Iwan Fals Kembali Berteriak Politik

Jumat, 30 April 2004 19:38 | 

Iwan Fals



  • Iwan Fals Kembali Berteriak Politik
    Ilustrasi
Kapanlagi.com - Apakah selamanya politik itu kejam? Apakah selamanya dia datang `tuk menghantam? Demikian bunyi lirik lagu Sumbang karya Iwan Fals. Apapun suara miring Iwan soal politik, toh tema itu banyak menghiasi lagu-lagu pria kelahiran Jakarta, 3 September 1961 ini. Baru-baru ini saja, Iwan kembali meluncurkan album bertema politik bertajuk "Manusia 1/2 Dewa". Album yang terdiri dari 12 lagu tersebut sengaja diluncurkan berbarengan dengan ajang Pemilihan Umum 2004.

Iwan mengaku sempat muak dengan politik. Tapi, jika terus-terusan tak peduli, suami Rosanna itu khawatir bangsa ini akan tambah hancur. Sebab itulah, dia merasa terpanggil lagi bersuara lantang mengkritik kondisi negeri yang baru belajar berdemokrasi ini. "Kalau kita jadi apatis, jangan disalahin [negara] tambah brengsek," kata lelaki yang terlahir dengan nama Virgiawan Listianto ini.

Sebenarnya, ke-12 lagu dalam Manusia 1/2 Dewa diciptakan sejak lengsernya Presiden Soeharto, enam tahun silam. Bahkan, album ini sempat direncanakan keluar pas Pemilu 1999. Namun karena berbagai hal, menurut Iwan, album tersebut baru rampung sekarang. (sct/dar)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)