Perjalanan Anang Hermansyah, Dari Gang Potlot ke Senayan

Penulis: Nizar Zulmi

Diperbarui: Diterbitkan:

Perjalanan Anang Hermansyah, Dari Gang Potlot ke Senayan
Anang Hermansyah ©KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Tak mudah bagi Anang Hermansyah untuk mendapati karirnya yang saat ini semakin bersinar. Banyak hal sulit yang telah dilalui pria yang menginjak usia 45 tahun ini.


Bukan hanya disorot karena kiprahnya sebagai musisi, Anang juga sering jadi pemberitaan karena urusan pribadinya dengan keluarga. Sejak bersama Krisdayanti hingga sekarang dengan Ashanty, pria kelahiran Jember ini namanya masih eksis di industri hiburan, terutama musik.


Sering berduet dengan KD, Anang melanjutkan hobi duetnya dengan beberapa penyanyi lain. Entah kenapa ayah dari Aurel dan Azriel ini sangat cocok membawakan lagu-lagu duet.


Seperti apa perjalanan panjang seorang Anang Hermansyah dalam dunia musik? Ikuti berita selengkapnya di sini.


1. Jadi Anak Band

Yup, sejak remaja Anang Hermansyah sudah memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap musik. Mengenyam bangku kuliah di Universitas Islam Bandung, Anang semakin mendalami musik dalam sebuah sanggar milik Doel Sumbang.

Tak lama, Anang memutuskan hijrah ke Jakarta untuk mengejar mimpinya. Di ibu kota, Anang dekat dengan tongkrongan gang Potlot, markas Slank lewat perkenalannya dengan Pay Siburian.

Mendapat kesempatan untuk memasuki industri musik, Anang langsung tancap gas. Ia tergabung bersama Kidnap yang merupakan band pertamanya di Jakarta.

Kidnap berhasil menelurkan sebuah album berjudul KATRINA yang rilis pada 1993. Namun setelah beberapa tahun akhirnya Anang memutuskan untuk bersolo karir.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Muali Solo Karir

Keluar dari Kidnap, Anang melihat adanya potensi untuk merintis karir sebagai penyanyi solo yang waktu itu belum banyak saingan. Saat masih tergabung bersama Kidnap Anang sempat merilis album solo pada 1992 berjudul BIARKANLAH, dan LEPAS pada 1994.

Dua album ini lah yang merupakan cikal bakal kesuksesan Anang di dunia entertainment. Setia dengan genre rock yang sangat booming pada era 90-an, juri Indonesian Idol ini mulai banyak dikenal.

Sebagai rocker, Anang dulu sangat dikenal dengan rambut gondrongnya. Penampilannya kini tentu sangat berbeda dengan rambut cepak yang hampir tak pernah ganti model.

Nah, setelah dua album solo Anang akhirnya menikah dengan KD. Sama-sama suka musik, pasangan ini berjuang bersama untuk sukses dalam industri hiburan.

3. Duet Anang - Krisdayanti

Masih sempat konsisten dengan jalur solo, Anang akhirnya menemukan resep sukses. Dengan mengajak istrinya waktu itu untuk duet, nama mereka akhirnya semakin banyak bergaung di media.

Duet pasangan ini jadi yang paling tenar di akhir 90-an. Dengan hits seperti Makin Aku Cinta, Tak Pernah Menyesal, dan lagu romantis lainnya, mereka berdua jadi idola baru.

Selain tampil di depan, Anang juga terlibat di balik layar. Saat itu ia sempat menulis beberapa lagu untuk KD yang juga ingin berkarir sendiri.

Nama besar KD menjadi diva Indonesia pun tak lepas dari dukungan Anang waktu itu. Sayang, pernikahan mereka kandas pada 2009.

4. Duet Anang - Syahrini

Setelah resmi bercerai setelah usia pernikahan 13 tahun, Anang cukup terpukul namun berusaha tegar. Karenanya, ia tetap ingin terus berkarya.

Dengan keahliannya menulis lagu, ia pun menemukan rekan duet baru yang 'cetar membahana'. Ya, Syahrini yang sudah cukup lama jadi penyanyi akhirnya digaet Anang untuk tampil bareng.

Sejak saat itu nama Syahrini semakin dikenal dan menjadi sensasi. Menggebrak lewat lagu jangan Memilih Aku, pasangan ini sempat dikabarkan dekat dan menjalin hubungan serius.

Akan tetapi, takdir berkata lain. Hati Anang akhirnya berlabuh ke Ashanty yang usianya jauh lebih muda.

5. Duet Anang - Ashanty

Ketika ramai digosipkan tengah pacaran dengan Syahrini, tiba-tiba Anang muncul dengan kabar kedekatannya dengan Ashanty. Banyak pihak yang tak menduga gadis ini akan menjadi pasangan Anang selanjutnya.

Usia Ashanty saat itu masih 28 sedangkan Anang sudah 43. Namun ketika cinta sudah bicara, usia tak jadi persoalan.

Sebelum menikah, Anang dan Ashanty sempat merilis album JODOHKU, yang seperti pertanda bahwa mereka telah menjalin hubungan serius. Dengan lagu Menentukan Hati sebagai andalan, akhirnya kisah cinta mereka berujung di pelaminan.

Ashanty juga dibuatkan beberapa lagu untuk mengasah kemampuan vokalnya. Dengan arahan sang suami, Ashanty kini semakin matang dalam bernyanyi.

6. Juri Indonesian Idol

Dianggap sebagai salah satu produser yang jeli dalam melihat bakat seseorang, Anang terpilih menjadi salah satu juri kehormatan Indonesian Idol. Selama lima musim pria ini dipercaya untuk menyeleksi para calon bintang, kedua terbanyak setelah Titi DJ.

Dengan komentarnya yang kadang tak tertebak dan berbeda dengan juri lain, Anang semakin populer. Belum lagi ketika dirinya dan Ahmad Dhani saling sindir, jadi semakin seru.

Namun untuk Indonesian Idol season berikutnya, sepertinya kita sudah tak bisa mendengarkan komentar Anang dari balik meja juri. Menurut kabar, dirinya akan digantikan oleh sang istri, Ashanty.

Bagaimana menurut kamu, apakah Ashanty layak gantikan Anang sebagai juri di Idol berikutnya?

7. Melenggang ke DPR RI

Beberapa tahun belakangan para artis dunia hiburan semakin melek politik. Buktinya, banyak sineas dan seniman yang ikut serta menjadi aggota legislatif di Senayan.

Dari kalangan musik, nama Anang, Dwiki Darmawan, dan Ikang Fawzi jadi perwakilan mereka yang tembus jadi anggota DPR, sedangkan beberapa lainnya harus kandas. Anang berhasil meraih banyak suara yang memuluskan jalannya, termasuk di tanah kelahirannya, Jember.

Anang yakin dirinya akan mampu memberikan perubahan terhadap nasib para musisi. Menurutnya, jika tak ada musisi yang menguasai parlemen, maka nasib mereka takkan berubah.

Dengan kesibukan barunya itu, pastinya waktu Anang untuk keluarga dan musik akan berkurang. Seperti apa kontribusi Anang di Senanyan nanti? Kita tunggu saja kiprahnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/niz)

Editor:

Nizar Zulmi

Rekomendasi
Trending