[Interview] 3 Composer, 3 Kepala 1 Karya

Kamis, 07 Februari 2013 15:52  | 

3 Composer



3 Composer di Kantor KapanLagi.com®




3. Salah Benar - Single Unik, 9 Lagu Jadi 1


KapanLagi.com -

  • Keunikan dari single Salah Benar itu ada di lirik ya, di mana liriknya ada penggalan-penggalan lirik dari lagu–lagu yang kalian ciptakan. Apa memang sengaja dibuat begitu?
Bembi : Inspirasi sebenernya dari pertama kali video jammin' itu.

Mario : Di situ kan memang medley, tapi kita coba utak atik gimana kalau tiba-tiba misalkan bisa menjadi sebuah lagu baru, lagu baru tapi dari penggalan–penggalan lirik yang pernah kita buat.

  • Totalnya ada berapa lagu yang digabungkan untuk sebuah lagu ini?
Bembi : Ada 9 lagu

Mario : Jadi begini... kalau bicara dengan teman-teman yang awam, mereka bilang pertama adalah gimmick. Dan yang kedua, beranggapan bahwa ini gampang, karena kita membawakan lagu–lagu yang pernah kita bikin. Sebetulnya yang mereka tidak tahu adalah, judul–judul lagu jika dijadikan satu cerita itu sulit. Karena Sedang Apa Dan Di Mana itu lagunya seperti apa, Dia Dia Dia itu lagunya bagaimana, Cinta 2 Hati juga lain lagi, begitu juga dengan Terima Kasih Cinta dan Love Is You. Tapi kita harus bikin jadi satu cerita yang enggak boleh aneh, harus jadi satu cerita yang utuh, dan menjelaskan bahwa itu adalah satu cerita, itu sebetulnya PR.

Dan kedua, kita bertiga waktu itu punya tekad untuk membuat bagian hanya sampai chorus, di chorus kita harus bikin something new, dan itu sebenernya PR lagi karena kalau sampai chorusnya tidak bagus, orang akan bilang kalau ini mendompleng si lagu-lagu yang pernah dibuat yang di depan itu tadi liriknya. Sehingga, yang waktu itu membutuhkan waktu lama adalah membuat chorus yang baik. Ketika lagu itu sudah jadi dan kita tes hearing ke beberapa teman, yang mereka hafal adalah justru reffnya, dan buat kita itu adalah pointnya.

Lagu ini banyak sekali harus bisa dibicarakan orang karena liriknya tapi nada reffnya sendiri yang benar-benar baru  bukan dari lagu–lagu lama. Itu yang nempel di kepala orang, dan itu adalah keberhasilan lagu ini menurut saya, karena kalau sampai reffnya gagal, selesai!

  • Tanggapan masyarakat tentang single Salah Benar ini gimana?
Mario : Heboh sih di Twitter, karena kan lagu kita udah diputer di radio. Sekarang kalau di radio, ketika lagu kita diputer pasti mention ke kami dan ternyata memang heboh. Waktu saya bukan Twitter saya, isi mentionnya si 3 composer itu semua. Single ini release bulan Desember. Kita bikin gathering 5 Desember kemarin. Lagu ini dapet respon yang positif dan di request di 1 Januari. Single kita jadi  hits di beberapa radio, khususnya di Bandung dan di Jakarta. Ada juga yang sudah masuk ke chart, bahkan sudah ada yang jadi nomor 1, dan kita menjadi Artist of The Month untuk 3 radio.

Kita sama sekali enggak nyangka. Kita berharap besar, kalau kita bikin sesuatu kita berharap besar, cuma kita enggak menyangka kalau responnya sangat bagus. Tapi ya kita harus imbangi juga dengan justru di balik layarnya di mana pendengar enggak tahu kalau di belakangnya kita work very hard untuk ini. Akhirnya tidak hanya bagus secara rekaman, tapi juga secara performance. Karena meski namanya 3 Composer tapi sekarang kita act like a singer. Dulu kita bertiga itu cukup bernyanyi yang baik, bisa nyanyi. Yang terpenting, orang yang pakai lagu kita itu harus bagus dan baik. Sekarang kita bertiga yang harus bagus, karena kalau kita bertiga tidak sesuatu, ya udah...

(kpl/boo)







Lihat Arsip Musik

- - -