Niki Zefanya Ingin Buktikan Eksistensi Perempuan Asia di Industri Musik Dunia

Rabu, 03 Juli 2019 20:22


Niki Zefanya © instagram.com/nikizefanya


Kapanlagi.com - Penyanyi internasional asal Indonesia, Niki Zefanya berbagi cerita tentang perjalanan kariernya di dunia musik. Berawal menjadi opening act di konser Taylor Swift di Jakarta pada tahun 2014, namanya terus meroket bersama label musiknya, 88Rising.

Sejauh ini, bersama 88Rising, Niki Zefanya telah meluncurkan beberapa single dan 2 EP (Extended Plays) atau bisa juga disebut sebagai mini album. Kedua EP tersebut berjudul ZEPHYR dan yang terbaru, WANNA TAKE THIS DOWNTOWN?.

Lowkey, salah satu lagu dalam EP terbarunya cukup mencuri perhatian dunia. Ini terbukti dengan akumulasi jutaan kali telah dimainkan di berbagai platform musik digital. Ternyata, ada cerita unik di baliknya.

"Ini adalah EP aku, prosesnya bener-bener nggak sengaja. Awalnya Lowkey, yang bakal dirilis, tapi minggu depannya aku buat Urs. Jadi ini proses yang tiba-tiba. Ya aku hanya ingin buat nice pop record. Aku mempresentasikan apa yang aku rasakan," ucap Niki.

1. Soal Genre Musik

Dalam kesempatan roundtable interview di Warner Music Indonesia pada Rabu (2/7), selain tentang EP terbarunya, Niki Zefanya juga menceritakan banyak hal. Salah satunya adalah soal dinamika genre musiknya sejauh ini.

"Karena baru awal karier aku, aku masih mencari bagaimana musik aku. Awalnya genre favorit aku aku RnB, aku ingin jadi seperti Kehlani atau HER. Aku benar-benar dengerin banyak banget musik pop, yang aku pelajarin bahwa genre nggak terlalu penting, yang penting jujur," ujarnya.

"Aku mau bikin ep pop yang original, seperti ep pop sekarang. Aku nggak mikirin ini genre-nya beda nanti orang nggak suka. Aku bikin musik yang benar-benar aku suka, yang aku mau," lanjut Niki.

2. Misi Niki Sebagai Wanita Asia

Dari seluruh ceritanya, ada satu yang cukup menarik perhatian. Nyatanya, Niki mempunyai misi dalam bermusik. Mengawali karier dari nol sebagai salah satu penyanyi perempuan dari Asia Tenggara, hingga pencapaiannya saat ini.

"Jika kamu kerja keras dan lakukan apa yang menjadi passion kamu. Karena saya merasa masih ada stigma dengan industri musik di Asia, di mana banyak banget teman-teman aku orangtuanya kayak 'Kamu harus jadi dokter, dapatkan pekerjaan yang benar'," jelasnya.

"Misi aku sebagai artis atau public figure, aku ingin tampil sebagai penyanyi wanita Asia, nggak hanya dari Indonesia, tapi seluruh Asia. Aku ingin mereka tahu bahwa ini sesuatu yang mungkin. Lewat musik, aku mau kasih tahu kalau kamu bisa melakukannya, lakukan apa yang kamu inginkan," ujar Niki.

JANGAN LEWATKAN!

Usai YouTube, Kini Reza Arap Mulai Serius Geluti Karier Bermusik

Velvet Thorns, Kolaborasi Hebat Antara Midnight Quickie dan Weird Genius

Rilis Video Klip Nalar, M.A.t.S Banjir Pujian dari Musisi Senior dan Fans

Rilis Lagu Pesawat, Ghea & Ghia Persembahkan untuk Eyang Habibie

Hadir di Prambanan Jazz 2019, Yanni Jadi Magnet Bagi Tokoh Agama Ini

(kpl/apt/sry)