'DISTANCE', Sajian Folk - Pop Unik Dari Asteriska

Jumat, 18 Desember 2015 12:01 | 

Barasuara

'DISTANCE', Sajian Folk - Pop Unik Dari Asteriska
Asteriska © Istimewa




KapanLagi.com - Kalau mendengar nama Asteriska sekarang ini, setidaknya akan ada sebagian orang yang mengaitkannya dengan band indie fenomenal saat ini, Barasuara. Tapi percaya lah, Asteriska memiliki suara yang sama sekali mewah dan tetap terdengar lembut di telinga.

Penulis sendiri mencari beberapa referensi sebelum menulis review ini dan menemukan kalau perempuan yang kerap dipanggil Ichil ini memang sudah tertarik dengan dunia musik sejak masih remaja. Namun butuh waktu lama hingga akhirnya ia pun merilis album debutnya yang berjudul DISTANCE.

Begitu KapanLagi.com® menerima album ini dalam format cakram padat, first impression kami tentu saja tertuju pada simple-nya cover album hingga print laser pada CD album ini. Hal serupa pun tetap terlihat pada booklet dari album yang dirilis di bawah bendera Demajors ini.

Cover artwork yang cukup simpel untuk sebuah album debut © KapanLagi.comCover artwork yang cukup simpel untuk sebuah album debut © KapanLagi.com

Menarik! Yap, begitu track pertama mulai mengalun, rasanya penggambaran double exporsure pada cover artwork DISTANCE langsung terasa. Asteriska benar-benar menghadirkan suasana alam yang begitu tenang pada track He Stays Up All Night. Minim instrumen, fokus utama langsung tertuju pada suara Asteriska yang mengalun lembut di telinga.

Setelah melalui gerbang utama album ini selama 1 menit lebih, akhirnya lagu kedua yang senada dengan judul album ini, Distance, pun muncul. Sama sekali tidak berlebihan kalau lagu ini jadi andalan Asteriska di album debutnya.

Nuansa musik pop dan folk begitu terasa sejak lagu ini mengalun dengan iringan instrumen gitar akustik. Lagu ini sendiri menceritakan hubungan sepasang kekasih yang terbentang jarak. Namun di sini Asteriska menekankan bagaimana yakin dan percaya jadi poin yang membuat pasangan itu akan baik-baik saja.

DISTANCE jadi hidangan folk dengan rasa pop yang bikin telinga kenyang! © Instagram.com/asteriska_DISTANCE jadi hidangan folk dengan rasa pop yang bikin telinga kenyang! © Instagram.com/asteriska_

Memasuki dua track berikutnya, Mr. Blue dan Story On An Island yang berkolaborasi dengan salah satu artis SoundCloud, Dwinanda Aldyan, memberikan dinamika yang apik dari rangkaian awal tracklist DISTANCE. Tetap menyajikan lagu pop, nuansa folk yang ceria terasa begitu lembut.

Tapi setelah bersenang-senang dengan nada ceria, Farewell To You(th) akan membawamu sedikit berpikir sejenak. Yap, lagu ini seperti menghadapkanmu pada hari-hari di masa kecil, saat di mana semua hal terasa begitu simpel, tidak penuh tantangan, sebuah masa di mana kita hanya bangun untuk kemudian menertawakan hari.

Sedikit berbeda namun musik pada lagu Sad November dan Secret Getaway seakan memiliki benang merah. Menarik ketika sebuah harapan dan kawan menghilang di lagu Sad November lantas dijawab dengan sebuah keputusan pada Secret Getaway.

Berjumlah 8 track, DISTANCE jadi album di tahun 2015 yang wajib kamu miliki © DemajorsBerjumlah 8 track, DISTANCE jadi album di tahun 2015 yang wajib kamu miliki © Demajors

Akhirnya, Que Je T'aime atau yang kurang lebih berarti bahwa aku mencintaimu jadi track manis yang menutup rangkaian kisah awal Asteriska di album DISTANCE. Secara keseluruhan, album ini berhasil membuat penulis terkesan dengan semua sajian folk - pop DISTANCE.

Dengan total 8 track, album yang dirilis dalam format CD dan digital (iTunes) ini sangat kami rekomendasikan untuk kamu miliki sebagai bagian dari daftar putar sehari-hari. Terakhir dan paling penting, jangan pernah membeli atau bahkan menerima karya bajakan KLovers! Ini waktunya kita mendukung industri musik Indonesia agar lebih kondusif. :)

Tracklist DISTANCE:

1. He Stays Up All Night
2. Distance
3. Mr. Blue
4. Story On An Island (feat. Dwinanda Aldyan)
5. Farewell To You(th)
6. Sad November
7. Secret Gateaway
8. Que Je T'aime

Sudah Tahu Yang Ini?

Setelah Musisi Kamar Tampil di 'Outside The Bedroom', Lalu?
'Alright I'll Wait', Somos Bakal Lebih Dinamis di Sophomore Album
'Rush', NICK Siap Berjalan di Ranah Dream Pop Bersama Java Jr
Mereka #MasihBerasap, Aksi Wake Up Iris! & Anak Muda Kota Malang
'Terpaut Oleh Waktu', Kisah Danilla Tentang 2 Insan Berbeda Dunia

(kpl/ntn)



Lihat Arsip Musik

- - -