Kisah Anggun C Sasmi, Gadis Lincah Yang Go Internasional

Penulis: Guntur Merdekawan

Diperbarui: Diterbitkan:

Kisah Anggun C Sasmi, Gadis Lincah Yang Go Internasional
Anggun/KapanLagi®
Kapanlagi.com - Anggun C Sasmi adalah salah satu diva popstar Indonesia yang terdepan saat ini. Dengan kemampuan suara yang sangat jempolan dan juga prestasi yang tak sedikit, ia selalu berhasil menjadi tambatan hati publik.


Penyanyi kelahiran Jakarta ini kerap dikenal sebagai sosok wanita yang seperti namanya, 'anggun' dan dewasa di tiap penampilan. Namun tahukah kalian jika Anggun dulunya adalah seorang gadis yang sangat lincah dan enerjik?


Yup, pada artikel ini kita bakal seret kamu ke masa lalu untuk mengikuti sepak terjang Anggun dari masa ke masa. Sudah siap? Langsung simak!

1. Diajari Nyanyi Jawa

Anggun lahir pada tahun 1974, merupakan buah hati dari pasangan seorang penulis lagu-lagu jawa, Darto Singo dan Dien Herdina. Memiliki darah keraton di dalam keluarga, Anggun langsung dididik dengan ketat sejak kecil.

Tepat di usia 7 tahun, sang ayah mulai mengarahkan Anggun ke arah dunia tarik suara dengan sebuah ajaran yang ketat dan disiplin. Hasilnya, karakter vokal Anggun mulai terbentuk dan terasah.

Di usia sembilan tahun, Anggun cilik sudah bisa menulis lagunya sendiri dan akhirnya merilis karya lagu anak-anak. Semakin jadi bahan perbincangan, di tahun 1986 akhirnya Anggun merilis album debut resminya, DUNIA AKU PUNYA.

Album debut Anggun

Di usia 14 tahun, Anggun masih terlihat sangat alami dan tampil enerjik. Dengan suara yang lebih memiliki karakter dibanding anak-anak lain seumurannya, ia dengan mudah merebut sorotan publik.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Ciptakan Label Sendiri

Menginjak usia 22 tahun, Anggun sudah berhasil menciptakan 3 buah studio album. Setelah album debutnya, ANAK PUTIH ABU-ABU dan NOCTURNO berhasil dirilis di tahun 1991 dan 1992.

Percaya diri dengan kemampuan bermusiknya yang makin digilai publik, Anggun mencoba untuk membuat gebrakan baru. Yup, tepat di tahun 1993 ia menciptakan sebuah label musik sendiri Bali Cipta Records, yang membuatnya dinobatkan sebagai penyanyi termuda pendiri recording label sendiri.

Anggun di cover single Takut

Menyusul prestasi tersebut, Anggun langsung tancap gas dan merilis album Indonesia terakhirnya, ANGGUN C. SASMI LAH...!!!. Album ini juga menandai perubahan signifikan dalam musik Anggun yang bisa dibilang berubah jadi makin dewasa.

Dengan peningkatan popularitas yang makin menggila, Anggun seakan tak puas hanya dengan prestasi lokal. Ia pun akhirnya memutuskan untuk...

3. Gagal di Inggris

Di usia 24 tahun, Anggun melakukan sebuah perjudian yang cukup berani. Dengan target pasar musik dunia, ia rela meninggalkan semua prestasi yang telah didapat di Indonesia demi Go Internasional.

"Saat aku menginjak usia 20an, aku telah membuat lima album. Aku telah membuat labelku sendiri. Aku juga sudah memproduseri musisi Indonesia lainnya. Aku bilang ke diriku sendiri, 'Aku capek! Aku sudah tak bisa mencapai lebih dari apa yang telah aku raih. Tak ada tantangannya lagi," tukas Anggun, seperti yang dilansir situs Wikipedia.

