Anthem Piala Dunia Brazil, Lebih Cocok Lagu Pitbull Atau Shakira?

Penulis: Guntur Merdekawan

Diperbarui: Diterbitkan:

Anthem Piala Dunia Brazil, Lebih Cocok Lagu Pitbull Atau Shakira?
Shakira & Pitbull/KapanLagi®
Kapanlagi.com - Gong pembukaan ajang Piala Dunia 2014 sudah makin nyaring terdengar. Gelaran sepak bola terbesar dunia yang akan diadakan di Brasil ini sudah bisa kita nikmati bersama mulai dini hari (13/6) nanti.


Mengikuti panasnya suasana tim-tim dunia yang akan bersaing memperebutkan piala bergengsi tersebut, sebuah persaingan lain muncul. Yap, pembicaraan panas banyak terjadi di media-media dunia maya mengenai pemilihan anthem dari Piala Dunia 2014.


Lagu yang terpilih secara resmi memang We Are One (Ole Ola) milik Pitbull yang berduet dengan Jennifer Lopez dan Claudio Leitte. Namun banyak pihak yang menyebutkan bahwa sebenarnya lagu Shakira, Dare (La La La) lebih pantas untuk menjadi anthem utama gelaran empat tahun sekali itu.


[likebattle:Pitbull|Shakira]


Nah, mari kita bahas dulu data dan fakta kedua lagu yang bakalan kita dengerin selama sebulan penuh ini sebelum menentukan siapa yang seharusnya lebih pantas jadi lagu utama. Baca terus sampai akhir dan kalian tentukan mana yang paling jadi favorit kalian ya!

1. Pitbull Andalkan Rekan Artis

Kita bahas lagu utama yang jadi bahan perbincangan dulu, We Are One (Ole Ola) milik Pitbull. Penyanyi berkepala plontos ini mempunyai senjata utama yang akhirnya mampu membuat lagunya terpilih.

Yap, hal itu tidak lain karena kehadiran duo wanita cantik yang turut hadir sebagai kolaborator Pitbull. Mereka adalah Jennifer Lopez, sang diva popstar dunia, beserta Claudio Leitte yang merupakan penyanyi berdarah Brasil.

Kehadiran J-Lo yang berdarah latin memang adalah sebuah pemilihan yang tepat, mengingat Brasil masih dekat sekali dengan aroma latin-nya. Sedangkan Leitte bisa disebut sebagai senjata rahasia Pitbull untuk merebut hati publik Brasil karena penyanyi satu ini sudah sangat terkenal di negara lahirnya olahraga sepak bola tersebut.

Satu hal yang harus dicatat adalah kemunculan J-Lo dan Leitte sendiri di lagunya terbilang sangat singkat. Pitbull sebagai tokoh utama rupanya tak mau perannya tertutupi dua bidadarinya tersebut dengan tampil lebih lama.


Video by: PitbullVEVO

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Shakira Undang Bintang Sepak Bola

Single Shakira yang bertajuk Dare (La La La) memang terpilih untuk masuk album kompilasi soundtrack resmi Piala Dunia 2014. Namun sayangnya, lagu dari penyanyi latin satu ini tidak ditunjuk sebagai anthem utama Piala Dunia 2014.

Nah, pada lagunya itu, Shakira juga mengundang seorang musisi reggae dan perkusi asal Brasil, Carlinhos Brown untuk memberi warna musik tradisional brasil yang sangat samba. Namun senjata utama wanita berusia 37 tahun ini sendiri bukan cuma di situ.

Yap, mempunyai suami pesepak bola yang bermain di klub ternama memberi Shakira keuntungan tersendiri. Ia mengajak Gerard Pique dan teman-temannya yang tergabung di klub sepak bola Barcelona untuk ikutan tampil di klip Dare (La La La). Mereka adalah nama-nama beken macam Lionel Messi, Neymar, Daniel Alves, dan beberapa lainnya.

Kehadiran mereka tentunya membuat suasana sepak bola itu sendiri sangat terasa di lagunya. Belum lagi Neymar dan Daniel Alves adalah dua olahragawan yang memang berasal dari Brasil.


Video by: shakiraVEVO

3. Lirik dan Bahasa

Lirik lagu dan Bahasa yang dipakai untuk lagu anthem Piala Dunia adalah salah satu faktor paling penting. Lagu-lagu yang terpilih untuk ajang sebelumnya selalu disesuaikan dengan kota yang menghelat acara tersebut.

Nah, karena kali ini Brasil bertindak sebagai tuan rumah, maka publik tentunya ingin mendengar banyak Bahasa Portugis di dalamnya. Bagaimana dengan lagu Pitbull dan Shakira ini?

Kedua lagu itu memang masih berporos pada lirik Bahasa Inggris yang jadi Bahasa Internasional. Namun masing-masing menyisipkan beberapa penggalan lirik Bahasa Portugis di dalamnya.

Pitbull sendiri menyerahkan pelafalan Bahasa Portugis pada partner duetnya Leitte di penghujung lagu. Sedangkan Shakira sudah langsung menunjukkan hal tersebut di awal lagu melalui kolaboratornya, Carlinhos.

Dari segi makna lirik, Pitbull lebih menekankan ke arah persatuan berbagai negara. Di mana Shakira lebih condong mempromosikan olah raga sepak bola itu sendiri.

4. Visual Klip

Nah, visual dari klip kedua kubu ini yang banyak jadi perbincangan utama publik. Tak kalah dengan lirik dan bahasa, tampilan klip juga jadi salah satu faktor penting untuk mendukung pantas atau tidaknya sebuah lagu jadi anthem Piala Dunia.

Shakira bisa dibilang lebih sukses di perbandingan satu ini. Seperti yang diketahui, ia mengundang nama-nama pesepak bola yang kondang untuk tampil di sana. Selain itu, aroma sepak bola benar-benar tersaji karena di sebagian besar momen klipnya, bola selalu terlihat menggelinding dan dimainkan oleh berbagai macam orang. Mulai dari anak-anak, Shakira sendiri, hingga para pemain bola yang diundang tadi.

Pitbull sendiri mencoba menghadirkan suasana yang berbeda. Ia terlihat lebih banyak berjoget bareng para penari samba di sepanjang lagu. Untuk menambah aroma sepak bola, penyanyi asal Spanyol ini 'cuma' menghadirkan cuplikan klip-klip Piala Dunia yang sudah terjadi.

Nah, untuk hal satu ini, mana yang visual klipnya paling berkesan buatmu?

5. Pilihanmu Jatuh Pada?

Setelah kita bahas kekuatan masing-masing dari kedua kubu, pastinya kita sudah bisa menarik garis besar kesimpulan mana yang lebih baik. Perlu diingat bahwa lagu dari Pitbull maupun Shakira mempunyai aroma-aroma yang memang berbau sepak bola atau samba.

Walaupun sebagian besar orang cenderung lebih menyukai lagu Shakira, namun tak sedikit pula yang mendukung Pitbull. Nah, berikut adalah salah satu screenshot hasil polling perbandingan antara kedua lagu itu di situs lain.

Polling menurut situs Billboard/Billboard©

Kalian pasti punya pendapat lain tentang hal ini kan? Coba kalian lempar komentar kalian di kolom bawah.

Selamat menikmati lagunya dan Piala Dunia!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending