mars : Tentu saja, pernah. Saya membuat banyak lagu yang terdengar tidak enak. Saya rasa hal ini perlu, jadi saya bisa lebih tahu lagu seperti apa yang bagus dan lagu seperti apa yang tidak bagus. Sebagai song writer kita harus mengerti mengapa ada lagu tertentu yang kamu suka dan orang juga suka, dan ada lagu lainnya yang kamu tidak suka dan orang lain juga tidak suka. (kpl/prl/bin/boo)







Lihat Arsip Musik

- - -