Beben Jazz: Mau Eksis di Jazz? Jangan Takut Gak Laku

Fajar Adhityo  |  Senin, 10 Juni 2013 17:01
Beben Jazz: Mau Eksis di Jazz? Jangan Takut Gak Laku
Beben

Kapanlagi.com - Menjadi musisi jazz di tanah air masih dianggap sebelah mata. Padahal sejumlah event jazz, baik bertaraf nasional maupun internasional kerap diselenggarakan di Indonesia. Namun tetap saja orang yang ingin menggeluti dan berkarir pada musik jenis ini belum sepenuh orang yang nyemplung musik pop.

Menurut salah seorang musisi jazz senior, Beben, untuk menjadi musisi jazz tidak boleh mengikuti pasar dan siap membawa diri sendiri. "Jadi diri sendiri. Jangan ikuti pasar. Jangan bayangkan harmoni, karena yang penting enak. Jangan takut gak laku, yang penting lakukan dengan baik dan benar," urainya di sela Klinik Jazz dan Photography bertema Dream, Inspiration and Reality di Mal Ciputra Jakarta.

Selain itu selama menjalani sebagai musisi jazz hingga kini, pria bernama lengkap Beben Supendi Mulyana ini selalu berusaha mencari sesuatu yang baru. Sehingga ilmu yang diperoleh pun bakal terus berkembang. "Selama kita hidup, harus berani, berpikir," sambungnya, Minggu (9/6).

Beben Berikan Tips Buat Yang Menekuni Musik JazzBeben Berikan Tips Buat Yang Menekuni Musik Jazz

Soal sukses yang diraih pun, Beben mengaku berbeda satu orang dengan yang lain. Walau kini banyak bermunculan musisi muda namun ia yakin rejeki sudah diatur Allah.

"Kalau bicara sukses cara orang beda-beda. Yang pasti ada karakter agar bisa eksis. Saya sudah 46 tahun dan masih di jazz. Saya percaya rejeki ada yang atur. Asal jangan jadi bunglon, capek," imbuh salah satu pendiri Komunitas Jazz Kemayoran ini. (kpl/dis/faj)



Lihat Arsip Musik

- - -