7 Lagu Religi Yang Selalu Ada di Bulan Ramadhan

Penulis: Girindra Permana Cahya

Diperbarui: Diterbitkan:

7 Lagu Religi Yang Selalu Ada di Bulan Ramadhan
Ramadhan Heroes ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Ramadhan memang bulan yang penuh berkah saja, momen ini juga menjadi keran rezeki untuk para musisi. Beberapa dari mereka rilis karya yang bernuansakan Islami.

Tak melulu mencari  jalan untuk terbukanya pintu rezeki saja, beberapa dari mereka juga ada yang mempunyai target lain untuk karya religi yang dirilis. Menjadi ikon dari Ramadhan adalah hal spesial yang dapat dicapai oleh para musisi ini. Tentu sangat istimewa jika karya mereka menjadi langganan saat bulan suci umat Islam ini tiba. Musisi mana yang tak ingin lagunya diputar di televisi, radio, tempat belanja serta tempat-tempat umum?

Untuk itu, KapanLagi.com® menghimpun lagu-lagu yang menjadi ikon bulan Ramadhan.

1. Ramadhan Datang

Tompi membuat sebuah karya yang menjadi fenomenal. Lagu Ramadhan Datang sering terdengar ketika bulan suci ini tiba.

Penyanyi yang tergabung dalam grup Trio Lestari tersebut sangat pede dengan lagu telah dirilisnya ini. Tahun ini dirinya menyatakan tak akan keluarkan satupun single religi.

Coba diingat-ingat deh lagu ini. Kalau belum ingat ini ada video akan membantumu mengingat lagu milik penyanyi Selalu Denganmu tersebut.

Video by: TompiEMOTION

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Tuhan

Bimbo merupakan band jadul Indonesia yang melegenda. Karya-karya mereka sampai sekarang masih dinikmati, bahkan banyak musisi besar Indonesia yang mengcover lagunya.

Salah satunya lagu berjudul Tuhan, dengan benang merah hubungan manusia dan sang pencipta lagu ini dapat menyentuh hati. Lagu ini menjelaskan bahwa baik atau buruknya hubungan kita dengan Tuhan adalah refleksi dari apa yang kita lakukan.

Lagu ini juga dicover beberapa band. Salah satunya yang booming membawakan lagu ini adalah band Gigi.

Video by:Rian Syah

3. Ramadhan Tiba

Opick adalah musisi yang fokus pada musik syiar untuk agama. Tercermin dari karya-karya yang ia rilis selama ini, tidak ada yang melenceng dari nuansa Islami.

Seperti lagu Ramadhan Tiba yang ia nyanyikan ini, Opick telah sukses keluarkan lagu yang menjadi ikon ketika bulan suci tiba. Dalam liriknya tercermin kegembiraan ketika Ramadhan tiba.

Lagu ini kerap kali dimainkan di televisi, radio serta pusat perbelanjaan. Wah, benar-benar cucok karya dari mas Opick ini. Oh iya, buat kalian yang mau mengingat lagu ini,  bisa klik video di bawah.

Video by: KAI UMT

4. Pintu Sorga

Gigi adalah band rock yang juga berdakwah dalam karyanya. Tepat pada tahun 2006, band yang digawangi oleh Armand Maulana ini keluarkan album religi.

Pintu Sorga lagu yang menjadi single pada album ini sukses menjadi ikon jika bulan Ramadhan telah tiba. Kita dapat mendengarkan lagu ini di manapun karena media televisi dan radio memutar terus lagu ini.

Tak hanya lagu ini, band skillful ini juga mempunyai beberapa lagu lain yang juga menjadi ikon dalam bulan suci. Oh ya, untuk kalian yang lupa dengan lagu Pintu Sorga bisa klik video di bawah ini.

Video by: tisblaw

5. Assalamualaikum

Nama Opick kembali mengisi lagu yang telah menjadi ikon dari bulan Ramadhan. Memang, penyanyi religi ini pandai mengemas karya yang bisa ambil hati penggemar.

Lagu Assalamualaikum juga seketika populer dimainkan ketika Ramadhan datang. Opick memberi salam dan doa pada seluruh orang yang mendengarkan lagu ini.

Dengan musik yang easy listening dan bernuansa gembira lagu ini memang cocok sekali mendampingi kita dalam berpuasa. Eits, lupa sama lagu ini? Wah, parah banget. Ini deh, video klip yang bisa kalian dengarkan.

Video by: Dapur Film Community

6. Kota Santri

"Suasana di kota santri asik senangkan hati. Suasana di kota santri asik tenangkan hati" merupakan penggalan lirik dari lagu yang easy listening ini.

Kota Santri adalah lagu religi yang sering dimainkan setiap bulan Ramadhan datang. Lagu ciptaan Suhaemi ini terdapat berbagai versi, para musisi banyak yang tertarik membawakan ulang lagu ini.

Yang populer membawakan lagu ini adalah band Gigi. Dan ternyata Anang - Syahrini pernah membawakan lagu ini.

Video by: Hari Raya

 

7. Ya Nabi Salam 'Alaika

Ya Nabi Salam Alaika adalah lagu yang juga menjadi ikon ketika bulan Ramdhan datang. Lagu ini adalah pujian untuk Rasulullah SAW.

Lagu ini muncul dalam berbagai versi, di Indonesia sendiri yang populer adalah milik Haddad Alwi - Sulis serta Maher Zain. Ya Nabi Salam Alaika merupakan lagu yang berasal dari Timur Tengah, datang di Indonesia karena telah di adaptasi.

Masih inget gak dengan lagu ini? Kalau kalian lupa, ini lho video klip dari Maher Zai

n yang bisa kalian dengar biar kamu teringat kembali.

Video by: Awakening Records

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending