Hadir untuk Kedua Kalinya, Simak Daftar Lengkap Nominasi Indonesian Music Awards 2022 Berikut

Rabu, 16 November 2022 23:01


Indonesia Music Awards 2022 / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Memasuki tahun ke-2, ajang penghargaan bergengsi bagi para musisi Tanah Air, Indonesian Music Awards (IMA) 2022 bakal kembali hadir pada 8 Desember 2022 mendatang. RCTI dan Langit Musik kembali memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk memilih dan mendukung musisi favorit mereka yang dimulai sejak 16 November dan ditutup pada 5 Desember 2022.

Indonesian Music Awards 2022 merupakan ajang penghargaan tahunan yang diberikan oleh Langit Musik bersama RCTI kepada para musisi di Indonesia, di mana para pemenangnya akan diumumkan dan disiarkan secara langsung pada 8 Desember 2022.

"Setelah sukses di gelaran perdananya tahun lalu, kami (RCTI dan Langit Musik) percaya bahwa Indonesian Music Awards yang masuk edisi kedua pada tahun ini akan kembali mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat. Namun yang penting bagi kami adalah bahwa ajang ini diadakan sebagai wujud penghargaan bagi para musisi serta pelaku industri musik Tanah Air yang telah menghibur masyarakat khususnya pendengar musik melalui karya-karyanya. Harapan kami, semoga Indonesian Music Awards dapat memotivasi musisi Indonesia untuk terus berkarya," kata Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director RCTI.

Melihat antusiasme positif dari masyarakat pada IMA 2021, ajang ini merupakan bukti nyata bahwa komitmen RCTI bersama Langit Musik dalam mendukung dan mengangkat industri musik di Indonesia telah membuahkan hasil yang baik. Di sisi lain IMA 2022 datang dengan semangat baru bersamaan dengan perubahan nama PT. Melon Indonesia menjadi PT. Nuon Digital Indonesia. Perubahan tersebut semakin menancapkan fokus perusahaan yang menaungin Langit Musik dan Nada Sambung Pribadi sebagai perusahaan Digital Content dan Entertainment yang mewakili Telkom Group sebagai Telco terbesar di Indonesia.

"Kami hadirkan kembali pagelaran ini sebagai bentuk apresiasi kami PT. Nuon Digital Indonesia melalui unit bisnis Musik Digital yaitu Langit Musik dan juga melibatkan Nada Sambung Pribadi (NSP1212), kepada rekan musisi serta penikmat musik itu sendiri," ujar Aris Sudewo selaku CEO PT. Nuon Digital Indonesia.

"Sebagai subsidiary Telkom Group yang bergerak di bidang digital lifestyle and entertainment, saat ini kami PT. Nuon Digital Indonesia sudah 12 tahun berkiprah, dimana musik adalah salah satu core business dari apa yang kami lakukan melalui layanan produk musik digital Langit Musik dan juga Nada Sambung Pribadi hasil kerjasama antara Nuon dan Telkomsel. Indonesian Music Awards 2022 ini adalah bentuk komitmen nyata Langit Musik untuk terus mendukung musisi Tanah Air dengan karya-karya mereka. Tidak hanya melalui program-program taktikal namun juga melalui event besar seperti ini sebagai apresiasi musik Indonesia selama satu tahun ke belakang," tambahnya.

1. Dibagi dalam 12 Kategori

Nominasi dari masing-masing kategori di IMA 2022 ditentukan melalui proses seleksi yang sangat ketat berdasarkan data yang diambil dari data stream Langit Musik dalam kurun waktu 2021-2022. Tentunya nominasi ini pun cukup relevan dengan tren musik yang berlangsung dari periode tersebut.

Dalam Indonesian Music Awards 2022 terdapat 12 kategori di mana masing-masing terdapat 5 nominasi yang pemenangnya akan ditentukan berdasarkan voting dari masyarakat yang dilakukan via Langit Musik microsite, media sosial, serta aplikasi RCTI+. Di samping itu, terdapat pula kategori spesial berupa Nada Sambung Pribadi Kreasi of the Year dan Lifetime Achivement yang dipilih berdasarkan penilaian dewan juri.

Malam puncak IMA 2022, pastinya juga akan menghadirkan presenter, pembaca nominasi, serta serangkaian hiburan atau performa dari musisi ternama di Indonesia. Oleh karena itu, malam puncak IMA 2022 pada 8 Desember 2022 mendatang akan sangat sayang jika dilewatkan.

Simak daftar kategori dan nominasi lengkapnya di bawah ini..

2. Nominasi Lengkap Indonesian Music Awards 2022

SONG OF THE YEAR
Hati-Hati di Jalan - Tulis
Kisah Sempurna - Mahalini
Rumah Singgah - Fabio Asher
Tak Ingin Usai - Keisya Levronka
Tutur Batin - Yura Yunita

COLLABORATION OF THE YEAR
Janji Kita - Mahalini & Nuca
Kau yang tak Pernah Tau - D'Masiv & Fariz RM
Malaikat Hidupku - Atta Halilintar & Aurelie Hermansyah
Sang Dewi - Lyodra & Andi Rianto
Terlukis Indah - Rizky Febian & Ziva Magnolya

BREAKTRHOUGH ARTIST OF THE YEAR
IDGITAF
Keisya Levronka
Okaay
Raissa Anggiani
UN1TY

NADA SAMBUNG PRIBADI OF THE YEAR
Mesin Waktu - Budi Doremi
Satru - Denny Caknan
Seperti Kisah - Rizky Febian
Sisa Rasa - Mahalini
Terpesona - Bulan Sutena

MALE SINGER OF THE YEAR
Budi Doremi
Denny Caknan
Fabio Asher
Rizky Febian
Tulus

FEMALE SINGER OF THE YEAR
Lesti
Lyodra
Mahalini
Yura Yunita
Ziva Magnolya

DUO/GROUP/BAND OF THE YEAR
D'Masiv
Dewa 19
JKT48
Juicy Luicy
NOAH

ALTERNATIVE SONG OF THE YEAR
Beri$ikdere - H1
Goodbye (But I Love You So) - Arash Buana
Langit Favoritku - Teddy Adhitya
Lupa Nama Ingat Rasa - Okaay
Takut - IDGITAF

THROWBACK HITS OF THE YEAR
Begitu Indah - Padi
Cinta Ini Membunuhku - D'Masiv
Duka - Last Child
Jadi Yang Kuinginkan - Vierratale
Pupus - Dewa

SOCIAL MEDIA ARTIST OF THE YEAR
Fiersa Besari
Keisya Levronka
Lesti
Wika Salim
Yura Yunita

SONG WRITER/COMPOSER OF THE YEAR
Abah Lala - Ojo Dibandingke
Anindyo Baskoro, Arya Aditya Ramadhya & Ilman Ibrahim Isa - Lupa Nama Ingat Rasa
Donne Maula & Yura Yunita - Tutur Batin
Mario G. Klau - Tak Ingin Usai
Muhammad Tulus & Ari Renaldi - Hati-Hati di Jalan

ALBUM OF THE YEAR
Manusia - Tulus
Selftitled - Tiara Andini
Time - D'Masiv
Tutur Batin - Yura Yunita    
Wijayakusuma - Ardhito Pramono

(kpl/gtr)