Ini Nih Soundtrack Film Keren di Tahun 2014, Sudah Pada Dengar?

Penulis: Rifky Rifanda Sakti

Diterbitkan:

Ini Nih Soundtrack Film Keren di Tahun 2014, Sudah Pada Dengar?
Musisi yang merilis soundtrack film di tahun 2014 Sumber: Istimewa
Kapanlagi.com - Sebuah film layar lebar tak akan menjadi sempurna jika tidak memiliki sebuah soundtrack yang mewakili cerita dari film tersebut. Karena selain akting, pengambilan gambar dan suguhan visual efek, film akan semakin bernyawa jika didukung dengan tata suara serta lagu yang apik.


Untuk itu, para rumah produksi yang sedang menggarap sebuah proyek film, pasti menggandeng musisi untuk mengisi lagu dari film-nya tersebut. Selain itu, sebuah soundtrack juga bisa digunakan untuk ajang promosi sebelum film itu di rilis.


Tak jarang juga, dengan musisi dipercaya untuk mengisi soundtrack film, maka dapat semakin meningkatkan kredibilitas dan kualitasnya sebagai seniman musik. Karen membuat soundtrack film itu tidaklah mudah, sang musisi harus menyesuaikan mood lagu dengan tema yang ada di cerita keseluruhan film tersebut.


Di tahun 2014 ini, sudah banyak film keren yang bermunculan, dan juga disertai soundtrack yang tak kalah bagus dengan film-nya. Berikut akan dibahas, beberapa soundtrack film tahun 2014 yang tak boleh kamu lewatkan.

1. Lorde - Yellow Flicker Beat

Yellow Flicker Beat merupakan lagu dari Lorde yang bakal menjadi soundtrack utama dari film THE HUNGER GAMES: MOCKINGJAY PART 1. Lagu ini telah di rilis pada 29 September kemarin oleh Republic records.

Lagu ini diciptakan oleh Lorde dengan bantuan dari Joel Little, serta diproduseri oleh Paul Epworth. Soundtrack ini masih menyajikan gaya bermusik Lorde yang terdengar gelap dan gloomy.

Dirinya di sini mencampurkan unsur musik art pop dan elektronik pop yang masih mengingatkan kita dengan rilisan awalnya, THE LOVE CLUB EP dan debut albumnya, PURE HEROINE. Proses rekaman lagu ini dilakukan selama dua hari pada 28 - 29 Agustus kemarin, di Lakehouse Recording Studio.

Jika penasaran seperti apa lagu Yellow Flicker Beat ini, silahkan dengar di sini:

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Imagine Dragon - Battle Cry

Kalau kalian sudah melihat film TRANSFORMERS: AGE OF EXTINCTION, pastinya tahu dengan lagu ini. Yup, Battle Cry dari Imagine Dragon yang menjadi lagu utama untuk mengisi theme song di film ini.

Lagu ini diciptakan oleh Steve Jablonsky dengan dibantu oleh komposer Hans Zimmer bersama Imagine Dragon. Lewat Battle Cry ini, Imagine Dragon mampu untuk membawa emosi film ke dalam aransemen musik mereka.

Dengan durasi empat setengah menit, lagu ini dibuka dengan permainan piano dan alunan gitar akustik yang terdengar murung dan suram. Di pertengahan menit, atmosfir lagu seakan 'meledak' dengan ketukan drum yang repetitif serta diperkuat oleh iringan orkestra yang megah.

Untuk mengingatkan kembali, yuk mari simak lagunya di sini:

3. Trent Reznor - Sugar Storm

Sugar Storm merupakan lagu dari Trent Reznor yang menjadi salah satu soundtrack dari film GONE GIRL. Disini, dirinya menggarap hampir keseluruhan theme song dalam film ini bersama Atticus Ross.

Lagu ini lebih mengarah ke jenis instrumental yang dipenuhi dengan permainan musik elektronik dan ambience. Mendengar Sugar Storm, seperti dibawa mengawang ke dalam kesunyian dan kemurungan.

Soundtrack yang dibuat oleh Trent Reznor ini benar-benar mewakili cerita yang ada dalam GONE GIRL, yang  membawa suasana seram dan merinding. Untuk album soundtrack-nya sendiri, sudah di rilis pada 30 Spetember 2014 kemarin oleh Columbia Records.

Penasaran seperti apa lagunya? Silahkan simak saja di sini:

 

4. Lana Del Rey - Once Upon A Dream

One Upon A Dream merupakan lagu yang dibawakan oleh Lana Del Ray untuk mengisi sountrack film MALEFICENT. Lagu ini telah di rilis pada 26 Januari 2014 kemarin, dan tersedia melalui Google Play Store.

Sebenarnya lagu ini bukan asli ciptaan Lana Del Ray, tapi merupakan versi cover dari original soundtrack THE SLEEPING BEAUTY buatan tahun 1959. Kali ini, Lana membawakn lagu ini dengan aura yang terasa gelap dan murung.

Mungkin lebih tepatnya, mengarah ke musik dream pop dan baroque pop. Banyak kritikus musik dunia yang memberikan pujian dari Once Upon A Dream versi penyanyi cantik ini.

Menurut mereka, dirinya benar-benar bisa untuk membawakan mood dalam film melalui lagu ini. Penasaran? yuk simak lagunya di sini:

5. Alicia Keys - Its On Again

It's On Again merupakan lagu karya Alicia Keys yang berkolaborasi bersama rapper Amerika, Kendrick Lamar. Lagu ini ditulis untuk dijadikan soundtrack dari film THE AMAZING SPIDERMAN 2.

Lagu berdurasi hampir empat menit ini, dibuka dengan suara rap dari Kendrick Lamar dengan diiringi dentingan piano Alicia. Yang di beberapa menit kemudian, suara merdu Keys masuk bersama dentuman drum, bass yang mulai meramaikan lagu.

Secara aransemen, lagu ini masih kental akan unsur musik R&B, dengan beberapa sentuhan orkestra di dalamnya.  Setelah di rilis pada 31 Maret kemarin, Its On Again sukses masuk ke dalam urutan atas di Billboard Adult R&B.

Penasaran? Yuk dengerin lagunya di sini:

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/fnd)

Rekomendasi
Trending