CHILL-OUT

Anji: Album, Wanita dan Mimpi LUAR BIASA

Kamis, 20 Oktober 2011 10:46 | 

Anji

| Tag: Konser 2011

Anji: Album, Wanita dan Mimpi LUAR BIASA
Anji di Studio HB, Cidodol, Jakarta Barat.

KapanLagi.com -
Oleh: Hendra Gunawan

Jelang launching albumnya yang bertajuk LUAR BIASA, pada 20 Oktober 2011, Erdian Aji Prihartanto atau yang akrab disapa Anji, benar-benar mempersiapkannya dengan matang. Mulai dari konsep acara hingga latihan berkala jelang penampilannya di showcase launching albumnya ini, benar-benar ia lakoni tanpa mengeluh. Di sela-sela latihannya yang padat, Anji menyempatkan berbagi cerita dengan KapanLagi.comŽ, di Studio HB, Cidodol, Jakarta Barat, Selasa (18/10/2011) malam.

  • Album solo ini merupakan mimpi Anji ya?
    Sebenarnya itu mimpi yang gue temukan di jalan. Maksudnya di tengah perjalanan gue berkarir. Dulu tahun 2002 gue terinspirasi sama albunya Maroon 5 yang Songs About Jane, semua lagu tentang ceweknya. Gue berpikir suatu hari nanti gue akan membuat album yang terinspirasi dari satu wanita. Dan terwujudnya sekarang pas banget untuk kado pernikahan.
  • Jadi bisa dibilang album ini untuk menyenangkan seseorang yang spesial?
    Enggak juga, menyenangkan gue pribadi, tapi bisa menyenangkan dia juga. Kenapa menyenangkan gue pribadi, karena gue merasakan prosesnya dari cuma sebuah mimpi, sebuah konsep yang akhirnya gue tuangkan, gue eksekusi ternyata terwujud.
  • Pacar Anji dilibatkan di sini juga?
    Sama sekali gue gak melibatkan pasangan gue dalam konser ini. Dan gue juga gak pernah mau kalau dia datang ke tempat latihan. Karena biar dia lihat yang terjadi di sana (showcase). Jadi ini menjadi sebuah kejutan buat dia, kalau dia datang saat latihan uda gak kejutan lagi nanti.
  • Jadi dirahasiakan sama pacar?
    Enggak dirahasiakan, tapi nanti aja pas pertunjukan.
  • Ternyata sosok Anji romantis juga ya?
    Bukannya romantis, gue juga gak kayak ini, maksudnya gak sering kali kayak gini. Cuma gini aja, gue mau menikah jadi gue pingin memberikan suatu hal yang gak pernah gue lalukan untuk orang lain, yaitu istri gue.

    Gue sebenarnya gak romantis, dia (Wina) juga gak pernah bilang gue romantis kok. Gue emang suka bikin kata-kata, tapi in the real life gue gak romantis.

  • Dari sembilan lagu yang akan dibawakan bagian mana yang Anji suka?
    Part yang paling gue suka yang Luar Biasa seperti judul albumnya LUAR BIASA. Jadi di situ ada lirik 'Aku tanpamu bagai air yang membeku, kamu untukku penawar jutaan rindu'. Jadi, di sini gue mensyukuri, gue dan pasangan gue adalah pasangan yang luar biasa. Thank God I'm found her.
  • Akan ada gimmick untuk pacar Anji nanti?
    Gak, gue gak akan memberikan kejutan apa-apa. Lamaran udah, pernikahan baru 11 Desember, eh kelepasan deh. Jadi kejutannya adalah paket pertunjukan ini.
  • Espektasi Anji dari pertunjukan besok?
    Gue berharap orang bisa mengerti pentingnya kita membuat konsep dalam membuat sebuah album. Walaupun kita tidak harus mengatakan cinta, tapi ketika kita menyatakan cinta pun katakanlah dengan tidak murahan. Jadi cara mengatakan cinta di album gue ini tidak murahan.

    Gue mau kasih tau sama orang, buat album itu menyenangkan, buat album itu harus dipikirin juga ini gue persembahkan buat pasangan-pasangan yang luar biasa yang ada di Indonesia.


  • Anji di Studio HB, Cidodol, Jakarta Barat

  • Perbedaan ketika Anji nge-band dengan solo karir?
    Sangat berbeda, proses kreatifitasnya sangat berbeda banget. Di sini tuh gue sebagai konseptor sekaligus eksekutor. Jadi dulu kita konseptor barengan, eksekusi barengan. Pasti di tengah itu ada perbedaan pendapat. Tapi bukan berarti yang satu jelek dan yang satu bagus. Jadi ada batas-batas kita harus memaklumi orang lain. Di karir solo ini gue benar-benar sendiri, jadi gue memikirkan ini untuk diwujudkan.
  • Drive diajak juga di showcase nanti?
    Kalau (maksudnya) diundang, gue undang. Jadi gue mengajak musisi pada tanggal 20 nanti yang benar-benar musisi yang terlibat dalam pembuatan album ini.

    Seperti Jeje Govinda, dia bermain di Kekasih Terhebat, Ade Govinda di lagu Cinta Sulit Diterka, terus Endah N Rhesa. Jadi memang musisi yang terlibat, sedangkan Drive gak terlibat. Mereka diundang tapi tidak sebagai pengisi acara. Tapi sebagai tamu kita undang.

