Penjelasan Detail Mengenai Chuseok

Minggu, 30 Oktober 2011 23:10


KapanLagi.com - Hari-hari terakhir banyak sekali bintang Korea yang berpose dengan hanbook atau pakaian tradisional Korea yang cantik. Mereka mengenakannya untuk merayakan Chuseok yang cukup spesial.

Mungkin bagi penggemar K-Pop yang masih baru, mereka belum familiar dengan budaya Korea ini. Mungkin mereka hanya menganggap ini adalah even yang penuh dengan kegembiraan. Namun lebih dari itu, ternyata Chuseok adalah salah satu hari raya terbesar yang diselenggarakan di Korea. Jadi apa sebenarnya Chuseok? Cek it out:

Chuseok kerap dianggap sebagai Thanksgiving Korea, Hangawi, Jungchujul atau Gabe dan diselenggarakan kala bulan purnama terbesar di tahun ini, yang mana jatuh pada bulan Agustus dari penanggalan bulan. Korea sendiri adalah salah satu negara yang masih menggunakan penanggalan bulan, sehingga hari libur mereka berkisar kala bulan purnama.

Untuk tahun 2011 ini, Chuseok jatuh pada tanggal 12 September. Sementara itu pada tahun 2012, hari libur ini bakal dirayakan pada tanggal 30 September. Chuseok sendiri diperingati sebagai bentuk rasa syukur karena panen yang berlimpah, di mana pada tanggal tersebut buah-buahan dan biji-bijian telah cukup tua dan fresh untuk dipanen.

Untuk merayakan kesuksesan panen, satu keluarga pergi ke tanah leluhur dan bon-ga (rumah utama, atau lebih seringnya adalah rumah orang-orang yang lebih tua seperti kakek dan ayah), serta mereka bakal mengenakan pakaian tradisional, memasak makanan yang cukup lezat dan memberikan sesajen sebagai bentuk penghargaan kepada leluhur.

Rasa hormat kepada orang-orang yang lebih tua bisa dikatakan sangat penting bagi orang Korea. Chuseok tak hanya perayaan panen, namun ada tiga tugas yang mesti ditunaikan:

1. Bulcho:

2. Sungmyo:

3. Charye:

_

Ketika tugas tersebut telah selesai, maka kini saatnya bermain. Game ini adalah permainan yang dilakukan di luar secara bersama-sama, di mana satu keluarga biasanya berkumpul bersama untuk sekedar bercakap-cakap atau minum-minum setelah makan malam atau bermain go-stop, namun kerap juga mereka memamerkan pajangan di area publik.

1. Kangkangsullae: Satu game untuk para wanita, di mana beberapa puluh orang akan melingkar di bawah bulan dan menari bersama dengan memegang bahu masing-masing.

2. Sonori'/Geobuknori: (kpl/sjw)

Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -