Para Politisi Indonesia Ini Ternyata Juga Penyanyi

Penulis: Fajar Adhityo

Diperbarui: Diterbitkan:

Para Politisi Indonesia Ini Ternyata Juga Penyanyi
Kapanlagi.com - Bisa dibilang musik adalah bahasa internasional dan paling mudah dipahami oleh semua orang. Musik juga menjadi sarana penyampai pesan atau makna yang tertulis di dalam liriknya.


Musik dinikmati oleh semua kalangan termasuk para politisi di Indonesia. Menurut catatan yang dibuat oleh pengamat musik Indonesia, Denny Sakrie, ternyat ada beberapa orang penting di Indonesia yang memiliki bakat bernyanyi.


Di samping menjalankan tugas negara, ,ereka telah mengeluarkan album ataupun menggubah lagu yang diperdengarkan secara luas. Siapa saja mereka, yuk kita simak satu persatu


 

1. Soekarno

Presiden pertama Indoensia ini memiliki bakat seni yang luar biasa. Tak hanya pengagum sebuah karya, Soekarno juga mampu membuat sebuah karya di bidang musik.

Soekarno ikut aktif terlibat dalam rilis album bertajuk Mari Bersuka Ria dengan Irama Lenso (Irama Records 1965) yang melibatkan artis tersohor saat itu seperti Bing Slamet, Lilis Surjani, Nien Lesmana, Rita Zahara dan Jack Lesmana. Saat itu bersama pemusik-pemusik yang sering diundang ke Istana,Bung Karno meracik sebuah ragam musik yang berkarakter Indonesia yaitu Irama Lenso untuk menangkal British Invasion yang sering dianggap sebagai budaya kapitalis. Melalui lagu Soekarno juga menyindir lawan politiknya, Tengku Abdul Rachman dengan tampil secara live membawakan lagu Terang Bulan yang kabarnya menjiplak lagu Indonesia.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono juga memiliki bakat dalam bidang seni musik. Dia memberikan perhatian akan musik bangsa dengan merilis sebuah labum karyanya sendiri yang bertajuk Rindu Padamu.

SBY seakan memiliki kesibukan baru di sela tugas negara yang diberikannya. Dia juga telah merilis berbagai album yang sayangnya sedikit yang mengapresiasi, bahkan hobinya ini dijadikan serangan politik dan dianggap tidak serius dalam mengurus negara.

3. Wiranto

Mungkin tak banyak yang tahu jika Jendral satu ini telah memiliki satu album bertajuk Untukmu Indonesiaku. Album ini dirilis pada tahun 2000 di mana dia menyanyikan lagu bernuansa patriotik dengan kemasan keroncong.

Di album ini Wiranto juga menyanyikan lagu ciptaan Pance Pondaag yang berjudul Tak Ingin Sendiri. Sayangnya kariri ini tak ia teruskan lagi.

4. Amien Rais

Mantan ketua MPR periode 199-2004 ini juga pernah mengluarkan sebuah album bertajuk Campursari Reformasi pada tahun 2004. Di album ini Amien Rais menyanyikan 4 lagu gubahan dari Ki Narto Sabdo.

Album ini sempat dianggap bermuatan politik dan dianggap merupakan bagian dari kampanye. Pasalnya album ini beredar pada saat berlangsungnya kampanye pemilihan Presiden.

5. Basofi Sudirman

Masih pada ingat dengan lagu Tak Semua Laki-Laki? Yup lagu ini dipopulerkan oleh mantan Gubernur Jawa Timur, Basofi Sudirman. Lagu ciptaan Leo Waldy ini menjadi hits pada tahun 90-an di musik dangdut.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/faj)

Editor:

Fajar Adhityo

Rekomendasi
Trending