Kartini di Bidang Musik, Pengharum Nama Bangsa

Penulis: Fajar Adhityo

Diperbarui: Diterbitkan:

Kartini di Bidang Musik, Pengharum Nama Bangsa
Kapanlagi.com - Perjuangan modern tak harus mengangkat senjata, melainkan dari berbagai aspek bidang seperti halnya musik. Sebuah karya bisa mengharumkan nama bangsa ke jenjang internasional.


Seperti yang dilakukan oleh penyanyi ini, yang totalitas dalam berkarya dan berharap agar musik Indonesia bisa terdengar di seluruh dunia. Pastinya kita juga merasa bangga ada perwakilan yang bisa mewujudkan serta memberikan dukungan.


Berikut kartini-kartini modern yang berjibaku atas nama Indonesia.


 

1. Agnes Monica

Keuletan Agnes Monica untuk berkarya di kancah dunia kini membuahkan hasil. Tak sia-sia apa yang ia perjuangkan meski cemoohan terus menerpa dirinya.

Bagi Agnes tak muluk-muluk dalam mewujudkan impiannya, meski sempat dianggap kurang nasionalis karena dandanannya yang telah berubah. Namun klip Coke Bottle membungkam celotehan para haters di mana Agnes tampil memakai kebaya di klip tersebut. Rasanya kita pantas berbangga memiliki Agnes yang berjibaku di sana.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Anggun C Sasmi

Salah satu penyanyi yang sukses mewujudkan impiannya untuk bisa bertarung di belantika musik internasional. Keputusan Anggun pindah ke Perancis membuahkan hasil dengan keluarnya debut album internasional bertajuk SNOW ON THE SAHARA. Album ini memperoleh sambutan yang luar biasa di 33 negara.

Tak hanya itu saja, album ini memiliki 2 versi di mana Anggun menyanyikan dalam bahasa Perancis dan Inggris. Kesuksesan Anggun tak lepas dari bantuan Erick Benzi, komposer besar asal Perancis yang mengetahui bakat luar biasa yang terpendam pada dirinya. Mantan lady rocker ini yang mengeluarkan 4 album internasional ini sempat tercatat sebagai penyanyi Asia paling sukses di kancah internasional.

3. Gita Gutawa

Meski bayang-bayang nama besar ayahnya yang sebagai komposer terkenal, namun Gita Gutawa berhasil menemukan jati dirinya sendiri. Penyanyi yang memiliki suara unik ini berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah festival internasional.

Gita berhasil menjadi juara umum dalam ajang bergengsi 6th International Nile Song Festival di Kairo, Mesir beberapa tahun yang lalu. Di festival tersebut dia menyanyikan lagu To Be One, lagu yang mengangkat tema perdamaian dunia yang membuat dirinya menerima hadiah dari Ibu negara Mesir, Suzanne Mubarak.

4. Sherina Munaf

Meski tanpa gembar-gembor ingin go international, Sherina cukup membuktikan dengan karya yang ia buat. Dia terpilih menjadi perwakilan Indonesia untuk mengisi acara amal yang digelar oleh Jackie Chan untuk korban gempa tsunami di Jepang.

Tak hanya itu saja, Sherina juga mengharumkan nama bangsa dengan ditunjuk sebagai duta One Young World pada tahun 2011. Sebagai perwakilan generasi muda, Sherina memberikan imej positif dan menginspirasi para pemuda-pemudi lainnya.

5. Dira Sugandi

Mungkin saja hanya beberapa orang saja yang tahu akan sosok Dira Sugandi, namun melihat jam terbangnya di dunia musik pastinya akan membuat kita membelalakkan mata. Para musisi legendaris pun memiliki kesan tersendiri saat berduet dengan Dira.

Mulai dari Keith Martin, Incognito hingga Andrea Bocelli pun terkesan dengan suara yang dimiliki Dira. Bahkan personel Incognito, Bluey pun tertarik menjadi produser untuk album Dira. Sang diva ini berhasil mengharumkan nama bangsa dengan kemampuan yang ia miliki.

6. Reza Ningtyas Lindh

Reza Ningtyas adalah penyanyi asal Indonesia yang mengikuti acara Idol di Swedia pada tahun 2009. Mantan peserta Asia Bagus tahun 1995 ini ternyata berhasil menancapkan posisi di 5 besar di antara penyanyi Swedia lainnya yang memiliki kans besar dengan dukungan terbanyak.

Hal ini membuktikan bahwa kemampuan Reza bukan biasa-biasa saja. Bahkan para juri Swedia Idol pun menilai karakter suara Reza yang dianggap unik dan berbeda dengan penyanyi lainnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/faj)

Editor:

Fajar Adhityo

Rekomendasi
Trending