Christopher Abimanyu Bawakan Tembang Jawa Versi Seriosa

Jumat, 09 Mei 2008 08:13 | 

Christopher Abimanyu


Kapanlagi.com - Penyanyi tenor Christopher Abimanyu mengaku mendapat pengalaman baru ketika untuk pertama kalinya diminta membawakan Tembang Jawa dengan gaya seriosa oleh kelompok musik Kua Etnika.

"Ini pertama kali buat saya nembang dengan gaya seriosa," kata Christopher usai konser Vertigong oleh Kua Etnika bersama Komposer Purwanto di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Rabu (7/5) malam.

Christopher tampil sebagai bintang tamu dalam konser tersebut yang memadukan musik jazz dengan gamelan Jawa. Pria asal Yogyakarta ini didaulat untuk menyanyikan lagu Tumungkul yang berarti menunduk.

"Lagu ini menggunakan Bahasa Jawa Inggil yang sangat halus sehingga awalnya kesulitan mengerti artinya," kata penyanyi kelahiran Bandung pada 1970 itu.

Christopher memerlukan waktu dua pekan untuk mempelajari materi lagu dan syair lagu itu. Ia mendapat kebebasan untuk membawakan lagu tersebut sesuai gaya sendiri, sedangkan sang komposer hanya memberikan arahan tentang arti syairnya.

"Saya diberi lagu rekaman suara Mas Purwanto sudah dengan musiknya. Saya senang terlibat dalam konser ini, artinya ada pengetahuan baru yang saya peroleh," lanjutnya.

Sebagai orang yang pertama kali menyanyikan lagu jawa dalam bentuk seriosa, Christopher mendapat sambutan meriah dari penonton. Tepuk tangan bergemuruh ketika ia menyelesaikan lagu yang terdengar unik karena 'pertemuan' gamelan dan vokal tenornya.

Penampilannya malam itu juga terlihat berbeda dengan penampilan panggung Christopher biasanya. Kali ini ia hanya berkemeja dan celana panjang hitam, terlihat lebih santai dibandingkan penampilannya dalam konser musik orkestra yang berkemeja stelan dipadu jas warna hitam atau putih, lengkap dengan dasi kupu-kupu.

Christopher Abimanyu merupakan penyanyi seriosa terbaik yang dimiliki Indonesia. Ia meraih juara pertama pada Pemilihan Bintang Radio dan Televisi kategori seriosa remaja untuk tingkat Jawa Barat dan Nasional dua kali berturut-turut pada 1985 dan 1987. (*/boo)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

ON STAGE

CHRISTOPHER ABIMANYU : BERITA FOTO



CHRISTOPHER ABIMANYU : GALERI FOTO

  • christopher-abimanyu-018.jpg
  • christopher-abimanyu-014.jpg