RESENSI MUSIK INDONESIA



Free On Saturday: 'Mama Bilang', Kontradiktif Musik dan Lirik

Free On Saturday: 'Mama Bilang', Kontradiktif Musik dan Lirik

Sabtu, 21 Agustus 2010 09:09

Tampaknya band yang digawangi Aryo Wahab (vokalis The Dance Company), Coki Moconutz (gitar), serta Bey Blue (keyboard) ingin menghapus imej liar dari rock n roll yang identik dengan sex, drug and rock n roll. Namun alhasil single Mamaku Bilang dari Free On Saturday atau disingkat F.O.S malah terkesan cheesy, bertolak belakang dengan musiknya yang liar dan megah.


Irwansyah: 'Tentang Perasaanku', Konsisten di Jalur Pop

Irwansyah: 'Tentang Perasaanku', Konsisten di Jalur Pop

Jumat, 20 Agustus 2010 15:52

Setelah sukses dengan albumnya yang berjudul SOLITER di tahun 2008 lalu serta RBT nya yang di download hingga 2,5 juta. Irwansyah kembali menyapa penggemarnya dengan single terbaru berjudul Tentang Perasaanku. Penyanyi yang memulai karir dengan film HEART ini hadir kembali ke belantika musik Indonesia.



Opick: 'SHOLLU ALLA MUHAMMAD', Mengetuk Hati Pendengarnya

Opick: 'SHOLLU ALLA MUHAMMAD', Mengetuk Hati Pendengarnya

Kamis, 19 Agustus 2010 01:41

Opick kembali menghiasi Ramadhan kali ini dengan seruan-seruan serta puja dan puji untuk Allah SWT beserta Rasulnya Muhammad SAW. Dalam album terbarunya yang bertajuk SHOLLU ALLA MUHAMMAD, Opick akan mengetuk hati kita yang paling dalam.


Sarasvati: 'STORY OF PETER', Mencekam, Pilu dan Menggemaskan

Sarasvati: 'STORY OF PETER', Mencekam, Pilu dan Menggemaskan

Rabu, 18 Agustus 2010 15:06

Selepas keluar dari Homogenic, Risa Saraswati bersolo karir dengan nama Sarasvati. Masih memainkan musik yang mengambang dan mengawang di padu dengan bunyi-bunyian piano serta angelic voice dari Risa yang merdu dan seksi, dibantu oleh banyak musisi baik di proses rekaman dan live nya.


Maliq and D Essentials: 'Terlalu', Berbobot Namun Ringan Untuk Didengar

Maliq and D Essentials: 'Terlalu', Berbobot Namun Ringan Untuk Didengar

Minggu, 15 Agustus 2010 12:39

Setelah sukses dengan album MATA HATI TELINGA, Maliq and D Essentials kembali merilis album terbaru yang bertajuk THE BEGINNING OF A BEAUTIFUL LIFE dengan single Terlalu. Sangat cepat jeda antara album ke-4 ini dengan yang ke-3. Belum sempat kita berpuas-puas menikmati kita sudah disuguhi lagu-lagu yang soulful dari mereka.


Sajama Cut: 'Paintings/Paintings', Lagu Absurd Akustik

Jumat, 30 Juli 2010 20:45

Banyak yang tak menduga, band post asal Jakarta ini memiliki warna musik istimewa. Ya, mereka adalah Sajama Cut. Harmonisasi vokal ala Beach Boys membuka di awal single Paintings/Paintings di album ketiga yang bertajuk MANIMAL.


Omelette: 'CUMA KAMU', Warna-Warni Musik Yang Dinamis

Rabu, 28 Juli 2010 07:41

Sangat menarik, itu yang tercetus pertama kali ketika melihat cover album ini. Terkadang kita bosan dengan desain cover musik Indonesia, hanya memajang foto penyanyi atau personel band. Kali ini masih dengan konsep cover yang sama, Omelette mencoba sesuatu yang berbeda dalam pendesainan cover. Mmm... cukup pintar untuk menarik perhatian.


Seventeen: 'Jaga Slalu Hatimu', Coba Mengulang Sukses

Kamis, 22 Juli 2010 20:11

Band asal Yogyakarta, Seventeen mengeluarkan single baru sebelum merilis album keempatnya. Single yang berjudul Jaga Slalu Hatimu karya gitarisnya, Herman diciptakan melalui proses yang panjang dan berharap menjadi sebuah karya seni yang sudah bisa dikonsumsi oleh masyarakat luas.


