Musisi Muda Pemenang Ajang Asia-Pacific Electone Festival Dikirim ke Jepang

Guntur Merdekawan  |  Senin, 15 Oktober 2018 01:35
Musisi Muda Pemenang Ajang Asia-Pacific Electone Festival Dikirim ke Jepang
KapanLagi - Fikri Alfi Rosyadi

Kapanlagi.com - Asia-Pacific Electone Festival (APEF) kembali digelar di tahun 2018. Kompetisi APEF kali ini diikuti oleh 23 perserta dari tujuh negara, seperti China, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Taiwan.

Di tahun 2018 ini PT. Yamaha Musik Indonesia Distributor (PT. YMID) kembali menjadi tuan rumah Asia-Pacific Electone Festival (APEF) 2018. Ini merupakan kali kedua Yamaha Musik menjadi tuan rumah setelah tahun 2012.

Kompetisi ini dibagi menjadi tiga kategori. Mulai dari Junior section 2, Junior Section 3 dan Junior Section 4. Indonesia sendiri mengirimkan 2 pesertanya setiap kategori. Dionsyus Dino Notohardjo dan Gisella Bertha Amran, misalnya.

Mereka masuk kategori Junior Section 2. Lalu, untuk kategori Junior Section 3, Sabina Octaria Siregar dan Indira Jazmine. Sedangkan untuk kategori Senior Section, Rio Manuel dan Gabriella Febriani Atmadja.

KapanLagi - Fikri Alfi RosyadiKapanLagi - Fikri Alfi Rosyadi

Bagi peserta yang lolos di final Asia-Pacific Electone ini telah melalui perjuangan panjang. Melalui sekolah kursus Yamaha, peserta harus lolos seleksi tingkat daerah, kabupaten dan kemudian nasional, setelah itu baru bisa berlaga di final Asia-Pacific Electone.

Pemenang dari kompetisi ini akan lanjut di kompetisi yang sama namun dalam tingkatan yang lebih tinggi (mendunia) yang akan berlangsung di Jepang dalam ajang International Electone Concours.

"Tingkat Asia Pacific akan diajukan ke Jepang. Waktu Isyana kuliah dia juara Electone Festival tapi dia kalah di Jepang. Isyana jago di atas panggung, itu dari Electone Festival," kata Juara dunia Yamaha Electone Concours 2008, Kenan Loui Widjaja di Crown Hotel, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Berikut nama-nama pemenang yang sudah dinilai oleh beberapa orang dewan juri, yang terdiri dari Naoko Hirota, Widya Kristianti dan Yasuaki Inomoto. Para dewan juri memberikan nama-nama pemenang dalam ajang Asia-Pacific Electone Festival (APEF) tersebut.

Berikut nama-nama pemenang Asia-Pacific Electone Festival (APEF) tiap kategori. Junior Section 2: Bronze: (Taiwan) Chi, Belle, Silver: (Indonesia) Dionysius Dino Notohardjo, Gold: (China) Jin Yongxiang.

Junior Section 3: Bronze: (Indonesia) Indira Jazmine, Silver: (China) Liu Yeung, Gold: (Thailand) Thanatat Dheravijaranayankul. Senior Section: Bronze: (Taiwan) Chang Hsuan Lin, Silver: (Singapore) Paulina Lim Mei En, Gold: (Indonesia) Rio Manuel.

(kpl/far/gtr)