Dipha Barus, Menyoal Spirit Punk Hingga Gemerlap Dunia DJ

Rabu, 19 Agustus 2020 12:22


Dipha Barus © KapanLagi.com/Budy Santoso




1. Musik Punk Mengubah Hidup Gue


KapanLagi.com - Agak mirip kayak Skrillex yang dipengaruhi musik punk sewaktu masih menjabat sebagai 'remaja Los Angeles', seberapa besar sih pengaruh kultur ini dalam hidup seorang Dipha Barus?

Dipha: Spirit gue dapat dari punk, dari dulu gue suka musik punk. sampe gue mati spirit punk, do it yourself, nggak bakal ilang. Yang mengubah pandangan gue tentang musik itu musik punk, karena dari kecil udah dicekokin musik jazz, The Beatles, Morrisey, The Smiths sama bokap. Sebelum punk, tahun 94 gue denger Nirvana yang NEVERMIND. abis itu gue explore, eh ada musik punk, di situ ada Bad Religion, Dead Kennedys, ya mengubah pandangan hidup gue. Gue baca sejarahnya, kalau mereka nggak ada gigs, ya mereka buat gigs sendiri. ada band punk favorit gue, Amebix. kata dia, kalau lo enggak punya pintu, lo buat pintu sendiri. Spirit gue nge-DJ sekarang ya spirit punk, do it yourself.

Punk zaman dulu dan dance music kayaknya sama-sama sepaham soal perilaku hidup bebas, no rules. Sebagai DJ, Dipha Barus memang nggak bersentuhan langsung sama hal-hal kayak begitu?

Dipha: Klub cuma kerjaan gue, gue gak pengen terlalu bersentuhan dengan sisi gelap dari kehidupan malam. itu bisa ngerusak gue. hidup sehat berpengaruh pada kelangsungan kerjaan gue. Kerjaan gue butuh pikiran yang positif dan tubuh fit.

Terus katanya pernah pakai narkoba dan stop, coba ceritain dong?

Dipha: Dulu hidup gue nggak sehat banget, narkoba iya, rehab iya. pas sekolah sih. Pengen stop aja. Waktu itu denger lagu Primal Scream, kok enak, sadar kalau semua momen yang lo laluin secara sadar, bakal inget terus. Sejak itu berhenti, mesti proses sih. Sekarang pengen banget berhenti merokok dan pengen vegetarian, makan daging cuma di hari Minggu. Dampaknya mikir enak, nggak gampang emosi.

Bisa dibilang pola hidup sehat lah ya. Terus apa sih yang harus ada setiap kali Dipha Barus jadi DJ selain turn table atau setlist?

Dipha: Pisang, air putih, jam tangan minjem punya Andre (roadman Dipha), Gue gak punya jam soalnya.

(kpl/ntn)







Lihat Arsip Musik

- - -