Dengan pernyataan itu, Anggun memutuskan tuk menjual recording label yang telah ia buat dengan susah payah demi biaya untuk Go Internasional. Walhasil, ia terbang ke Inggris bersama suaminya, Michel Georgea.

Langkah Anggun di Inggris tak berjalan lancar

Langkah untuk sukses di luar ternyata tak semudah yang dibayangkan. Di Inggris, Anggun mendapat sebuah permasalahan keuangan karena biaya hidup yang sangat tinggi. Selain itu, ia juga harus 'membuang' sifat introvert kejawen-nya dan berubah jadi penyanyi yang berani dan terbuka.

Setelah mengirim banyak demo ke recording label, Anggun banyak 'ditolak'. Hingga ia memutuskan untuk pindah ke negara lain demi meniti karir. Prancis jadi tujuan selanjutnya!

4. Album Debut Internasional

Di Prancis, nasib Anggun terbilang jauh lebih mulus. Ia bertemu dengan seorang produser musik kondang, Erick Benzi, yang sebelumnya pernah bekerja dengan musisi papan atas macam Celine Dion.

Finally! Album debut pertama Anggun berbahasa Prancis dirilis, judulnya AU NOM DE LA LUNE. Dari sini, gaya musik Anggun yang di Indonesia cenderung pop rock, berubah jadi lebih klasik dan makin dewasa, berkat polesan sang produser Erick.

Anggun sukses besar di Prancis berkat album debut Internasionalnya

Bahkan single pertama dari album itu, La neige au Sahara sukses merajai tangga lagu Prancis saat kali pertama dirilis ke publik. Mendapati response yang sangat baik di negeri orang, Anggun membuat versi Bahasa Inggris dari albumnya, SNOW ON THE SAHARA.

Album versi Inggris tersebut dirilis di 33 negara berbeda dari semua benua. Tak mau lupa negara sendiri, Anggun menyisipkan sebuah lagu Bahasa Indonesia bertajuk Kembali yang juga dapat respons sangat baik di sini.

5. Kuasai Prancis

Setelah tertatih-tatih di awal langkah Go Internasional, akhirnya Anggun bisa bernafas lega dengan rilisan albumnya di Prancis yang menuai sukses besar. Tapi ia tak berhenti di situ saja.

Empat buah album susulan ia rilis dalam jarak waktu 11 tahun hidup di Prancis. Keempat album itu, CHRYSALIS, LUMINESCENCE, ELEVATION, dan ECHOES, masing-masing dibuat dalam dua versi, yakni Inggris dan Prancis.

Makin jadi idola di Prancis

Hingga saat ini, nama Anggun sudah sangat akrab di telinga dunia, terutama Prancis. Ia juga dinobatkan menjadi artis Indonesia pertama yang paling sukses di kancah Internasional.

Di tahun 2013, Anggun akhirnya mendapat tawaran untuk menjadi juri di salah satu ajang pencarian bakat, X Factor Indonesia. Ia ditengarai menjadi juri dengan bayaran tertinggi di antara yang lainnya.

6. Penghargaan World Music Awards

Di tahun 2014, berita bahwa Anggun terpilih sebagai perwakilan Indonesia untuk tampil di ajang penghargaan dunia, World Music Awards 2014 ramai jadi perbincangan. Selain tampil di atas panggung bersama musisi-musisi papan atas dunia lain, ia juga masuk dalam nominasi.

Istimewanya, Anggun berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih sebuah penghargaan Best Selling Indonesian Artist. Sebuah penghargaan yang diberikan untuk musisi Indonesia dengan penjualan Internasional terbanyak.

Anggun makin diakui dunia

Kini Anggun memang sudah tak seaktif dulu dalam bermusik, namun dalam beberapa kesempatan tampil, suara malaikat Anggun masih sangat terasa hangat di telinga. Ia kini sudah bukan lagi gadis liar yang dulu lincah dan enerjik, melainkan wanita dewasa yang penuh pesona.

Salut buat Anggun! Mari kita tunggu bersama karya dan gebrakan baru darinya!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/gtr)

Rekomendasi
Trending