Sidang Soal Royalti, KCI Hadirkan Saksi Komposer

Renata Angelica  |  Kamis, 21 Maret 2013 19:01
Sidang Soal Royalti, KCI Hadirkan Saksi Komposer
Inul Daratista @foto: KapanLagi.comŽ

Kapanlagi.com - Dalam sidang lanjutan perkara gugatan Karya Cipta Indonesia (KCI) dengan Inul Vizta di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, pihak KCI menghadirkan beberapa orang saksi. KCI berharap setelah mendengar keterangan dari saksi, gugatan mereka terhadap pihak Inul Daratista mendapatkan titik terang.

"Tadi mendengarkan saksi fakta sekaligus komposer, kebetulan, beliau pencipta lagu yang cukup banyak. Kami menghadirkan orang-orang yang berkompeten," ujar Arjo Pranoto selaku Kuasa Hukum KCI, saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (21/3).

Sampai saat ini, KCI bersikeras kalau royalti yang dibayarkan pada para pencipta oleh pihak Inul masih belum sesuai. "Yang kita tuntut tentang pembayaran royalti yang sesuai dengan ketentuan dan ada UU yang mengatur. Yang paling mendasar KCI tidak menuntut Inul Daratista, tapi Karaoke Inul Daratista," jelas Ketua Umum KCI, Dharma Oratmangun.

Selain itu, Enteng Tanamal selaku Ketua Pembina KCI menyatakan kalau uang yang dibayarkan Inul Vizta sebesar 3.5 juta per bulan tidak sebanding dengan pendapatan mereka yang bisa mencapai kurang lebih 1,2 miliar.

"Ini sangat kelewatan, bayangkan saja, 3,5 juta setahun. Ini sangat tidak imbang dengan pendapatannya yang miliaran. 3,5 juta itu kalau dibagi-bagi lagi, hanya 10 rupiah, per pencipta lagu. Mau jadi apa musisi kita? Sementara karaoke lain sudah bayar 20 juta setahun untuk para hak cipta," tukas Enteng. (kpl/aal/rea/adb)



Lihat Arsip Musik

- - -