8 Rahasia di Balik Album Nirvana, 'IN UTERO'

Penulis: Adhib Mujaddid

Diperbarui: Diterbitkan:

8 Rahasia di Balik Album Nirvana, 'IN UTERO'
Nirvana @foto: fineartamerica.com
Kapanlagi.com - 20 Tahun sudah para penggemar musik grunge ala Nirvana dibuat kagum dan terpuaskan dengan album IN UTERO. Album ini sangat terkenal dan berpengaruh perkembangan musik. Bahkan dua personel Nirvana tersisa, Dave Grohl dan Krist Novoselic sepakat untuk merilis ulang IN UTERO bulan ini.


Di balik kisah sukses tersebut, ada beberapa rahasia yang wajib kamu tahu di album IN UTERO. Rahasia ini akhirnya terbongkar seiring berjalannya waktu. Apa saja rahasia itu? Simak halaman berikut ini.


 

1. Alat Vital Courtney dan Penderita kanker

Salah satu lagu andalan di album ini, Heart-Shaped Box diciptakan Kurt Cobain setelah dirinya menyaksikan film dokumenter tentang anak-anak penderita kanker.

"(Film itu) membuatku sedih lebih dari apapun yang pernah aku pikirkan," ujar Cobain.

Tahun lalu, istri Cobain, Courtney Love menyebut lagu yang awalnya berjudul Heart-Shaped Coffin ini sebenarnya bercerita tentang alat vitalnya. Tentu saja pengakuan baru ini menghebohkan para penggemar Nirvana.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Proses Rekaman

Album IN UTERO mulai digarap pada 12 Februari 1993 di studio terpencil, Pachyderm Studios di Cannon Falls, Minnesota. Seluruh rekaman berakhir pada 26 Februari.

Pachyderm Studios sendiri akhirnya dijual pada 2011 lalu dan baru terjual pada 2012. Nama studio pun telah diganti menjadi Seedy Underbelly North.

3. Obat Aborsi

Apa lagu favoritmu di album IN UTERO? Pennyroyal Tea? Kalau iya, berarti kamu harus tahu makna tersembunyi di balik lagu ini.

Yang dimaksud Pennnyroyal Tea jelas bukan teh. Pennyroyal Tea adalah sebuah tanaman yang sering digunakan teman-teman Cobain untuk membantu proses aborsi.

Cobain menjelaskan bahwa lagu ini ia tulis untuk salah satu temannya yang sedang mengalami depresi akut. Siapa yang dimaksud? Cobain tidak pernah membocorkannya.

4. Diboikot Walmart dan K-Mart

Dua toko kaset ternama, Walmart dan K-Maty sempat menolak untuk mendistribusikan album IN UTERO. Alasannya, pada album ini terdapat gambar janin yang tak pantas diletakkan pada bagian cover. Satu lagi alasan mereka adalah keberadaan single yang terlalu kasar, Rape Me.

Cobain dan kawan-kawan akhirnya mengalah. Gambar janin mereka hilangkan. Sedangkan judul single Rape Me mereka ubah menjadi Waif Me.

5. Judul Alternatif

Sebelum sepakat dengan judul-judul di album IN UTERO, Kurt, Dave dan Krist sebenarnya pernah mempertimbangkan nama-nama lain.

Judul-judul tersebut antara lain adalah:
Punky New Wave Number (Very Ape)
New Poopie (Tourette's)
Nine Month Media Blackout (Radio Friendly Unit Shifter)
Milk Made (Milk It)
I'll Take You Down To The Pavement (Gallons of Rubbing Alcohol Flow Through The Strip)
La La La: Alternateen Anthem (All Apologies).

6. Dianggap Sampah

Reaksi pertama dari pihak manajemen dan label terhadap album IN UTERO ternyata sangat buruk. Bahkan salah satu dari mereka menyebut album ini layaknya sampah.

"Seperti sampah. Terlalu banyak efek pada drum, suara vokal tidak terdengar," ujarnya.

Tidak terbukti!

7. Sukses Tak Terduga

Awalnya baik band maupun label sama-sama tak berharap sukses komersial pada album IN UTERO. Namun kejutan itu benar-benar datang. IN UTERO terjual 180.000 keping hanya seminggu setelah dirilis. Di tangga lagu Billboard 200, album ini duduk manis di peringkat pertama!

Secara total, album ini telah terjual hingga 15 juta keping di seluruh dunia.

8. Album Favorit

Bassist Krist Novoselic menyebut IN UTERO adalah album terbaik Nirvana. Ia sangat bangga dengan apa yang dihasilkan Nirvana di album ini.

"Kami murni bermain musik, bekerja sama dengan baik, kami tertawa, kami konsentrasi, kami terbuka. Itu semua terlihat pada album itu. Kami tidak main-main. Aku benar-benar bangga. Ini adalah album yang indah," ujar Krist.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/adb)

Editor:

Adhib Mujaddid

Rekomendasi
Trending