Aturan Baru, Penyanyi Cover Song Bakal Kena Denda

Penulis: Fajar Adhityo

Diterbitkan:

Aturan Baru, Penyanyi Cover Song Bakal Kena Denda Ilustrasi
Kapanlagi.com - Mencari peruntungan agar bisa menjadi profesional saat ini sangatlah mudah. Hanya tinggal mengcover salah satu lagu yang populer dan menguploadnya di Youtube sembari menunggu pemandu bakat yang mencari talenta baru untuk tawaran rekaman.

Kecanggihan teknologi saat ini memang memudahkan apapun, termasuk dunia musik. Jika tak ada tawaran dari pihak label, seandainya memiliki potensi, penyanyi itu akan menjadi artis Youtube dan terkadang mendapat tawaran job off line tersendiri untuk hadiri dalam sebuah acara.

Euforia bintang dadakan ini ternyata tak disambut baik dengan pemilik lagu aslinya. Mereka merasa dikecewakan karena karyanya dipakai tanpa izin. Hingga kekesalan ini berada pada puncaknya dengan keluarnya peraturan terbaru.

Eksistensi bintang YouTube kini mulai terancam. Denda besar mengancam mereka apabila nekat untuk menyanyikan atau mempopulerkan lagu orang lain seperti yang biasa dilakukan tanpa izin pemiliknya.

Label electronic dance music, Ultra Music yang juga menaungi Deadmau5 dan artis ngetop lainnya baru saja menuntut bintang Youtube dengan tuduhan pelanggaran hak cipta. Label tersebut menuntut sebesar 1 miliar karena menggunakan hampir 50 lagu yang dirilis tanpa izin.

Ternyata artis tersebut tidak tahu bahwa dia harus izin dengan pencipta lagu. Kealfaan ini diakibatkan dua hal, yang pertama dia sudah terkenal di Youtube dan bermitra dabn kedua, popularitasnya mengantarkan dia bekerja sama dengan perusahaan besat yang menyokongnya.

Sepertinya aturan ini bakal diterapkan sepenuhnya. Wajar jika musisi panik, karena mereka yang membuat karya namun dipopulerkan oleh orang lain. Bahkan yang menggunakan tanpa izin untuk kepentingan bisnis dan lainnya.


Dengan adanya aturan ini, bisa jadi fenomena penyanyi cover akan menghilang dengan sendirinya. Kira-kira bagaimana menurut kalian dengan peraturan ini?

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/faj)

Editor:

Fajar Adhityo

Rekomendasi
Trending