Tiga Hari Penyelenggaraan, Prambanan Jazz Festival 2019 Sedot 50 Ribu Penonton

Kamis, 11 Juli 2019 14:46


Prambanan Jazz © Kapanlagi/Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Prambanan Jazz Festival 2019 telah sukses digelar selama tiga hari (5-7 Juni 2019) di Pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta. Puluhan penyanyi dan musisi Indonesia dan luar negeri tampil bergantian menghibur ribuan penonton. Festival yang digelar oleh Rajawali Indonesia Communication dan TWC ( PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko) mendapat banyak pujian dari musisi yang tampil.

Di tahun kelimannya ini, Prambanan Jazz Festival dianggap telah mengalami banyak kemajuan. Dari segi konsep dan efisiensi waktu, Prambanan Jazz Festival mengalami banyak perubahan positif. Paling tidak, itulah yang diamini oleh beberapa musisi. Salah satunya axalah Tulus yang sudah beberapa kali tampil di Prambanan Jazz Festival.

"Makin tahun acaranya semakin menyenangkan, semakin rapi, semakin besar energinya," ucapnya usai manggung di hari ketiga Prambanan Jazz Festival 2019, Minggu (7/7) malam.

 

1. Berkat Kerja Keras Tim

Sementara itu, Anas S. Alimi selakilu CEO Rajawali Indonesia Communication dan Founder Prambanan Jazz Festival mengaku bahwa suksesnya acara di tahun kelima ini tak lepas dari evaluasi selama bertahun-tahun. Selain itu, kerja keras tim yang makin solid membuat gelaran kelima ini menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

"Iya memang pelajaran lalu menjadi evaluasi kita paling penting semuanya terorganisir dengan baik makanya dalam dua tahun terakhir kita punya tim manajemen yang sangat baik dengan kelas internasional dan Alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan lancar," tutur Anas.

Tahun ini jumlah penonton pun bertambah drastis dan melewati tahun lalu yang mencapai 45 ribu penonton. Bahkan, 60 % penonton berasal dari luar Jogja dan luar Indonesia seperti Cina, India, Arab dan masih banyak lagi.

"Hari terakhir saja yang datang sampai 25 ribu penonton. Jadi kalau direkap sampai 50.000 alhamdulillah ada kenaikan dari tahun kemarin seperti goals kami," kata Anas.

2. Raihan Yang Luar Biasa

Fenomena tersebut menurut Anas merupakan sebuah raihan yang sangat luar biasa, di mana mimpi besar yang ada di dalam Prambanan Jazz sampai hari ini mendapatkan perhatian yang lebih besar dari masyarakat dunia.

"Selain karena lineup dan konsep-konsep yang selalu kami tawarkan di setiap tahunnya, ketertarikan masyarakat dunia untuk menyaksikan Prambanan Jazz tentunya karena Candi Prambanan sendiri. Kami berharap, dengan segala upaya besar yang kami lakukan selama ini bisa mengangkat nama Indonesia di dunia internasional," paparnya.

Selama tiga hari Prambanan Jazz Festival 2019, sejumlah penyanyi, musisi, dan grup band tenar Indonesia tampil sangat apik. Sebut saja Danilla Riyadi, Glenn Fredly, Ari Lasso, Tashoora, Pusakata, Tulus, Yovie and His Friends, Yura Yunita, Ardhito Pramono, dan sejumlah musisi lainnya mampu memberikan yang terbaik.

Penyanyi sekelas Anggun pun turut meramaikan Prambanan Jazz Festival 2019. Lalu tak ketinggalan komposer asal Yunani, Yanni dan Brian McKnighy yang tampil dengan konsep The Brian McKnight 4 juga mampu memuaskan penonton.

(kpl/pur/frs)