Selama 30 Tahun Bimbo Jadi Korban Pembajakan

Rabu, 29 Agustus 2012 14:37 | 

Bimbo

Selama 30 Tahun Bimbo Jadi Korban Pembajakan
Sam Bimbo


Kapanlagi.com - Grup musik legendaris Bimbo menyesalkan pembajakan musik Indonesia yang makin marak dan terkesan ada pembiaran. Para musisi seperti Sam Bimbo yang paling dirugikan, selama 30 tahun berkarya sebanyak 300 lagu karyanya jadi sasaran pembajakan.

"Selama 30 tahun pembajakan musik terjadi di Indonesia. Hingga kini pembajakan itu masih ada, kita lihat di pinggir jalan berapa penjual DVD bajakan berjualan," kata Sam, salah satu pentolan Bimbo saat ditemui usai acara Halalbihalal keluarga besar IPB di Kampus Dramaga, Bogor, Selasa (28/08).

 Belum lama ini, setelah Bimbo mengeluarkan album Bimbo & friends Warisan, bekerja sama dengan Baznas, dalam tempo dua minggu album tersebut juga sudah dibajak.

Secara materil, menurutnya, musisi sangat dirugikan dengan praktek pembajakan. Kakak tertua dari trio Bimbo ini menyayangkan hukum di Indonesia yang tidak tegas memberantas pembajakan.

"Hukum di Indonesia ini sudah bagus hanya pelaksanaannya saja kurang bagus," katanya.

Pemilik nama Samsudin itu mengungkapkan, proses hukum pembajakan masuk dalam delik aduan yang artinya bila ada aduan baru diproses. Sam berharap aparat kepolisian menjadikan persoalan pembajakan masuk dalam pencucian uang. Karena membajak karya cipta telah memperkaya diri dengan merugikan orang lain.

"Kami berharap Indonesia lebih baik lagi. Tidak ada korupsi, kenapa ada KPK karena ada korupsi. Korupsi adalah faktor utama kemiskinan negeri, karena miskinlah maka pembajakan merajalela. Jika Indonesia baik, tidak ada kemiskinan dan mengurangi pembajakan," kata Sam.

Grup Bimbo beranggotakan tiga orang bersaudara, anak tertua Samsudin (Sam), Darman (Acil) dan Jaka Purnama (Jaka). Selama 45 tahun berkarya mereka telah melahirkan 800 lagu.

Bimbo mengusung aliran musik pop, beberapa lagu ciptaan Bimbo banyak diminati khususnya musik religi. Sederetan lagu Bimbo yang banyak disukai pendengarnya hingga kini di antaranya Sajadah Panjang, Rindu Rasulullah, Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya, Rindu Ramadan dan Biduan.

Sam mengatakan, Bimbo saat ini sedang menyiapkan rilis album baru yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. (antara/dar)


Lihat Arsip Musik

- - -