Peringati Kelahiran Bob Moog, Google Pasang Synthesizer

Rabu, 23 Mei 2012 16:08
Peringati Kelahiran Bob Moog, Google Pasang Synthesizer
Synthesizer Bob Moog @foto: Google


Kapanlagi.com - Ada yang spesial pada penampilan situs Google hari ini. Sebuah synthesizer klasik yang membentuk tulisan 'Google' dengan ukuran cukup besar terpampang pada situs tersebut.

Tentu saja bukan tanpa alasan jika Google memasang gambar tersebut. Hari ini, Google memperingati hari kelahiran pelopor musik sekaligus pencipta Moog Synthesizer, Robert Arthur Moog, yang lahir pada tanggal 23 Mei 1934.

Jasa pria yang akrab disebut Bob Moog ini sangat besar pada perkembangan musik dunia. Ia tercatat sebagai orang pertama yang menciptakan inntrumen musik elektronik yang bernama Moog Synthesizer. Instrumen tersebut dikerjakan oleh Bob di Studio Colombia Princeton Electronic Music Center di Amerika Serikat atau saat ini lebih dikenal dengan nama Coumputer Music Center.

Bersama Herbert Deutcs, Bob mengembangkan karyanya hingga yang berupa pengendali tegangan yang memanfaatkan Keyboard sebagai controler. Bob mulai memamerkan karyanya pada konvensi Aes pada tahun 1964 dan mengajukan permohonan hak paten pada 1969.

Karya-karya yang diciptakan Bob terus berkembang. Pada tahun 1971 ia merilis Minimog Model D yang mampu merebut perhatian pelaku musik dunia. Instrumen tersebut dianggap sebagai portabel yang relatif terjangkau pada saat itu.

Bob meninggal pada 21 Agustus 2005 pada usia 71 setelah tak kuasa menahan serangan penyakit tumor otak yang diidapnya. Setelah Bob meninggal, keluarga besar Bob mendirikan Bob Moog Foundation sebagai sarana kreativitas di bidang musik, sains dan inovasinya. (kpl/adb)


Lihat Arsip Musik

- - -