Anggun Wakili Perancis di Eurovision Song Contest 2012

Sabtu, 11 Februari 2012 14:01 | 

Anggun C Sasmi

Anggun Wakili Perancis di Eurovision Song Contest 2012
Anggun C Sasmi





Kapanlagi.com - Kiprah Anggun C Sasmi di luar negeri kian merona. Setelah sukses menjual albumnya di berbagai negara dan macam-macam penghargaan bergengsi di dunia musik, kali ini penyanyi kelahiran Jakarta, 29 April 1974 itu akan mewakili Perancis di Eurovision Song Contest 2012, yang merupakan ajang kompetisi musik prestisius di Eropa.

Ajang yang menginjak usia 57 tahun itu bakal digelar di Baku, Azerbaijan. Setiap tahunnya, ada lebih dari 40 negara di Eropa yang mengirimkan wakilnya untuk mengikuti kontes ini. Bahkan tercatat, ABBA dan Celine Dion pun pernah ikut acara ini.

Di Eurovision Song Contest 2012, rencananya Anggun akan membawakan lagu andalannya berjudul Echo (You And I) yang disadur dalam bahasa Perancis dan Inggris. Lagu ini diproduseri musisi terkenal Perancis yakni William Rousseau dan Jean-Pierre Pilot. Anggun sendiri juga terlibat dalam penulisan lirik, sedangkan mix engineernya dipercayakan kepada Veronica Ferraro, musisi yang sering berkolaborasi dengan DJ kondang David Guetta. Hasilnya?Ssungguh mengagumkan. Sebuah komposisi musik yang catchy, modern, dengan elemen musik rock ber-up beat tempo.

Terpilihnya Anggun sebagai duta Perancis tentu saja telah melalui pertimbangan yang sangat matang. Anggun dianggap sebagai sosok yang tepat mewakili masyarakat Perancis saat ini yang heterogen. Prestasi Anggun sendiri tidak perlu dipertanyakan. Anggun telah dikenal luas di daratan Eropa sejak SNOW ON THE SAHARA dirilis di lebih dari 33 negara. Anggun tercatat menjadi salah satu artis Perancis yang penjualan albumnya terlaris. Puncaknya adalah saat Anggun dianugerahi nominasi penghargaan 'Victories de la Musique' oleh French Music Awards.

Sementara itu, untuk kontes Eurovision Song Contest 2012, nantinya seluruh kontestan akan berlaga selama beberapa putaran. Kontestan yang lolos dari penilaian dewan juri akan mengikuti babak Semi Final pada 22 dan 24 Mei 2012, yang akan dilanjutkan ke Grand Final pada 26 Mei 2012. Pemenang akan ditentukan oleh voting juri sebesar 50% dan polling pemirsa televisi sebesar 50%. Menariknya, pemirsa tidak boleh memilih finalis dari wakil negaranya sendiri.

Anggun yang masih mencintai Indonesia dan tetap merasa sebagai orang Indonesia melihat bahwa event ini tidak sekedar kompetisi yang dibatasi oleh benua saja. Musik baginya adalah sesuatu yang universal, tanpa sekat apapun. Siapapun bisa menikmati dan ikut memberikan dukungan pada event ini. Untuk itu, melalui press release yang diterima KapanLagi.com, ia memohon dukungan kepada para pencinta musik di Indonesia agar ia bisa tampal prima di ajang ini.

Ayo dukung Anggun di Eurovision Song Contest 2012. Simak langsung di website resminya di http://www.eurovision.tv.     (kpl/prl/boo)



Lihat Arsip Musik

- - -