VCara, Nama Pemberian Rhoma Irama

Darmadi Sasongko  |  Kamis, 05 Februari 2009 19:33


  • VCara, Nama Pemberian Rhoma Irama
    Vicki Zulkifar
Kapanlagi.com - Setelah sekian lama tenggelam, VCara Band kembali memasuki dapur rekaman. Ini menjadi pertanda band yang digawangi Vicki Zulkifar (vokal), Joseph (gitar), Indra (gitar), Ikas (bas) dan Heru (drum) ini bangkit dari kematian.

VCara Band lahir kembali dengan album kedua AKU BELUM MATI dengan hit single, Ternyata. Sementara album pertama REGENERATION dengan hits Darah Muda gagal total akibat konflik manajemen.

Tidak ingin mengulang hal yang sama, di album kedua ini VCara beralih di bawah naungan bendera CQ Music, Meski tetap dengan pakem musik rock. Ada 10 lagu dengan sama sekali berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya, sebagai bentuk penghilangan 'jejak pahit' terdahulu.

"Untuk aransemen tidak ada perubahan tetap ada benang merah dari album pertama. Paling ganti cover dan ganti personel, tapi ini bukan faktor prinsipiil kita bisa saja gonta–ganti personel tetapi master album tetap tidak tersia–sia," ujar Vicki yang juga salah satu putra raja dangdut, Rhoma Irama.

Nama VCara sendiri, menurut Vicki mempunyai arti lima cara, yaitu lima cara menggapai sukses. "Itu nama yang diberikan oleh babe (Rhoma Irama, red), tapi orang mengiranya nama itu mewakili nama saya," kata Vicki.

"VCara tak lain adalah band yang murni memainkan musik rock, bukan band pop yang mengaku rock, sekarang kebanyakan semacam itu, penampilan rock dan ngaku main musik rock tapi yang munculnya pop. VCara ingin memberikan sesuatu yang beda dengan band–band saat ini. Nyaris semua band saat ini sama. Mungkin itu karena pasar yang dibentuk. Tapi kami tidak mau didikte pasar. Rock is never die," lanjutnya.

Ditambahkan pula oleh Joseph, VCara dapat dikatakan proyek idealis tapi bukan tanpa kompromi. Karena masih ada kompromi di balik idealisme rocknya.

"Seperti kita menyisipi lagu–lagu seperti zaman sekarang ini. Musik VCara bukanlah musik rock yang kaku, tapi musik rock yang enak didengar di kuping. Ini menjadi bagian dari strategi menyiasati pasar," tegasnya.