  • Dari 9 lagu ini, semuanya diciptakan Anji?
    Gak semua, karena ada ciptaan Dewiq, ciptaan temen-temen gue. Tapi semua konsep dalam album ini gue semua. Jadi alurnya, titik dramatiknya di mana itu gue semua. 7 lagu dari 9, gue ikut nulis.
  • Judul lagu dari satu ke yang lain kan menyatu, sedangkan penciptanya bukan Anji doang, sulit gak menyatukan ini?
    Iya sulit, sampai gue ganti judul sampai 4 kali.
  • Proses rekaman udah selesai?
    Sudah, uda jadi per hari ini.
  • Konsep cover Anji untuk album solo ini gimana?
    Dari gue juga sama teman gue, konsepnya berjalan ke arah kanan. Maksudnya berjalan ke arah yang lebih baik. Jadi di covernya ada jembatan beton, di tengah-tengah ada tumbuhan jadi seperti bertahan di tempat keras.
  • Inspirasinya dari mana sih?
    Gue demen memikirkan sebuah konsep dari benda yang tidak diperhatikan. Gue terbiasa berpikir dengan pola seperti itu. Ya datangnya kapan aja.
  • Album inikan dipersembahkan untuk seseorang, di albumnya disebut namanya juga?
    Ada namanya, di credit title. Dia adalah pemeran utama wanita, inspirasi album LUAR BIASA, Wina Natalia.
  • Anji kan aktif di Social Media, especially Twitter. Menurut Anji Twitter sendiri efeknya positif apa negatif sih?
    Twitter itu sangat berimbas positif buat gue. Bukan cuma buat media promo, tapi gue mendapat pola pikir seperti itu karena Twitter.
  • Memangnya apa yang dibikin Anji dengan Twitter?
    Album LUAR BIASA ini jadi karena Twitter juga. Dari tweet-tweet gue, terus gue membuat film pendek, membuat lagu, membuat buku dari Twitter. Terus gue mencoba berpikir singkat, padat, jelas hanya dengan 140 karakter.
  • Reaksi dari fans di Twitter juga jadi inspirasi buat Anji, misal bikin lagu?
    Banyak banget dulu, kalau sekarang gue lagi konsen sama album gue. Sebenarnya banyak banget pemikiran-pemikiran yang oke yang akhirnya bisa gue kembangkan.
  • Lalu saat akhirnya Anji memilih untuk bersolo karir, gimana tanggapan fans di Twitter?
    Ya agak gak asik sih sebenanya. Dan gue capture itu, gue simpan dan gue jadikan kenang-kenangan. Suatu saat nanti bisa mengenang itu, kalau pernah terjadi dalam sejarah hidup gue. Sangat disesalkan aja.
  • Sempet ngasih pengertian ke fans tentang keputusan Anji untuk memilih solo karir ini?
    Iya, tapi yang namanya pemikiran yang berbeda. Gue juga uda cukup berbicara ke mereka, tapi kalau sampai sekarang belum cukup baik, ya gimana, gue gak bisa apa-apa. Gue menjawabnya dengan karya aja. Itu lebih enak, abis capek nanggepin yang kayak gitu.
  • Memang sampai ada yang mengintimidasi Anji?
    Enggak, kalau sampai ada, gue intimidasi balik. Gue cukup bagus untuk mengintimidasi orang. (kpl/hen/riz/nat)

Anji Jelang Showcase:

AnjiAnjiAnji



  • Sent from Indosat Blackberry powered by



Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (12)

  • Alan Drive ManiakCs TegaL (Minggu, 18 Desember 2011 12:15)
    Semoga dengan album terbaru mas anji, maz anji bisa lebih terkenal lagi dan sering" dunk tampil di TV . .. . ?

  • Rahmad (Sabtu, 26 November 2011 10:50)
    Sedang buntuh alias tidak punya uang maka dari itu belum dapat memastikan karena mau ngurus makan sama yang lain dulu dech.............

  • Lidya (Senin, 24 Oktober 2011 14:31)
    success ja ...

  • Ade (Sabtu, 22 Oktober 2011 20:07)
    keren banget

  • Adian (Sabtu, 22 Oktober 2011 20:06)
    anji kembali berkarir

  • KIRIM KOMENTAR

Fokus Nyanyi
Seperti yang kita tahu, selama ini Nova Eliza adalah seorang aktris yang bermain dalam beberapa judul film. Namun, belakangan, ibu satu anak ini mulai merambah dunia musik. Lewat single-nya Putus Nyambung, Nova berani bersaing dengan deretan nama penyanyi di belantika musik tanah air. Selanjutnya...
Fokus Nyanyi
Nova Eliza
Nuansa Valentine
Tanggal 14 Februari memang identik dengan perayaan valentine atau hari kasih sayang. Meski tidak semua orang merayakan, namun di seluruh penjuru dunia biasanya menasbihkan hari tersebut dengan warna pink dan cokelat. Seolah tidak mau kehilangan momen, program Cerita Cinta yang ditayangkan rutin di MNCTV juga mengangkat tema valentine. Berbalut nuansa merah muda, acara yang bedurasi 90 menit itu terasa begitu romantis menyambut hari kasih sayang. Baca selengkapnya....
Nuansa Valentine
Cerita Cinta MNCTV

SNEAK OUT


Simple Plan

Simple Plan ternyata tak hanya disukai oleh para ABG saja. Ini membuktikan bahwa tak ada batasan usia dalam sebuah konser rock.

ON STAGE


Anti-Flag

Kami lebih nge-rock daripada Rod Stewart!! teriak Anti-Flag yang konsernya berbarengan dengan musisi gaek tersebut. Pun begitu Anti-Flag mengguncang Senayan.