Presented by A-Mild

Selalu Ada Jalan, Waktunya Wujudkan Kolaborasi Musik Pertamamu Sekarang

Iwan Tantomi  |  Rabu, 14 Juli 2021 13:00
Selalu Ada Jalan, Waktunya Wujudkan Kolaborasi Musik Pertamamu Sekarang
© Shutterstock

Kapanlagi.com - Bagi seorang musisi, sukses merilis single hingga album bukanlah akhir dari langkah mewujudkan mimpi. Ada cita-cita lain yang nggak kalah diidamkan, apalagi kalau bukan kolaborasi. Boleh dibilang, kolaborasi menjadi salah satu cara yang paling banyak dilakukan para musisi untuk menelurkan karya orisinil sekaligus keren abis.

Di sisi lain, kolaborasi memang bukan perkara gampang, malah cenderung sulit, lebih-lebih bagi yang baru pertama kali melakukannya. Terlibatnya pihak lain selama menjalankan proses kreatif, nggak jarang terjadi perbedaan pendapat dari segi visi, perbedaan proses kerja yang bikin proyek nggak kunjung kelar. 

Namun, bukan artinya nggak ada jalan buat mewujudkannya. Dengan beberapa kisi-kisi singkat, kamu sangat memungkinkan kok mewujudkan kolaborasi musik pertamamu. Bahkan punya peluang berjalan mulus, asal selalu berpegang pada asas kompromi. Selain itu jangan pernah takut gagal, karena pembenahan bisa kamu lakukan seiring berjalan proses dan waktu.

Lebih lanjut, berikut beberapa hal yang perlu banget kamu perhatikan biar rencana mewujudkan kolaborasi musik pertamamu berjalan sukses. Apa aja?

Cobalah Selalu Terbuka dengan Semua Ide

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kamu bisa menjadi seorang pencipta lagu atau penulis lirik andal, tetapi dalam kolaborasi cobalah untuk menekan ego dalam diri. Bagaimanapun hasil karya sebuah kolaborasi bukan milikmu sendiri. Bakal ada banyak visi dan misi yang hadir di dalamnya.

Biar rencana kolaborasi musik pertamamu sukses, sebisa mungkin untuk selalu terbuka dengan banyak ide. Dengan begitu, karya yang lahir nantinya bakal lebih maksimal.

Bangun Komunikasi yang Bagus

 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Jika kamu terbiasa nyaman bekerja dan berkarya sendiri, tetapi dalam proyek kolaborasi kamu dituntut untuk kooperatif. Ingat, kamu sedang bekerja sama dengan orang lain, maka mau nggak mau harus aktif membangun komunikasi yang baik. Terlebih komunikasi yang bagus juga menjadi modal dasar dari kelancaran berdiskusi dalam setiap proses kolaborasi yang kamu lewati.

Selain itu, lewat komunikasi yang bagus pula, sampaikan semua konsep, baik dari sisi kamu maupun pihak yang diajak berkolaborasi secara jelas, agar proyek pun bisa lekas dieksekusi secara efisien.

Pastikan Tujuan dengan Jelas Sejak Awal

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Apapun bentuk karyanya, akan lebih pasti prosesnya jika sejak awal jelas tujuannya. Begitu juga dengan proyek kolaborasi musik pertama kamu ini. Pastikan tujuan awalnya sudah jelas, sehingga saat bertemu partner kolaborasi bisa menggarap project dengan lebih jelas. Dengan begitu, kalian bisa saling mengeksekusinya secara bersama-sama.

Pilih Partner Kolaborasi yang Tepat

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Boleh banget kamu semangat dan antusias dengan proyek kolaborasi ini. Tapi, pastikan pilih partner kolaborasi yang tepat supaya project musik bisa berjalan dengan lancar. Banyak yang bilang jika partner kolaborasi ibarat soulmate, jadi menemukan yang pas sangat penting agar project yang digarap bisa lebih 'bernyawa'.

Hal yang mesti kamu lakukan adalah memilih partner berkolaborasi yang tepat. Terutama yang bisa mencapai tujuan bersama sesuai rencana. Inilah juga pentingnya mempertimbangkan juga karakter partner kolaborasi, agar satu sama lain bia berproses secara nyaman.

Well, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, agar rencana kolaborasi musik pertamamu dapat berjalan mulus dan menuai kesuksesan. Tertarik melihat keseruan beragam kolaborasi musik antara para musisi dan label? Lihat di sini.

 

 

1