Pilih Musik Indie, ESQI:EF Atur Tabungan Untuk Album Baru

Penulis: Arai Amelya

Diperbarui: Diterbitkan:

Pilih Musik Indie, ESQI:EF Atur Tabungan Untuk Album Baru Syaharani and Queenfireworks foto: Deni Mulyadi/KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Masalah dana memang menjadi alasan Syaharani and Queenfireworks atau ESQI:EF untuk memproduksi karya. Namun begitu, hal itu bukan jadi halangan. Beragam cara agar pecinta musik dapat menikmati karya mereka pun dilakukan. Salah satunya dengan menjual karya yang dimiliki untuk kemudian hasil tersebut ditabung.


"Kita kumpulkan dana dari jualan kaos, CD. Juga ke komunitas-komunitas di berbagai daerah. Bahkan pernah ada komunitas di daerah pesan ratusan CD," terang Syaharani.


Karena kita jalur indie, maka lebih enak pake tabungan sendiri. Waktu berkarya pun bisa diatur. Walaupun ada yang gak bisa hadir saat mengerjakan album, kita bisa saling tunggu. Jadi buat album bukan untuk kejar target.
Syaharani and Queenfireworks




Hasil penjualan, lanjutnya di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (8/3), ditabung management. Dengan sistem, management memutar tabungan tersebut untuk memproduksi karya.


"Sistem yang jalani menejemen. Sehingga kalau ada apa-apa tetap ada tabungan. Beda kalau dari produser. Karena itu kita harus berjuang dengan apa yang kita yakini," katanya.


Selain itu dengan dana sendiri, ESQI:EF bisa mengerjakan album baru tanpa ditentukan tenggat waktu, "Lebih enak pake tabungan sendiri. Waktu pun bisa diatur. Walaupun ada yang gak bisa hadir saat mengerjakan album, kita bisa saling tunggu. Jadi bukan kejar target," imbuhnya.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/dis/aia)

Editor:

Arai Amelya

Rekomendasi
Trending