Ini Dia Single Terkenal Chrisye Yang Rupanya Jarang Dibawakan di Atas Panggung

Selasa, 27 November 2018 19:22  | 

Chrisye



Damayanti Noor © Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Siapa yang tak kenal dengan lagu Ketika Tangan dan Kaki Berkata yang dipopulerkan oleh almarhum Chrisye? Siapa sangka jika lagu tersebut adlaah lagu yang paling susah dinyanyikan olehnya.

Sang istri, Damayanti Noor juga mengatakan jika Chrisye jarang sekali membawakan lagu tersebut saat tampil di atas panggung. Alasannya adalah karena lagu tersebut memang tak cocok untuk dibawakan di panggung.

"Jarang, karena lagu itu memang nggak terlalu cocok untuk panggung. Sebenernya cerita di dalam film tentang proses pembuatan lagu ini, dasarnya bagaimana memang dia susah, bagaimana itu berpengaruh buat dia," ujarnya saat ditemui usai jumpa pers Pagelaran Hip-Hip Hura Hura di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (26/11).

1. Minta Dirinya Datang ke Studio

Damayanti mengenang saat Chrisye berusaha untuk menyanyikan single tersebut. Bahkan Chrisye yang tiba-tiba tak suka istrinya datang ke studio, memintanya untuk datang ke studio.

"Waktu Chrisye masih ada, saya nggak ikut campur dalam kerjaannya, jadi nggak pernah saya ikut dia ke rekaman, studio, karena kan itu kerjaan dia. Tiba-tiba satu hari dia minta saya datang," tambahnya.

"Buat saya aneh dong, itu udah ada aturan kayak 'ini saya kerja kamu jangan ganggu gugat', tiba-tiba dia butuh kehadiran saya, dia minta tolong. Akhirnya saya shalat, saya baca doa, waktu dia isi (lagu) itu, dia cuma (bilang) 'bantu saya', karena kekuatan itulah besar yang butuh bantuan dengan doa," tutupnya.

2. Lagu Paling Khusyuk

Damayanti Noor mengungkapkan beberapa fakta unik tentang suaminya. Diketahui jika ada satu lagu khusus yang benar-benar dibawakan secara khusyuk olehnya.

"Lagu yang berjudul 'Ketika Tangan dan Kaki Berkata'. Ada lagu yang diciptakan yang liriknya ditulis oleh Taufik Ismail," ujarnya saat ditemui usai jumpa pers Pagelaran Hip-Hip Hura Hura di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (26/11).

3. Diambil Dari Surat Yasin

"Lagu itu melodinya memang dia mendapatkannya juga ada sesuatu yang lain. Dia lagi kepengin menciptakan lagunya itu mengenai kebesaran Tuhan. Makanya dia mencari pak Taufik Ismail untuk menulis liriknya, dan ternyata pak Taufik Ismail pun juga tidak gampang untuk menulis lirik itu. Hampir dia menyerah untuk dia kembaliin, dikasih tempo sebulan," tambahnya lagi.

Diketahui jika lagu tersebut memang diambil dari Surat Yasin. Sempat menyerah, Chrisye lalu berusaha keras untuk dapat menyanyikan lagu tersebut.

"Ternyata Taufik Ismail itu yang rajin mengamalkan surat Yasin. Lagu yang memang liriknya diambil dari Surat Yasin. Yang berpengaruh sangat hebat, Chrisye juga sangat berasa, ya isinya firman Tuhan," tutupnya.

(kpl/apt/frs)