SIEM Dibuka Dengan Tarian Guruh Soekarnoputra

Selasa, 28 Oktober 2008 22:38 | 

Guruh Soekarno Putra



  • SIEM Dibuka Dengan Tarian Guruh Soekarnoputra
    Guruh Soekarnoputra
Kapanlagi.com - Festival Musik Etnik Internasional Solo (Solo International Ethnic Music Festival - SIEM) yang bertempat di Halaman Pura Mangkunegaran, Solo, Selasa malam (28/10) dibuka dengan sajian Musik Kendang Rampak dari Solo dan sajian tari karya Guruh Soekarno Putra.

Ketua Panitia Festival, Bambang Sutejo kepada wartawan di Solo, Selasa (28/10), mengatakan SIEM akan berlangsung mulai 28 Oktober hingga 1 November. Pembukaan SIEM dimulai pukul 20.00 WIB dan menurut rencana akan dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat, KGPAA Mangkunegara IX, Ketua Dewan Kesenian Jakarta, Ketua Dewan Kesenian Surabaya, serta para seniman dan seniwati Solo.

"Semua persiapan sudah dilakukan dan tinggal menunggu saat dibukanya SIEM. Penonton yang datang tahun ini kami harapkan bisa lebih nyaman dengan lokasi SIEM yang baru ini," katanya.

Bambang mengatakan tahun ini SIEM digelar di halaman Pura Mangkunegaran dengan tujuan agar masyarakat Solo dan sekitarnya dapat ikut menyaksikan secara langsung area keraton.

"Nanti penonton akan bisa masuk ke area Mangkunegaran dari pintu sisi barat dan pintu sisi timur, kemudian mereka akan masuk ke area keraton sebelum sampai ke panggung SIEM," katanya.

SIEM adalah festival musik etnik internasional yang menjadi agenda tahunan di Solo. Penyelenggaraan SIEM dimulai pada 2007 dan tahun ini adalah penyelenggaraan yang kedua. SIEM pertama berlangsung di kawasan cagar budaya Benteng Vastenburg dilaporkan menyedot perhatian pengunjung hingga puluhan ribu orang selama empat hari penyelenggaraan.

SIEM 2008 kembali menghadirkan sejumlah seniman musik etnik dari berbagai negara dan berbagai daerah di Indonesia. Kali ini semua musisi yang tampil diseleksi oleh kurator yakni Gilang Ramadhan dan Rahayu Supanggah.

SIEM 2008 akan menampilkan musisi etnik nusantara yakni Kande dari Aceh, Teratai Pasiana (Selayar), Bambang SP (Surabaya), Lumaras Budoyo (Magelang), Saund Of Kiser (Cirebon), Nedy Winuza (Riau), Al Suwardi (Solo), Gangsadewa (Yogyakarta) dan Kayu Bakar (Papua).

Sementara itu delegasi asing yang akan tampil adalah Sonofa dari Singapura, Shin Nakagawa (Jepang), Glen Doyle (Australia) dan Yi Chen Chang (Taiwan).

Pertunjukan ini juga didukung penyanyi jazz Syaharani, Innisisri, Reza Artamevia, Viky Siampar dan gitaris Balawan. (kpl/dar)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)