RESENSI MUSIK INDONESIA



'LELAKI BUAYA DARAT', 'Nakal' Namun Mengena

Kamis, 08 Juni 2006 05:05

Ratu tak henti-hentinya menebarkan pesonanya, kali ini lewat single LELAKI BUAYA DARAT (LBD), yang merupakan andalan dalam album kedua No. Satu. Menyimak LBD, sangat terlihat nuansa hook-hook catchy dengan lirik unik yang jadi ciri khas dari Maia dan Mulan dan sangat telak 'menohok' para kaum pria.


Syaharani: 'BUAT KAMU' Dinamika Tanpa Sekat

Jumat, 02 Juni 2006 17:25

Nyaris tanpa beban! Begitulah kesan awal saat menyimak Syaharani and The Queenfireworks lewat lagu Buat Kamu. Memang, ada saatnya kita mendengarkan dendang Syaharani tanpa harus mengeryitkan dahi. Berbasis suara jazz, Syaharani memoles lagu-lagu dalam album barunya dengan melampaui sekat pop, chill-out, lounge music, Brazillian music, rock dan masih banyak lagi.



Oet Eno: 'AKU' Perpaduan Yang Menggugah Pendengaran

Senin, 08 Mei 2006 16:42

Berisi 9 lagu dengan warna musik yang beda, dark music. Oet Eno mencoba menjual perenungannya. Dengan single hits Flashback, bercerita tentang perjalanan waktu. Perjalanan hidup seseorang bagaimana menjalani sesuatu dengan apa adanya. Karakter suara Oet yang kuat memunculkan kesan dark music makin kental. Belum lagi petikan gitar dan dentingan piano mengajak membawa ke alam bawah sadar. Dengan diimbangi balutan alat musik etnik, seperti dalam hit lainnya AKU, Oet Uno berusaha menjadi dirinya sendiri.


Cokelat: 'THE BEST OF COKELAT, TAK PERNAH PADAM' Refleksi 10 Tahun Perjalanan

Jumat, 17 Maret 2006 19:25

Dengan tajuk Tak Pernah Padam, Cokelat menggelontorkan album the best-nya. Sebuah refleksi perjalanan mereka selama 10 tahun berkiprah. Setelah albumnya Untuk Bintang (2000), Rasa Baru (2001), Segitiga (2003) dan Dari Hati (2004) mereka mendokumentasikan dalam satu paket. Berisikan 10 lagu hits lawasnya ditambah tiga lagu baru, Tak Pernah Padam, Nyanyian Sahabat dan Terlalu Indah yang dibuat dua versi, salah satunya akustik. Total seluruhnya ada 14 lagu.


Ten 2 Five: 'A BRAND NEW DAY' Usung Multigenre

Selasa, 28 Februari 2006 18:03

Dikemas dengan cover yang fresh dengan gambar jendela setengah terbuka berselimut daun hijau yang merambat erat, album baru Ten 2 Five, A BRAND NEW DAY seakan berupaya meniupkan angin pembaruan. Jika sebelumnya disebut sedikit 'ngejazz', kali ini Ten 2 Five menyuguhkan album multigenre dengan nuansa pop ballad kental.


TIKA: 'REPACKAGED DEFROSTED LOVE SONGS'

Jumat, 24 Februari 2006 22:10

Mengawali tahun 2006, Aksara Record meluncurkan album DEFROSTED LOVE SONGS dari singer/songwriter Tika. Album ini merupakan versi repackaged dari album perdana Tika, FROZEN LOVE SONGS ditahun 2005. Kombinasi karakter suara Tika yang kuat dan unik, serta kualitas musik yang tinggi adalah faktor utama dalam album ini.


Ello: 'ELLO- REPACKAGE' Susul Sukses Pertama

Selasa, 21 Februari 2006 18:00

Sukses dengan album self-titled perdananya yang melejit bak meteor, Ello kembali menelorkan album keduanya. Tepat di ulang tahun ke 23, pemilik nama asli Marcello Tahitoe ini meluncurkan album ELLO- REPACKAGE. Album ini berisi 14 lagu yang terdiri 10 lagu dari album pertamanya, ditambah 4 lagu terbarunya.


Dewa Budjana: 'HOME' Kembali Ke Ranah Jazz

Selasa, 03 Januari 2006 10:05

HOME merupakan kepulangan keempat bagi Dewa Budjana ke ke akar musiknya yaitu jazz. Dengan menggapit Peter Erskine, drummer idolanya dan bassist kawakan Dave Carpenter serta Reggie Hamilton, Dewa Budjana menjadikan album barunya jadi sangat variatif. Selain didukung pula musikus kenamaan tanah air yang adalah sahabat lamanya, Indra Lesmana dan Andi Rianto.


Jikustik: 'KUMPULAN TERBAIK JIKUSTIK' Menyegarkan Pendengaran

Kamis, 01 Desember 2005 17:46

Berbicara tentang cinta dan romantisme, Jikustik adalah salah satu jagonya. Kekuatan lirik yang mereka gubah, seringkali membuat lagu-lagu mereka digandrungi. Cerita-cerita yang bergulir dalam tembang mereka seperti sebuah soundtrack untuk kehidupan kita, sangat dekat dengan apa yang kita alami. Kali ini mereka hadir untuk menyegarkan pendengaran kita dengan album the best bertajuk KUMPULAN TERBAIK JIKUSTIK.


Casper Band: 'SEMOGAKU, SEMOGAMU' Membawa Kembali ke Era 90-an

Sabtu, 26 November 2005 15:11

Blantika musik Indonesia kembali digebrak pendatang baru, Casper yang digawangi oleh Leo (guitar), Renel (drum), Ovan (guitar bass) dan Rere (vocal). Grup baru ini membawa kita flashback ke tahun 90-an dengan mengusung lagu-lagu bernuansa simply techno bagi penikmat musik dalam negeri di album baru bertitel SEMOGAKU, SEMOGAMU.


Anggun C. Sasmi: 'LUMINESCENCE' Obat Kerinduan

Kamis, 15 September 2005 16:25

Setelah merilis album CHRYSALIS 2002, lima tahun sudah Anggun C. Sasmi vacum dari belantika musik. Namun tahun ini penyanyi yang kini berdiam di Prancis kembali mempertegas eksistensinya dengan meluncurkan album baru bertajuk LUMINESCENCE. Dibawah bendera Universal Music album berisi 18 lagu ini akan dirilis ke seluruh wilayah Asia.


T-Five: 'BACK TO BACK' Kembali pada Semangat Awal

Kamis, 21 Juli 2005 16:25

Setelah kesuksesan dua album sebelumnya T-Five (2002) dan Bebas (2003) grup musik beraliran sweet R & B yang digawangi sembilan personil, T-Five hadir kembali mengobati kerinduan penggemarnya dengan album baru mereka, Back to Back.


Padi: 'PADI' Lahir Kembali dengan Lebih Manis

Rabu, 11 Mei 2005 15:31

Setelah sekian lama dinantikan, akhirnya Padi kembali merilis album barunya. Berbeda dengan album terdahulunya Lain Dunia (1999), Sesuatu Yang Tertunda (2001) dan yang terakhir Save My Soul (2003) , di album terbarunya ini Padi menemukan sebuah kelahiran kembali dalam proses penggarapan albumnya.