Seurieus: 'Lebaran Kita', Makna Lebaran Versi Seurieus

Selasa, 20 Juli 2010 11:06

Rilis album rohani adalah suatu hal yang baru yang pernah di lakukan oleh Seurieus selama kiprahnya. Namun grup asal Pasundan mematahkan stigma dan keraguan yang melekat pada diri personelnya dan memberikan persembahan karya buat Serdadurock julukan fansnya.


Sheila On 7: 'Hari Bersamanya', Mempertahankan Ciri Khas SO7

Senin, 19 Juli 2010 10:58

Merilis single adalah suatu hal yang berbeda yang telah di lakukan oleh Sheila On 7. Bisa jadi ini merupakan sebuah pancingan untuk pendengarnya atau Sheila Gank (julukan fans SO7) bahwa grup band yang eksis selama 14 tahun ini masih menunjukkan tajinya. Dan single Hari Bersamanya mampu menunjukkan bahwa mereka masih mempunyai taji dalam belantika musik Indonesia.


Maliq and D Essentials: Terlalu - Satu Lagi Eksperimen Juragan Soul Tanah Air

Kamis, 08 Juli 2010 03:10

Apa kabarnya Maliq & D'Essentials? Setelah kemarin sukses dengan album ketiganya, MATA HATI TELINGA, kini band yang melejit lewat single Terdiam ini akan segera merilis album terbaru mereka, THE BEGINNING OF A BEAUTIFUL LIFE, yang sudah banyak dipublikasikan lewat situs pertemanan seperti Facebook atau Twitter.


Soulvibe: 'ANTARTIKA', Vintage Rasa Baru

Rabu, 30 Juni 2010 01:32

Sukses dengan ramuan enerjiknya di album pertama dengan tajuk selftitled, Soulvibe kembali menggetarkan jiwa dengan alunan yang cukup berbeda dari album sebelumnya. Mengambil judul album ANTARTIKA, band beraliran neo-soul dengan warna suara R&B yang dimotori Rizqi Rizaldi (vokal), Bayu Adiputra (vokal), Ramadhan Handy (bass), Frans Martatko (keyboard), Andika Winasis (gitar), Caesar Rizal (drum), dan Ario Seto (synthesizer) ini memadukan unsur vintage dengan rasa baru.


Afgan: 'THE ONE', Eksistensi Berprestasi

Senin, 07 Juni 2010 07:06

Makin melejit, Afgan Syah Reza menelurkan kembali album baru yang diberi tajuk THE ONE. Masih seputar nomor satu - setelah album pertamanya CONFESSION NO.1 pada Januari 2008 lalu, sepertinya penyanyi peraih sejumlah penghargaan ini semakin mengukuhkan diri untuk menjadi divo nomor satu di belantika industri musik tanah air. Pantaskah Afgan menyandangnya?


Melly Goeslaw: 'GLOW' Pembuktian Musikalitas Yang Powerfull

Rabu, 02 Juni 2010 00:01

Tampil sedikit berbeda dengan album sebelumnya, Melly Goeslaw membuat musiknya makin ceria. Dengan tempo cepat yang bisa membuat orang berjingkrak, ia menggondol lima hits andalan yang kemudian terangkum dalam album yang diberi tajuk GLOW. Dalam CD bersampul biru mewah ini, Melly ingin menunjukkan musikalitasnya yang sangat powerfull.


Monita Tahalea: 'DREAM, HOPE & FAITH', Kepolosan Vokal Dalam Balutan Jazz Yang Bersahabat

Senin, 24 Mei 2010 08:48

Masih terngiang di telinga bagaimana lagu Bagaikan Langit milik Potret dinyanyikan oleh Monita Idol dengan sentuhan swing dan jazz yang catchy pada kontes menyanyi INDONESIAN IDOL tahun 2005 lalu. Tak terbayang sebelumnya bagaimana lagu yang sebelumnya dinyanyikan dengan tempo cepat dan bersemangat oleh Melly Goeslaw, vokalis Potret, menjadi sedikit santai dan menenangkan oleh Monita. Sejak momen itulah saya yakin bahwa suatu saat nanti, gadis yang bernama lengkap Monita Angelica Maharani Tahalea ini, akan menjadi penyanyi hebat.