Rhoma Irama Tampilkan 'DAKWAH DAN MUSIK' di TV9

Anton  |  Kamis, 04 Februari 2010 18:23
Rhoma Irama Tampilkan 'DAKWAH DAN MUSIK' di TV9
Rhoma Irama

Kapanlagi.com - Si Raja Dangdut Rhoma Irama akan mengisi acara DAKWAH DAN MUSIK pada TV9 milik Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur dengan channel 42 UHF itu.

"Sebagai TV swasta, kami tetap mempertimbangkan aspek komersil, namun aspek bisnis itu tidak keluar dari ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah yang dikembangkan NU," kata Direktur Utama TV9, Hakim Zaily, kepada ANTARA di Surabaya, Kamis (4/2).

Sekretaris PCNU Pasuruan itu menjelaskan TV9 yang dikelola PT Dakwah Inti Media itu akan menayangkan program acara yang memperhatikan rating (tingkat besar-kecilnya khalayak yang menikmati program), yakni sinetron, reality show, dan musik.

"Jadi, TV9 juga memiliki siaran musik, karena itu kami mengundang Raja Dangdut Rhoma Irama untuk mengisi acara itu dan beliau menyatakan bersedia saat hadir dalam peresmian TV9 pada 31 Januari 2010," katanya.

Untuk reality show, katanya, pihaknya akan menayangkan program tentang kegiatan selebritis yang 'mondok' di sebuah pesantren, sehingga orang tidak akan asing lagi terhadap pesantren.

"Tidak hanya itu, kami juga menampilkan acara-acara yang bernuansa religi, seperti talk show keagamaan berjudul 'Deres Kitab Kuning' (mengaji kitab kuning)," katanya.

Ditanya tentang daya jangkau siaran TV9, ia mengatakan TV9 merupakan TV lokal yang masuk zona I, yakni Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Bangkalan, dan Pasuruan.

"Tapi, kami akan mengembangkan hingga sembilan kota yakni Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Bangkalan, Pasuruan, Mojokerto, Jombang, Lamongan, dan Tuban, bahkan kami juga bertekad menjadi televisi regional (provinsi)," katanya.

Namun, katanya, tayangan TV9 akan bersifat uji coba selama tiga bulan sejak peresmian oleh Mendiknas Mohammad Nuh pada 31 Januari lalu.

"Setelah itu, kami akan bersiaran yang sebenarnya. Jadi, tiga bulan akan kami evaluasi program dan sarana dan prasarana yang belum optimal, termasuk sumber daya manusia (SDM)," katanya.

Mengenai perizinan, ia menegaskan bahwa TV9 merupakan satu-satunya dari 10 televisi lokal yang hingga kini sudah mengantongi izin prinsip cukup lengkap dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pusat dan daerah.

"TV9 itu milik NU, karena sebesar 25% saham TV9 milik PWNU Jatim secara institusi, sedangkan sisanya dibeli 10-15 individu pengurus dan warga NU, sehingga saham TV9 itu murni milik NU dan tidak ada saham milik orang lain," katanya.

Ia menambahkan nama TV9 yang bermotto Santun Menyejukkan itu juga merujuk sembilan bintang yang ada dalam logo NU, kemudian wali sembilan yang mengajarkan Islam ala Ahlussunnah wal Jamaah di Indonesia.

"Kalau dari sudut angka, sembilan merupakan angka tertinggi. Selain itu, TV9 merupakan TV lokal ke-96 di Indonesia. Angka 96 itu merupakan angka penyeimbang, karena dilihat dari atas dan bawah pun tetap 96," katanya, filosofis. (ant/bun)

Lihat Arsip Musik

- - -