Musik Dangdut 'Goyang' Amerika

Jumat, 25 Mei 2007 18:10





  • Musik Dangdut 'Goyang' Amerika
    Ilustrasi
Kapanlagi.com - Musik dangdut, yang selama ini dipandang sebagai musik masyarakat pinggiran, tanpa diduga ternyata telah mampu 'menggoyang' Amerika, yang notabene dianggap sebagai kiblat industri musik dunia. Melalui program 'Dangdut In America', yang diprakarsai NSR Production, musik dangdut mulai disosialisasikan di negeri Paman Sam tersebut.

'Dangdut In America' sendiri merupakan sebuah program audisi publik Amerika, untuk belajar membawakan lagu dangdut dengan goyangan yang khas. Pelatihannya akan dilakukan di Amerika. Para kontestan akan diberikan beberapa judul lagu dan memilih sendiri lagu yang akan dibawakan nanti dalam bahasa Indonesia. Para finalis terpilih akan diterbangkan ke Indonesia untuk pentas di tengah masyarakat kita.

Dalam keterangan persnya di Bendies Café, Ampera, Jakarta Selatan, Kamis (24/5), Rissa Asnan - president NSR Production mengatakan, "Dengan adanya NSR Production di Amerika, maka pertukaran para artis dari kedua belah negara dapat direalisasikan. Para warga Amerika kini berpeluang untuk membangun prestasi musik di Indonesia.

"Hal yang serupa juga dapat dilakukan oleh warga Indonesia yang ingin mencari peluang untuk mengibarkan sayap di Amerika," tambahnya.

Sementara Mary Hufford, Professor Bidang Folklore & Ethnography University Of Pennsylvania, memandang ajang ini sebagai pertukaran seni dan budaya antara Indonesia dan Amerika.

"Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada bangsa Indonesia telah memberikan kami kesempatan untuk mempelajari budaya Indonesia," ujarnya.

Tentu ini menjadi koridor baru untuk dapat dimanfaatkan oleh para penyanyi Indonesia untuk 'go internasional' di belantika musik. Seperti halnya beragam aliran musik lainnya, yakni rap, jazz, country, alternative, blues dan metal yang berasal dari negeri Paman Sam dapat diterima oleh bangsa kita, kini sebaliknya masyarakat Amerika pun bisa menerima musik dangdut dari negeri kita. (kl/wwn)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -