James Hetfield: Bermain Musik Selamatkan Hidupku

Penulis: Arai Amelya

Diperbarui: Diterbitkan:

James Hetfield: Bermain Musik Selamatkan Hidupku James Hetfield ©AFP
Kapanlagi.com - James Hetfield, vokalis sekaligus gitaris dari band metal kelas dunia, Metallica yakin bahwa para penggemarnya nggak bakal benar-benar suka padanya. Ia menganggap para fans nggak tahu kisah hidup dan hal-hal mengerikan yang telah dilakukannya.


Pada 2001, ia masuk rehabilitasi saat band-nya tengah merekam St. Anger. Hetfield harus bertempur melawan kecanduan alkohol dan zat adiktif lainnya. Perjuangannya itu didokumentasikan dalam film SOME KIND OF MONSTER.


Bermain musik menyelamatkan hidupku. Setiap harinya hidupku diselamatkan. Saat aku menulis beberapa lirik dan melakukan hal-hal lewat musik, kurasa ini caranya aku berhubungan lagi dengan dunia.
James Hetfield




Lepas dari kecanduan, Hetfield menjadi pendukung organisasi non-profit yang membantu muda-mudi memerangi kecanduan. Dalam sebuah wawancara, Hetfield mengungkapkan bagaimana kecanduan hampir menghancurkan hidup dan hubungan dengan sekitarnya.


Metallica, makin tua makin dewasa ©FameflynetMetallica, makin tua makin dewasa ©Fameflynet


"Kamu tak akan benar-benar menyukaiku kalau kalian tahu ceritaku dan tahu hal-hal mengerikan yang kulakukan. Aku mencoba untuk memenuhi kecanduan itu karena aku punya sekelompok orang di mana aku bisa mendapatkan benda-benda tersebut. Benar-benar memalukan, sangat kelam. Bahkan beberapa di antaranya kudapat usai mengambil benda milik orangtuaku," ungkap Hetfield pada Road Recovery.


Untuk melawan kecanduannya, Hetfield pun akhirnya menjalani proses rehabilitasi selama tujuh bulan, "Bermain musik menyelamatkan hidupku. Setiap harinya hidupku diselamatkan. Saat aku menulis beberapa lirik dan melakukan hal-hal lewat musik, kurasa ini caranya aku berhubungan lagi dengan dunia," seperti dilansir Rolling Stones.


Sungguh, perjuangan Hetfield begitu keras dan keinginannya untuk jadi lebih baik sangatlah kuat ya.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(rol/aia)

Editor:

Arai Amelya

Rekomendasi
Trending